9 Tips Menjaga & Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Tips menjaga kesehatan mental - Kesehatan mental akan mempengaruhi kesehatan anda secara umum. Salah satu kebutuhan untuk menjadi bugar secara mental agar dapat berfungsi dengan baik dalam aspek-aspek lain. Kesehatan mental adalah kunci untuk kesejahteraan kita. Kesehatan mental ini melibatkan bagaimana kita merasa, berpikir, bertindak, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Ini adalah tentang mewujudkan potensi kita, menghadapi tekanan dari kehidupan normal dan memberikan kontribusi kepada masyarakat disekitar kita. Dengan meningkatnya kesehatan mental anda berarti anda akan lebih percaya diri, bisa berpikir tenang dan jerih, terbebas dari tekanan pikiran (stres) dan pada akhirnya akan memberikan anda kesehatan secara umum.

Menjadi sehat secara mental berarti memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan merasa percaya diri ketika tantangan dan kesempatan muncul. Kesehatan mental yang baik adalah bukan tentang menghindari masalah atau berusaha untuk mencapai kehidupan yang 'sempurna'. Ini tentang hidup dengan baik dan merasa mampu meskipun banyak hambatan dan tantangan. Hal ini lebih dari sekedar tentang ada atau tidak adanya penyakit mental. Ini adalah tentang menemukan keseimbangan dalam hidup Anda. Di era yang semakin cepat dan modern ini semakin banyak orang mudah stres, depresi atau tertekan sangat ironi dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini.

Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

10 Oktober merupakan hari yang diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia, berikut adalah beberapa kebiasaan dan perilaku yang bisa meningkatkan kesehatan mental anda. Pilihan kecil yang kita buat memiliki efek pada suasana hati lebih dari yang Anda sadari. Jadi, lakukan dari hal kecil dan anda akan mendapat manfaat besar dikemudian hari.

Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Teknik Relaksasi
Beberapa teknik relaksasi terbukti mampu meningkatkan kesehatan mental anda menjadi lebih baik. Beberapa teknik relaksasi seperti yoga, tai chi, meditasi, olah pernapasan dan beberapa teknik relaksasi membantu membuat pikiran anda lebih rileks dan tenang dan ini berarti mampu meningkatkan kesehatan mental anda.

Selalu Aktif
Banyak penelitian atau studi menyarankan untuk selalu terlibat dalam aktivitas fisik (berolahraga fisik) minimal tiga kali seminggu untuk mengurangi risiko depresi. Banyak penelitian telah menemukan korelasi antara aktivitas fisik dan depresi. Ditemukan bahwa orang-orang yang mengalami depresi cenderung tidak aktif, sedangkan mereka yang aktif memiliki resiko yang lebih kecil terhadap peluang depresi.

Tidak terlalu tergantung teknologi
Di zaman yang serba cepat dan modern ini, banyak orang yang terlalu bergantung terhadap teknologi untuk memudahkan hidup mereka. Ya teknologi-teknologi ini memang banyak memudahkan dalam hidup sebagai contoh saja Internet dan smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern dan cepat menjadi sebuah kebutuhan. Namun terkadang teknologi ini membuat otak kita tidak tidak berkembang dan mendapatkan cukup waktu untuk menutup dan beristirahat.

Sering menunda
Apakah itu menjadi kebiasaan Anda untuk menunda sesuatu hal untuk dikerjakan nanti atau dikemudian hari? Apakah setiap tugas membuat Anda bosan dan Anda hanya tidak merasa ingin mengerjakan atau melakukannya? Jika ya, dianjurkan bahwa Anda tidak boleh mengubahnya menjadi kebiasaan. Hal ini akan membuat Anda cemas dan menempatkan banyak tekanan pada otak Anda. Saat pekerjaan erlalu menumpuk maka akan membuat pikiran anda tertekan untuk menyelesaikannya, maka penting bagi anda untuk melakukan hal hal walaupun kecil untuk segera dilakukan dan jangan menjadikan menunda-nunda sebagai kebiasaan.

Jangan jadikan pekerjaan sebagai workaholic
Kebutuhan untuk bekerja keras itu memang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan anda atau keluarga anda agar tercukupi, namun jangan jadikan pekerjaan anda sebagai hal utama yang harus dikejar. Jika Anda merasa pekerjaan anda terlalu berta atau terlalu banyak, Anda perlu untuk bersantai, mengambil waktu jeda waktu untuk beristirahat dan bersantai. Salah satu alasan utama yang menyebabkan masalah kesehatan mental hari ini adalah ketidakseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan. Bila Anda tidak mampu menyeimbangkan keduanya, kemungkinan anda akan mendapatkan atau tekanan pikiran dan mengembangkan masalah kesehatan mental yang serius meningkat secara signifikan. Sisihkan waktu untuk keluarga dan hobi juga untuk menyeimbangkan antara bersantai dan kewajiban yang harus anda penuhi.

Multitasking
Multitasking adalah melakukan segala hal dalam waktu yang bersamaan sebagai contoh saja anda harus menyelesaikan tugas komputer dan menginput data namun secara bersamaan anda juga harus mengerjaka tugas lain seperti menelpon klien atau mengajari anak anda belajar. Hal ini akan membuat anda pelupa atau tidak fokus, baca juga artikel kami yang lain tentang tips mengatasi pelupa. Meskipun kemampuan multitasking mungkin anda akan menganggapnya sebagai latihan yang baik untuk otak, dapat membuat anda merasa tertekan atau stres. Ini bukan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mental Anda karena otak dapat merasa sulit untuk memproses banyak hal pada suatu waktu atau secara bersamaan. Berkonsentrasi pada satu hal atau berfokuslah pada satu hal untuk terlebih dahulu menyelesaikannya kemudian lanjutkan menyelesaikan hal yang lain pada suatu waktu.

Berjalan membungkuk
Mungkin terdengar aneh antara keterkaitan berjalan membungkuk dengan masalah kesehatan mental, namun hal ini justru berlawanan dengan penelitian terbaru dari Journal of self confidence yang menyatakan bahwa berjalanan dengan postur membungkuk memberikan getaran negatif dan membuat anda tidak percaya diri. Sebuah studi mengklaim bahwa membungkuk dapat membuat satu pengalaman suasana hati yang buruk. Baca juga tips ampuh meningkatkan kepercayaan diri.

Sharing pengalaman
Tatap muka atau kontak mata saat berbicara dapat bekerja secara ajaib bagi kesehatan mental Anda. Bahkan berbagi pengalaman anda dengan teman atau anggota keluarga mampu meningkatkan kesehatan mental anda. Jika Anda merasa tidak nyaman dalam berbagi pengalaman anda dengan seseorang atau keadaan, cobalah mulai kebiasaan ini dengan duduk dengan anggota keluarga dekat atau teman untuk berbagi pengalaman anda dengan mereka, hal ini akan membantu membuat hati dan pikiran aanda menjadi lebih lega dan terbukti mampu meningkatkan kesehatan mental anda. Media sosial adalah saluran besar untuk tetap berhubungan dengan teman-teman, tapi percakapan virtual tidak ada gunanya untuk otak Anda.

Cukup tidur atau beristirahat
Idelanya waktu tidur yang baik dan berkualitas akan banyak membantu bagi kesehatan mental anda. Seperti anda ketahui waktu tidur yang baik atau idela adalah 7-8 jam tidur adalah suatu keharusan. Tidur mempengaruhi emosi dan mental kemampuan seseorang dan fungsi tubuh tergantung pada siklus tidur seseorang. Hal ini terjadi karena saat atau selama tidur otak kita dapat beristirahat. Jika Anda tidak mengambil istirahat yang cukup, kerusakan mental yang pasti akan terjadi.

Hindari minuman keras
Minum terlalu banyak dapat memiliki efek negatif pada sistem saraf. Alkohol mungkin tampak seperti jawaban untuk semua masalah Anda, tetapi dalam kenyataannya, itu memperlambat Anda dan kadang-kadang, menyeret suasana hati Anda turun juga. Pesta minum dapat menyebabkan kurang tidur atau istirahat, hal ini juga terbukti dapat membuat kerusakan saraf otak yang dapat menurunkan kesehatan mental anda. Batasi asupan Anda untuk tingkat moderat atau peminum berat.

1 comment:

  1. Dari judulnya saja saya sudah tertarik buat membaca, thanks infonya
    Salam Indonesia Sehat

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara