Cara Sederhana Meningkatkan Daya Ingat & Konsentrasi

Posted By : Posted on - 12:49:00 PM with No comments

Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi - Konsentrasi dan daya ingat tidak bisa dipisahkan karena konsentrasi atau kefokusan anda membantu anda meningkatkan daya ingat anda. Jika anda tidak berkonsentrasi atau fokus dengan apa yang anda lakukan maka anda akan sulit mengingat apa yang telah anda lakukan. Konsentrasi dalam hal apapun akan sangat dibutuhkan seperti konsentrasi dalam pelajaran, konsentrasi dalam pekerjaan dan anda dapat dengan mudah mendapatkan prestasi dalam bidang pekerjaan maupun pendidikan.

Cara Sederhana Meningkatkan Daya Ingat & Konsentrasi

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anda terhadap suatu hal yang baru anda pelajari. Nah berikut adalah beberapa tips yang membantu anda meningkatkan daya ingat dan konsentrasi sperti dikutip dari psichologytoday.com:

Perhatikan dengan seksama
Ketika anda tidak fokus memperhatikan apa yang anda dengar, apa yang anda lihat atau apa yang anda pelajari maka anda akan kehilangan konsentrasi dan sulit untuk mengingat apa yang anda lihat, dengar maupun anda pelajari. Fokus untuk menyerap informasi akan membantu anda berkosentrasi dan meningkatkan daya ingat anda. Hindari hal hal yang membuat anda tidak berkonsentrasi seperti suara gaduh, pemandangan yang menarik perhatian anda atau apapun yang membuat konsentrasi anda buyar.

Libatkan sebanyak mungkin indra untuk menangkap informasi
Misalnya, jika Anda sedang duduk di kuliah, Anda akan mengingat lebih dari apa yang dikatakan jika Anda mendengarkan dan menuliskan beberapa catatan. Atau jika Anda membaca surat atau artikel, Anda akan mengingat lebih banyak dari apa yang tertulis jika Anda membacanya keras-keras kepada diri sendiri. Baca juga tips belajar efektif.

Struktur Informasi
Dengan membuat struktur informasi hal ini akan memudahkan anda untuk mengingat sesuatu. Sebagai contoh jika Anda perlu mengingat nomor telepon, memikirkan hal itu dalam hal pertama lima digit, tengah tiga digit, dan tiga digit terakhir.

Gunakan mnemonik
Artinya menangkap atau mengikat informasi yang anda terima dengan gambaran visual, kalimat, akronim, atau sajak. Sebagai contoh, Anda mungkin akan kesulitan untuk menerangkan warna pelangi, maka jika menggunakan mnemonik dari akronim maka untuk memudahkan mengingat warna pelangi gunakan singkatan Mejikuhibiniu yang merupakan dari kata merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

Memahami informasi
Cobalah untuk memahami materi yang lebih kompleks sebelum Anda mencoba untuk mengingatnya. Jika mungkin, meringkas materi dalam kata-kata Anda sendiri dan menulis atau mengetik ringkasan Anda. Mereorganisasi materi atau ringkasan Anda dari bahan sehingga lebih mudah untuk diingat. Dengan memanipulasi informasi dengan cara ini, Anda memaksa diri Anda untuk berpikir tentang hal ini secara aktif.

Memeriksa lagi catatan
Meninjau informasi kemudian pada hari yang sama memeriksanya di hari berikutnya akan membantu meningkatkan daya ingat anda. Setelah itu, memeriksanya secara reguler, interval jarak sampai Anda merasa anda cukup mengingatnya dengan baik. Baca juga tips mengatasi terlalu pelupa.

Melatih pikiran Anda
Melatih pikiran dan mental dapat membantu untuk membuatnya lebih efektif dan lebih tahan terhadap gangguan memori seperti penyakit Alzheimer. Jadi untuk melatih meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anda bisa mengembangkan hobi baru seperti membaca novel, bermain game strategi, bermain catur, belajar bahasa asing, atau berlatih teka-teki silang atau sudoku.

Mengembangkan gaya hidup sehat
Konsentrasi dan daya ingat erat kaitannya dengan gaya hidup yang sehat. Pola makan seimbang yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan buruk seperti, begadang, minuman beralkohol dan merokok. Gaya hidup sehat meningkatkan jumlah darah dan oksigen yang dikirim ke otak, dan mengurangi risiko kondisi medis yang dapat menyebabkan kehilangan memori seperti Alzheimer, stroke, dan diabetes. Olahraga juga meningkatkan zat kimia otak yaitu endorfin, yang meningkatkan rasa nyaman, bahagia, senag, mood Anda dan mencegah depresi. Hasil penelitian menunjukkan stres dan depresi menyebabkan gangguan konsentrasi, dan juga merupakan faktor risiko untuk penyakit Alzheimer (kepikunan). Baca juga tips meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

Istirahat yang cukup
Tidur diperlukan untuk konsolidasi memori, itu terkait erat daengan daya ingat. Beberapa penilitian menyebutkan dengan cukup istirahat atau tidur maka seseorang lebih baik dalam daya ingat, bersemangat dan berkonsentrasi. Dengan demikian cukup tidur dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara