7 Tips Efektif Membangun Reputasi Bisnis Anda

Posted By : Posted on - 1:22:00 PM with 1 comment

Tips membangun reputasi bisnis - Apapun bisnis yang anda jalankan, besar ataupun kecil reputasi bisnis adalah hal yang utama untuk membuat bisnis anda semakin sukses atau berkembang. Sebuah usaha yang memiliki reputasi bisnis yang baik bagi konsumennya akan selalu dipercaya dan berkembang, karena konsumen hanya akan menggunakan jasa maupun produk dari perusahaan atau bisnis yang memiliki reputasi yang baik. Ada beberapa, prinsip-prinsip bisnis yang sederhana, namun sering dilupakan hal hal sederhana tersebut dapat membangun reputasi profesional positif dan menjaga kredibilitas baik untuk Anda sebagai pemilik usaha maupun bisnis yang Anda jalankan.

Berikut adalah tujuh cara untuk menyampaikan bahwa Anda adalah pebisnis dengan profesionalisme tinggi, dan menjaga image bisnis anda selalu yang terbaik seperti dikutip dari situs Entrepeneur.com:

Tips membangun reputasi bisnis

Tips membangun reputasi bisnis

Kejujuran
Kejujuran dalam dalam dunia bisnis tampaknya sekarang ini mulai tergerus oleh bisnis bisnis modern, penipuan dan skandal yang terlalu umum dalam bisnis modern. Kredibilitas bisnis Anda akan tetap terjaga seiring kemampuan Anda untuk selalu bersikap jujur, tidak peduli situasi atau kondisi yang serba modern ini, kejujuran adalah pembangun reputasi bisnis yang anda jalankan. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk berbohong atau menipu hanya untuk sekedar mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari pelanggan, namun percayalah kredibilitas bisnis anda sedang dipertaruhkan. Bahkan berbohong untuk hal kecil dalam dunia bisnis dapat merusak citra atau reputasi bisnis Anda.

Menepati janji
Reputasi bisnis profesional Anda akan rusak ketika Anda tidak memenuhi janji. Setiap kali Anda membuat komitmen, Anda memiliki kesempatan untuk membangun atau menurunkan kredibilitas bisnis Anda. Ketika anda menyanggupi atau memenuhi tanggung jawab yang telah menjadi komitmen anda maka anda sedang membangun bisnis anda kearah lebih baik, dan ketika anda ingkar dengan komitmen yang telah anda buat maka anda telah membuat kemunduran dalam dunia bisnis.

Sangat penting untuk menjadi terbuka kepada klien anda, membiarkan semua orang yang terlibat tahu apa yang akan terjadi sebelum Anda memulai sebuah proyek baru. Tidak ada yang suka kejutan dalam dunia bisnis. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan tugas sebelum batas waktu habis, biarkan klien tahu segera. Orang cenderung lebih memahami dan memaafkan jika mereka sudah mendapatkan peringatan terlebih dahulu.

Mengakui kesalahan Anda & belajar dari itu
Kegagalan merupakan aspek yang tak terelakkan dari dunia bisnis. Dunia bisnis ibarat 2 sisi mata uang, hanya ada kesuksesan dan kegagalan. Meskipun kesalahan maupun kegagalan terjadi, pebisnis atau pemilik usaha yang sukses akan memahami betapa pentingnya untuk fokus pada solusi daripada terobsesi masalah. Untuk mempertahankan reputasi bisnis profesional sebagai seseorang yang handal dan dapat dipercaya, akui kegagalan dan belajar dari kesalahan. Jangan mencoba untuk menutupi, mengabaikan atau meminimalkan kesalahan Anda atau orang-orang dari bisnis Anda. Sebaliknya, mengambil tanggung jawab dan mencari solusi untuk memecahkan masalah yang menjadi penyebab kegagalan. Selalu belajar dari kesalahan Anda dan kemudian melanjutkan.

Tepat waktu
"Time is money" ya waktu sangatlah berharga karena ketika waktu telah berjalan anda tidak bisa kembali atau memutar balik waktu, sehingga ketika anda ingin membangun reputasi bisnis anda maka jadilah orang yang selalu tepat waktu. Kebanyakan orang atau klien akan memilih untuk bekerja dengan seseorang yang secara konsisten memberikan proyek tepat waktu daripada memberikan kepercayaan kepada seseorang yang berbakat tapi tidak dapat diandalkan. Mengatur waktu Anda dengan hati-hati untuk memastikan bahwa Anda tidak pernah melewatkan pertemuan, batas waktu atau komitmen.

Jangan menggunakan bahasa kotor.
Mulutmu adalah harimaumu ya peribahasa itu sangatlah benar, apa yang tercitra dalam bisnis anda adalah apa yang digaungkan perusahaan anda di publik. Pilih kata-kata Anda dengan hati-hati. Apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya sangat berdampak bagaimana orang lain memandang Anda. Menggunakan bahasa tidak senonoh dan bahasa kotor di depan umum dapat mengirim pesan bahwa Anda kurang dewasa, tidak sabar dan kurang kontrol diri. Jika Anda menemukan diri Anda begitu marah atau kesal karena Anda mulai kehilangan kesabaran Anda, berjalan pergi. Ini jauh lebih baik untuk alasan sendiri ke ruangan lain daripada mengarahkan kemarahan Anda di orang lain.

Menangani konflik dengan baik
Akan ada saat-saat ketika Anda tidak setuju dengan klien Anda, kolega atau mitra. Potensi argumen dan perbedaan pendapat akan selalu menjadi bagian dalam dunia bisnis. Tapi bagaimana cara Anda menangani situasi sulit akan mengungkapkan bagaimana karakter Anda.

Selalu jaga hubungan
Dunia bisnis yang penuh gejolak akan diperlukan hubungan yang kuat untuk membangun reputasi bisnis anda. Musuh Anda hari ini bisa jadi besok menjadi sekutu Anda. Pada tahun 2010, saya kehilangan pekerjaan saya karena saya di PHK oleh direktur atasan saya. Meskipun hal itu sangat menyakitkan dan mengecewakan, saya terus kontak dengan mantan direktur saya.

Dua tahun kemudian, ketika saya melakukan sesi wawancara untuk posisi PR di salah satu perusahaan ternama di Jakarta, Dia senang untuk memberikan referensi yang baik. Sarannya membantu saya mendapatkan pekerjaan bahkan lebih baik daripada perusahaan saya terdahulu. Orang yang pernah mengecewakan anda bisa jadi menjadi "saudara" untuk bisnis anda dimasa mendatang, selalu jaga hubungan dengan orang orang profesional disekitar anda.

1 comment:

  1. Terima kasih atas artikelnya. Untuk membangun bisnis online memang diperlukan yang namanya reputasi. Olehnya itu, untuk melengkapi artikel saya, saya akan memasang back link ke artikel ini. Silahkan berkunjung ke blog saya: blogcarauntuk.org

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara