sponsored ads

Tips Melindungi Anak Dari Pengaruh Berbahaya Internet

Posted By : Posted on - 2:50:00 PM with No comments

Tips Melindungi Anak Dari Pengaruh Berbahaya Internet - Beberapa halaman web dan konten di Internet tidak cocok untuk semua pemirsa khususnya anak dibawah umur yang masih memerlukan bimbingan dalam dunia internet. Banyak orang tua mencari cara bagaimana melindungi anaknya dari pengaruh buruk internet. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, dan ingin mencoba untuk melakukan informasi yang baru saja masuk dalam pikiran mereka, untuk itulah diperlukan suatu pemahaman dan bimbingan dari anda selaku orang tua karena internet sangat mempengaruhi pemikiran, karakter dan perilaku anak. Di bawah ini adalah daftar langkah-langkah yang berbeda yang dapat Anda lakukan untuk membantu memastikan anak Anda terlindungi dari materi konten atau halaman web yang berbahaya bagi anak Anda.

Tips Melindungi Anak Dari Pengaruh Berbahaya Internet

Selalu Berkomunikasi
Bicaralah dengan anak-anak Anda tentang bahaya internet, apa resikonya, pemahaman din tentang penggunaan internet dan apa yang seharusnya tidak mereka lakukan sementara di Internet. Di bawah ini adalah daftar dasar dari apa yang mungkin bisa komunikasikan dengan anak anda.

Informasi Pribadi
Komunikasikan dengan anak anda untuk Jangan pernah memberikan informasi pribadi tentang diri mereka di chat room, halaman web, atau bentuk online. Hal ini termasuk usia, kode area, alamat e-mail, alamat rumah, Internet Service Provider, nama Instant Messenger, informasi lokasi lain yang terkait, password, halaman web pribadi, nomor telepon (ponsel), foto diri sendiri mereka (selfies), nama sekolah, halaman web sekolah, berat badan, alamat webcam, tempat kerja, atau kode pos.
    
Jangan bertemu seseorang
Jangan pernah menyetujui anak anda untuk bertemu seseorang dari Internet tanpa pendampingan orang tua atau wali di lokasi pertemuan yang telah disepakati.
    
Pembelian Internet
Jangan pernah membiarkan anak anda masuk ke area yang membutuhkan uang, memerlukan kartu kredit, membutuhkan informasi pribadi, meminta password, atau mengharuskan anak Anda untuk menelpon info kontak yang ada di halaman web tanpa pendampingan dari anda.
    
Download
Jangan pernah membiarkan anak untuk menerima file atau men-download sesuatu dari halaman web tanpa disertai pendampingan.
    
Halaman Web
Jangan pernah membiarkan anak mengunjungi halaman web yang dikirim kepada Anda ataupun anak anda dalam e-mail, chatting, atau instant messenger tanpa pendampingan orang tua atau wali.
    
Hadiah
Jangan pernah membiarkan anak menerima hadiah dari pengguna yang anak Anda temui secara online.
    
Teman
Jangan biarkan anak anda memberikan informasi teman-teman mereka karena bisa dikaitkan dengan anak Anda.
    
Gambar Personal
Jangan pernah membiarkan anak anda mengirimi seseorang gambar pribadi secara online atau lewat ponsel.
    
Berbicara tentang seks atau gambar provokatif
Ketika online dampingi anak anda dan komunikasikan info halaman yang mengulas suatu hal, tidak berbicara tentang seks, gambar posting provokatif, atau menggoda orang lain secara online.
    
Penggunaan monitor
Memantau agar browsing Internet dengan anak-anak Anda dan mencoba untuk menempatkan komputer di daerah terbuka. Jangan biarkan anak Anda untuk memiliki komputer sendiri di kamar mereka sendiri. Jika Anda perlu untuk memantau penggunaan anak-anak Anda saat Anda sedang pergi anda perlu untuk memasang software atau aplikasi khusus untuk membantu melindungi komputer Anda dari situs yang tidak pantas. Jika Anda menggunakan versi baru dari Windows kami sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan program Family Safety disertakan dengan aplikasi Windows. Versi Windows yang menjalankan Microsoft Internet Explorer juga dapat melindungi keluarga mereka dari bahan berbahaya dengan mengaktifkan Internet Explorer Content Advisor.

Lihat History Internet
Pastikan Anda melihat history internet untuk melihat apa saja halaman yang dibuka anak anda saat anda sedang tidak berada di rumah atau pastikan mereka tidak menghapus history untuk menyembunyikan apa yang mereka lihat. Lihatlah address bar browser atau lokasi bar untuk informasi tambahan tentang apa yang diketik di address bar browser.

Lihat teman IM
Jika komputer Anda memiliki program Instant Messenger seperti MSN, BBM, Yahoo Mesengger atau aplikasi IM lainnya pastikan bahwa anda mengenal daftar teman mereka.

Situs jejaring sosial
Situs jejaring sosial seperti Facebook, twitter dan MySpace adalah tujuan yang sangat populer untuk remaja dan pengguna muda di Internet karena kemampuan untuk berkomunikasi dengan teman dan berteman melalui Internet. Sayangnya, lokasi ini juga sering dikunjungi oleh predator online karena gambar online dan informasi pribadi yang diposting oleh banyak pengguna yang berpartisipasi. Jika Anda membiarkan anak-anak Anda untuk menggunakan situs ini pastikan mereka tidak posting informasi pribadi mengenai diri mereka sendiri seperti yang disebutkan sebelumnya dalam dokumen ini. Kami juga sangat mendorong bahwa orang tua atau anak yang melakukan setup account menetapkan profil mereka pribadi sehingga hanya teman-teman dan keluarga mereka dapat melihat profil.

Menjadi teman mereka
Jika anda pengguna dari media sosial pastikan anda memiliki pertemanan dengan anak anda. Melakukan hal ini adalah cara yang bagus untuk melihat apa yang anak Anda lakukan dan posting.

Nonaktifkan Webcam
Jika komputer Anda memiliki kamera digital atau webcam terhubung dengan internet maka larang anak Anda untuk menggunakannya dengan bahasa yang lembut atau jika anak anda memang harus menggunakan webcam untuk menghubungi teman-temannya maka harus memerlukan dampingan dari anda

Melindungi mereka dalam Game online
Banyak anak-anak dan orang dewasa bermain game online. Sama seperti anak-anak harus diperlukan dampingan untuk tidak memberikan informasi pribadi apapun kepada gamer lain.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara