Cara Alami Mengatasi Mata Merah, Gatal & Berair

Mengatasi sakit mata - Alergi pada mata atau sakit pada mata yang dicirikan seperti merah, gatal, mata berair biasanya disebakan oleh faktor umum yaitu masuknya alergen. Alergen merupakan suatu zat biasanya tidak berbahaya yang menyebabkan masalah bagi individu yang cenderung memiliki reaksi alergi. Alergen udara yang paling umum yang menyebabkan alergi mata adalah serbuk sari, jamur, debu dan bulu hewan peliharaan. Alergi mata juga dapat disebabkan oleh reaksi terhadap kosmetik tertentu atau obat tetes mata, termasuk air mata buatan yang digunakan untuk mengobati mata kering yang mengandung pengawet. Baca juga cara mengatasi mata bintitan.

Mata merah, gatal dan berair adalah masalah yang sangat umum terjadi di masyarakat apalagi pada musim kemarau yang banyak debu. Yang sangat penting harus diperhatiakan adalah ketika anda menderita sakit mata merah gatal dan berair adalah jangan menggosok mata anda walaupun terasa gatal, hal ini jika anda lakukan bisa menyebabkan sakit mata akut sehingga menyebabkan infeksi mata. Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mata merah, gatal dan berair dengan bahan bahan alami:

tips mengobati mata merah, pedih, gatal dan berair
Img credit: Wikipedia.org

Tips Mengatasi Mata Merah, Gatal & Berair

Kompres menggunakan air dingin
Dengan melakukan pengompresan pada mata menggunakan air es atau air dingin dapat membantu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dan membantu penyembuhan lebih cepat. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan merendam kain dalam air es dingin dan letakkan di mata Anda. Lakukan ini beberapa kali sehari.

Mentimun
jenis tanaman yang saya sendiri bingung membedakan apakah ini buah atau sayur hahahahaha... Mentimun ini memiliki sifat anti-iritasi yang membantu dalam mengurangi peradangan, bengkak, pembengkakan dan iritasi yang berkontribusi terhadap mata gatal. caranya adalah cuci mentimun hingga benar benar bersih lalu iris menjadi irisan tipis. Dinginkan irisan selama 15 sampai 20 menit, dan kemudian menempatkan mereka di atas mata Anda selama minimal 10 menit. Ulangi proses 4-5 kali sehari.

Susu Dingin
Susu juga merupakan salah satu pengobatan rumah populer untuk mata gatal, merah dan berair. Oleskan bola kapas dalam susu dingin dan gosokkan di sekitar mata. Anda juga dapat menempatkan bola kapas direndam dalam susu pada mata sebagai kompres untuk efek pendinginan instan. Lakukan ini dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Air mawar
Air mawar murni adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mata gatal. Air mawar murni ini memiliki efek menenangkan dan pendinginan untuk mata dan membantu membersihkan lendir pada mata. Hal ini dapat digunakan dalam beberapa cara. Bilas mata dengan air mawar setidaknya dua kali sehari. Anda juga dapat menggunakan air mawar sebagai obat tetes mata untuk bantuan instan. Menempatkan tiga tetes air mawar ke dalam mata meradang.

Air dan Garam
Air dan garam juga dapat membantu dalam mengobati mata yang yang sakit, berair dan gatal. Ketika digunakan sebagai bilasan mata, kombinasi yang baik untuk mata iritasi dan meradang dan membantu membersihkan lendir lendir di mata. Plus, garam menjadi agen antibakteri yang membantu membunuh bakteri.

Daun sirih
Daun sirih memiliki efek antibakteri dan sangat bagus untuk ketajaman visual mata anda. Caranya cukup mudah rebus 2 daun sirih dalam air mendidih 2 gelas. Diamkan sampai dingin dan gunakan air rebusan sirih ini untuk membilas mata anda.

Teh Hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan dan antibakteri yang tinggi, termasuk memberikan bantuan dari mata gatal. teh hijau membantu menenangkan mata dan memiliki manfaat anti-inflamasi. Rebus dua kantong teh hijau dalam satu cangkir. Biarkan hingga dingin sepenuhnya. Siram mata dua kali sehari dengan larutan sampai gejala mereda.

Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan melembabkan, lidah buaya adalah obat rumah lain yang efektif untuk mata kering, sakit, dan gatal. Campur aloe vera gel diekstrak dari daun lidah buaya dengan satu sendok teh madu dan satu-setengah cangkir teh elderberry mekar. Bilas mata Anda dengan solusi setidaknya dua kali sehari sampai masalahnya selesai. Atau, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya sebagai obat cuci mata.

Kentang mentah
Kentang mentah bisa membawa bantuan cepat dari mata gatal karena sifat zat mereka. Dengan demikian, mereka membantu meredakan kemerahan dan peradangan. Potong kentang mentah menjadi irisan tipis dan dinginkan dalam lemari es selama beberapa menit. Letakkan irisan dingin di atas mata Anda selama 15 sampai 20 menit. Lakukan setiap hari ini selama dua atau tiga hari, pada malam hari sebelum tidur.

5 comments:

  1. Terimakasih atas informasi yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  2. Manfaat bgt infonya.lengkap.. Thks

    ReplyDelete
  3. cocok nie infonya bwat ane yang sering jalan-jalan pake motor

    ReplyDelete
  4. wah, alhamdulillah ada ini,

    artikal cara mengobati mata merah dan gatal ini sangat bermanfaat :) makasih

    ReplyDelete
  5. manfaat banget, apalagi mataku emang sering iritasi. Nice infonya

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara