Tips Membedakan Keaslian & Batu Akik Palsu

Membedakan batu akik asli atau palsu - Memiliki banyak penggemar atau kolektor, batu indah ini sekarangpun tidak luput dari pemalsuan. Tidak hanya uang batu akik inipun sekarang banyak yang palsu. Sebenarnya bukan palsu namun batu akik imitasi yang terbuat mungkin dari kaca, mika, kaca sintetis maupun bahan lain namun dikatakan batu akik asli oleh penjualnya untuk mendongkrak keuntungannya. Nah anda harus benar benar jeli dalam melihat hal ini, bukan batu akik yang indah yang anda beli namun bisa akik yang terbuat dari kaca sintetis yang anda beli.

Nah sebenarnya ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menandai apakah batu akik yang akan anda beli benar benar asli atau hanya terbuat dari bahan lain. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel kami kemarin terkait bagaimana memilih kualitas akik yang bagus. Menjadi batu primadona yang banyak diburu orang menjadikan batu indah ini banyak dipalsukan oleh orang yang tak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi. Berikut adalah beberapa cara sederhana membedakan batu akik asli atau palsu.

tips membedakan keaslian dan batu akik palsu
Tips membedakan keaslian batu akik. Img credit: Pixabay.com

Membedakan Keaslian & Batu Akik Palsu
  • Batu akik asli umumnya lebih berat daripada batu akik palsu karena kepadatan material atau bahan lebih padat, pada beberapa jenis batu akik semisal batu bacan memiliki kandungan ferium (zat logam) sehingga memiliki volume berat yang tinggi.
    Batu akik asli tidak rusak, meleleh, berubah warna jika dibakar atau dipanaskan karena merupakan material padat alami.
  • Batu akik palsu akan menyimpan panas yang cukup lama jika dibakar beda dengan batu akik yang asli yang akan cepat dingin dalam hitungan detik jika dipanaskan karena memiliki efek dingin alami.
  • Pastikan jika batu akik memiliki warna yang jernih, tembus cahaya (beberapa jenis batu) dan memiliki tekstur mengkilap seperti kristal. Meskipun dengan tingkat kejernihan yang tinggi, tidak ada batu asli yang bisa mulus dan sempurna 100%. Batu akik asli akan selalu memiliki inklusi atau ketidaksempurnaan yang merupakan pola alami dari batu akik meskipun hanya berupa titik. nah jika anda menemukan batu akik polos jernih tanpa ada sedikitpun guratan atau titik tekstur sudah dipastikan itu merupakan batu akik palsu.
  • Batu akik asli memiliki kepadatan bahan lebih keras daripada batu akik palsu, coba anda goreskan pada kaca jika tidak rusak atau tergores berarti batu akik anda asli, bahkan untuk beberapa jenis batu akik dengan kualitas tinggi justru kaca tersebut yang akan tergores bukan batu akiknya.
  • Batu akik kualitas tinggi dan berharga wah biasanya memiliki sertifikat yang berisi volume berat, jenis batu, ukuran, dimensi, cap resmi pembuat dan identitas resmi lain.

Banyak cara lain yang bisa anda gunakan untuk menandai mana batu akik palsu dan asli, itu hanya beberapa cara sederhana untuk membedakannya menurut para kolektor batu akik profesional. Baca artikel kami yang lain tentang cara alami mengkilapkan batu akik kesayangan anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara