Tips & Cara Memilih Batu Akik Yang Bagus

Posted By : Posted on - 5:11:00 AM with 2 comments

Tips memilih batu akik - Seperti kita ketahui bahwa semakin banyak saja penggemar batu akik, bahkan saking banyak penggemar batu ini pemerintah akan mengenakan pajak sama seperti logam mulia lainnya, kita tunggu benar atau tidak penerapan pajak bagi batu akik tersebut. Nah berbicara tentang akik yang bagus hal itu tergantung dengan bagaimana selera penggemar batu akik sendiri, tidak ada patokan khusus untuk menyebut bagus tidaknya sebuah batu akik.

Namun secara garis besar bagus atau tidaknya sebuah batu akik bisa dilihat dari volume berat batu akik (carat), warna batu akik, tekstur, kepadatan bahan, kejernihan dll. Nah kali ini saya akan share tentang bagaimana cara memilih batu akik yang bagus, namun semua kembali kepada anda para penggemar batu akik untuk menilai kebagusan sebuah batu akik, ini hanyalah referensi yang diberikan oleh para pakar kolektor batu akik untuk memberikan tambahan informasi mengenai bagus atau tidaknya sebuah batu akik yang akan anda beli.

memilih batu akik berkualitas
Batu akik. Img credit: Pixabay.com

Tips Memilih Batu Akik Yang Bagus

Warna
Keindahan warna batu akik tentu saja merupakan hal yang sangat penting bagi para penggemar batu akik untuk menilai kualitas batu akik itu sendiri. menurut banyak para kolektor batu akik ini, batu akik yang memiliki warna cerah (eye catching) memiliki kedalaman warna membuat nilai kualitas sebuah batu akik semakin tinggi.

Ukuran berat volume
Berat volume beberapa batu akik juga menjadi opsi untuk anda mengetahui bagus atau tidaknya sebuah batu akik, bahkan dengan mengetahui volume berat ini anda dapat membedakan antara batu akik asli atau batu akik buatan. Beberapa jenis batu akik seperti bacan (chalcedony) dan beberapa jenis batu akik lainnya memiliki volume berat karena kepadatan bahan bahkan ada beberapa diantaranya mengandung ferium (zat logam) sehingga bisa anda bedakan bahwa semakin berat batu akik yang memiliki ukuran semakin berat semakin bagus, umumnya batu akik palsu memiliki berat lebih ringan daripada batu akik asli.

Kejernihan
Tingkat kejernihan warna (clarity) beberapa batu akik akan berbeda satu dengan yang lain, namun sepolos apapun bahkan sejernih apapun warna batu akik tetap akan memiliki inklusi atau ketidaksempurnaan pola batu akik walaupun hanya merupakan titik kecil karena hal itulah yang mempbuat pola pada batu akik. Pastikan jika batu akik memiliki warna yang jernih, tembus cahaya (beberapa jenis batu) dan memiliki tekstur mengkilap seperti kristal.Nah jika batu akik memiliki warna yang tebal pastikan untuk memilih batu akik yang memiliki kedalaman warna dan tekstur mengkilap hal itu menandakan kepadatan bahan dan warna didalam batu akik tersebut.

Lokasi penemuan batu akik
Biasanya saat anda akan membeli sebuah batu akik tentunya anda bertanya darimana asal batu akik tersebut, nah perlu anda ketahui bahwa batu akik yang bagus adalah batu akik yang digali di hutan, gunung maupun tempat lainnya namun perlu diingat untuk tidak memilih batu akik yang didapatkan dipantai atau daerah dekat pantai, kenapa? Karena batu akik yang didapatkan dari daerah sekitar tempat tersebut mengandung kadar garam sehingga walaupun bagus bentuk dan warnanya namun getas dan mudah pecah atau rapuh. Nah batu akik yang didapatkan bukan dari daerah pantai memiliki kepadatan bahan dan pengkristalan lebih sempurna daripada didaerah pantai.

Memiliki unsur dingin
Batu akik yang memiliki kualitas tinggi memiliki unsur dingin yang tinggi juga, hal tersebut bisa anda lihat dengan menempelkannya pada kulit. Batu akaik akan cepat kembali dingin jika dipanaskan karena memiliki efek dingin bahkan tidak rusak, berubah warna atau tekstur jika dipanaskan.Batu mulia atau batu cincin yang asli kondisinya tak dapat 100% mulus. Akan ada selalu ada kekurangannya baik dari segi tekstur luar maupun didalamnya, misalnya seperti tampak ada retakan atau berserat. Berbeda dengan batu sintetis (buatan) yang terlebih jauh lebih sempurna, tanpa serat sehingga tampak lebih halus dan jauh lebih bening seperti kaca. Batu akik (gemstone) lebih keras sehingga tidak akan lecet apabila digoreskan ke kaca. Justru sebaliknya, kaca yang akan tergores.

nah mungkin itu dulu tips bagaimana memilih kualitas batu akik yang bagus, baca juga artikel lain kami tentang tips mengkilapkan batu akik.

2 comments:

  1. Informasi menarik. Saat ini, Batu akik memang sudah menjadi trend baru di semua kalangan, Seperti batu bacan dan batu kecubung. Ada yang mengisinya dengan energi pelet supaya lebih mudah dikasihi banyak orang. Jika kamu tertarik dengan Ilmu Pelet Gratis,
    silakan KLIK DISINI>> Ilmu Pelet.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara