sponsored ads

Tips & Cara Berkendara Aman di Jalan Raya

Posted By : Posted on - 9:16:00 PM with 1 comment

Tips Berkendara Aman di Jalan Raya - Anda pasti sering mendengar kecelakaan lalu lintas, mungkin juga anda pernah melihatnya sendiri didepan mata anda. Kenapa hal itu bisa terjadi? Takdir jika itu adalah jawaban anda maka anda menjawab benar tapi anda juga sedikit salah sebab menurut bebrbagai sumber survey tentang kecelakaan lalu lintas di Indonesia kebanyakan terjadi akibat kelalaian pengendara bahkan angkanya mencapai 75%. Lalu bagaimana jadinya jika jalan raya dianggap sudah tidak aman lagi untuk berkendara apalagi buat saya yang harus pulang pergi kuliah yang menempuh jarak lumayan jauh sekitar 1 jam untuk sampai ditempat kuliah. Namun berikut ini ada beberapa tips dan cara yang bisa anda jadikan panduan untuk berkendara dengan aman dijalan raya.

Tips & Cara Berkendara Aman di Jalan Raya

Tips & Cara Berkendara Aman di Jalan Raya

Persiapan
Persiapan adalah hal utama agar anda aman berkendara. Persiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebagai contoh saja pakai helm standar, jaket, sarung tangan bagi anda pengguna motor. Jangan lupakan juga surat surat kendaraan anda. Pastikan anda dalam keadaan fit tidak kelelahan, mengantuk atau dibawah pengaruh minuman keras atu obat obatan terlarang untuk menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Berdoa
Mungkin beberapa orang melupakan hal yang satu ini. Berdoa merupakan cara kita memulai sesuatu agar diberi kelancaran dan secara tidak langsung memotivasi diri kita untuk melakukan sesuatu hal yang positif dengan doa yang kita ucapkan. Jika doa anda meminta agar anda selamat sampai tujuan maka diri anda akan termotivasi untuk melakukan cara cara yang berkaitan dengan keselamatan anda agar sampai tujuan dengan selamat.

Pastikan Kendaraan Anda layak
Kelayakan kendaraan juga sering menjadi penentu keselamatan anda dijalankan. Pastikan kendaraan anda nyaman dan layak jalan seperti mesin kendaraan yang baik, alat keselamatan dan pengendalai kendaraan berjalan baik seperti rem, sabuk pengaman yang masih layak kaca spion, tekanan angin pada ban dan perlengkapan berkendara lainnya.

Fokus
Nah ini dia yang sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas karena faktor ketidak fokusan pengendara. Ketidak fokusan pengendara bisa disebabkan oleh mengantuk, melamun, mendengarkan musik dari headset, menggunakan telepon selular dan hal lain yang mempengaruhi kefokusan.

Sabar
Jika anda telat ke kantor, kerjaan maupun kuliah tentu saja anda akan tergesa gesa dan sering kali melupakan keselamatan berkendara. Tetap tenang dan sabar. Jalan juga merupakan fasilitas umum yang diperuntukkan bagi pengendara kendaraan jadi jangan menyoba menyalip atau merasa jalan adalah lintasa balap. Nyawa anda lebih penting daripada ego anda.

Patuhi Peraturan Lalu Lintas
Patuhi segala peraturan lalu lintas seperti marka jalan, lampu lalu lintas dan peraturan berkendara lainnya.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara