7 Cara Alami Mengatasi Flu Tanpa Obat

Posted By : Posted on - 1:48:00 PM with 3 comments

Cara Alami Mengatasi Flu Tanpa Obat - Menderita flu dan demam yang diakibatkan karena influenza memang menyakitkan, badan terasa panas, kepala pusing, hidung mampet, bersin bersin, batuk dan gangguan lain yang sangat menyiksa. Flu dan demam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan suhu atau cuaca, virus, radang tenggorokan, kurang tidur atau istirahat, stres dan faktor lain. Nah bagi anda yang terbiasa meminum obat untuk mengatasi flu ini maka hal tersebut bisa anda konsultasikan kepada dokter anda agar anda mendapatkan obat serta perawatan yang tepat, namun saya sarankan agar anda jangan terlalu bergantung kepada obat obatan kimia karena akan memiliki efek buruk bagi kesehatan jika anda konsumsi dalam jangka waktu panjang.

Bagi anda yang tidak menyukai obat obatan kimia untuk perawatan maka cara dibawah ini mungkin bisa anda gunakan untuk mengatasi flu anda, jika cara tersebut tidak berhasil maka segera konsultasikan kepada dokter anda mungkin flu tersebut bisa disebabkan oleh penyakit lain. Berikut adalah cara alami mengatasi flu tanpa obat.
 

7 Cara Alami Mengatasi Flu Tanpa Obat
7 Cara Alami Mengatasi Flu Tanpa Obat

Tiup Hidung anda
Sangat penting untuk meniup hidung Anda secara teratur ketika Anda menderita flu untuk membersihkan lendir dalam saluran pernapasan anda. Tapi ketika Anda meniup secara keras, tekanan dapat menyebabkan sakit telinga. Cara terbaik untuk meniup hidung Anda adalah dengan menutup salah satu lubang hidung anda dengan satu jari keluarkan angin dalam saluran pernapasan anda agar lendir dalam pernapasan anda keluar dari salah satu lubang hidung lainnya. Cuci tangan setelah membuang ingus atau lendir lalu gantian satu lubang hidung lainnya. Dengan teratur melakukan ini maka anda akan terbebas dari hidung mampet serta saluran pernapasan anda bersih dari lendir.

Perbanyak istirahat
Beristirahat ketika Anda terserang pilek atau flu membantu tubuh Anda mengarahkan energi untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk memerangi flu. Jadi dengan memperbanyak istirahat akan memberikan energi pada tubuh anda untuk memerangi flu dan pilek

Berkumur
Berkumur dapat membantu membasahi tenggorokan dan memberikan bantuan untuk mengatasi flu. Cobalah satu sendok teh garam dilarutkan dalam air hangat dan berkumurlah dengan air garam tadi sebanyak empat kali sehari, hal tersebut embantu membunuh bakteri yang menyebabkan flu di mulut dan tenggorokan anda. Untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan Anda cobalah berkumur menggunakan teh yang mengandung tanin untuk mengencangkan membran atau selaput tenggorokan anda. Atau gunakan obat herbal yang dibuat dari madu atau campuran madu dan cuka sari apel, obat tradisional yang populer untuk melapangkan tenggorokan. Curam satu sendok makan daun raspberry atau air perasan lemon dengan dua gelas air panas dan aduk tambahkan satu sendok teh madu. Biarkan dingin lalu diminum. Madu tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 1.

Minuman hangat
Cairan panas atau hangat meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dan menenangkan membran tenggorokan yang meradang yang melapisi hidung dan tenggorokan.

Mandi air hangat
Mandi air hangat atau beruap membantu melembabkan hidung Anda dan membuat anda lebih nyaman. Mandi air hangat juga membantu meredakan pusing akibat flu.

Tidur Dengan Bantal Ekstra
Ini akan membantu dengan drainase saluran hidung. Untuk itulah tidur memakai bantal yang agak tinggi atau bisa menggunakan 2 bantal ditumpuk, cara ini membantu anda terhindar dari hidung mampet karena flu.

Jangan Bepergian
Perubahan tekanan udara akan menyebabkan flu anda akan menyikasa. Pergi menggunakan pesawat, berkendara, bermotor akan meningkatkan tekanan udara dalam tubuh anda dan hal tersebut dapat menyebabkan produksi lendir anda bertambah dan dapat menyakiti gendang telinga Anda akibat dari perubahan tekanan selama anda bepergian tersebut. Hindari juga agar jangan merokok, mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan tenggorokan anda sakit seperti gorengan atau makanan yang terlalu banyak gula.

3 comments:

  1. terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. thanks infonya...
    di tunggu info selanjutnya

    ReplyDelete
  3. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara