sponsored ads

Tips Meningkatkan Fungsi & Daya Ingat Otak

Posted By : Posted on - 4:59:00 PM with No comments

Fungsi otak akan perlahan-lahan menurun seiring bertambahnya usia kita, yang menyebabkan gangguan memori atau ingatan dan biasanya akan terjadi saat kita bertambah tua. Gaya hidup yang serba modern dan instan seperti sekarang ini memainkan peran penting dalam memberikan kontribusi terhadap penurunan kognitif seperti paparan racun, bahan kimia, pola makan yang buruk, kurang tidur, stres, dan masih banyak lagi yang dapat menghambat fungsi otak Anda dan menurunkan daya ingat.

Untuk meningkatkan daya ingat pada otak Anda, anda harus memulai merubah gaya hidup yang tidak sehat mulai dari sekarang dengan pola hidup yang lebih sehat, menghindari kebiasaan buruk, pola makan yang seimbang dan teratur dll. Nah berikut adalah beberapa cara meningkatkan daya ingat otak anda secara alami:

Tips Meningkatkan Fungsi & Daya Ingat Otak

Tips Meningkatkan Fungsi & Daya Ingat Otak

Tetap aktif secara mental
Sama seperti aktivitas fisik yang membantu menjaga tubuh Anda tetap ideal, aktif secara mental juga akan merangsang menjaga fungsi otak Anda secara optimal dan meningkatkan daya ingat anda. Aktif secara mental adalah membuat otak anda tetap aktif dengan selalu berpikir yang positif serta melatih otak anda untuk selalu bekerja secara optimal. Beberapa latihan yang membantu meningkatkan daya ingat adalah mengisi teka-teki silang, bermain game strategi, bermain puzle dll.

Bersosialisasi
Interaksi sosial membantu menangkal depresi dan stres, yang keduanya dapat berkontribusi untuk kehilangan memori atau menurunkan daya ingat. Carilah kesempatan untuk bersama-sama dengan keluarga,  orang-orang terkasih, sahabat, dan teman-teman anda.

Jadwal terorganisir
Batasi aktifitas atau kegiatan secara bersamaan dan jangan mencoba untuk melakukan terlalu banyak hal sekaligus (multitasking). Selesaikan satu hal terlebih dahulu kemudian lanjutkan hal lain yang perlu anda lakukan. Multitasking dapat menurunkan daya ingat anda.

Tidur dengan baik
Tidur yang baik memainkan peran penting dalam membantu Anda meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. Buatlah waktu tidur anda sebagai prioritas, walaupun anda super sibuk sekalipun. Penelitian menunjukkan seseorang yang cukup tidur memiliki daya fokus, konsentrasi dan daya ingat yang lebih tinggi 30% daripada mereka yang kurang tidur. Idealnya orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur dalam sehari.

Makanan yang sehat
Pola makan yang sehat dan seimbang sangat baik untuk fungsi otak Anda dan kesehatan anda secara umum. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran segar. Pilih sumber protein rendah lemak, seperti ikan, daging tanpa lemak dan daging unggas. Perbnyak minum air putih karena dehidrasi atau kekurangan cairan akan menurunkan fokus dan daya ingat anda, hindari juga minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kehilangan memori otak anda dalam jangka panjang.

Olahraga teratur
Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda, termasuk otak Anda. Hal ini dapat membantu daya ingat yang lebih tajam. Idealnya untuk meningkatkan kesehatan dan daya ingat yang lebih baik anda perlu aktifitas fisik atau berolahraga secara teratur minimal 30 menit/ hari. Aktivitas fisik seperti aerobik, jalan cepat,  jogging membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan anda secara umum.

Rajin cek kesehatan
Berbagai obatan kimia dapat berdampak pada memori otak, jadi pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter tentang obat obatan yang anda konsumsi, agar anda mendapatkan perawatan yang tepat dan tidak salah mengonsumsi obatan tertentu yang menyebabkan penurunan fungsi otak.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara