sponsored ads

Tips & Cara Mengolah Ikan Agar Tidak Amis

Posted By : Posted on - 7:34:00 AM with No comments

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak sumber gizi penting yang baik untuk kesehatan. 

Salah satu nutrisi penting yang terdapat pada ikan adalah asam lemak baik atau asam lemak omega 3 yang baik dalam menjaga dan meningkatkan fungsi otak sehingga sangat berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan.

Masakan ikan



Tips Mengolah Ikan Agar Tidak Amis

Disebut dalam tabel nutrisi dari situs wikipedia berbahasa Indonesia berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam ikan:

Jumlah Sajian per 100 g

    Nutrisi
    Kandungan
    Kalori (kcal)
    205
    Jumlah Lemak
    12 g
    Lemak jenuh
    2,5 g
    Lemak tak jenuh ganda
    4.4 g
    Lemak tak jenuh tunggal
    4.4 g
    Kolesterol
    63 mg
    Natrium
    61 mg
    Kalium
    384 mg
    Karbohidrat
    0
    Serat pangan
    0
    Protein
    22 g
    Vitamin A
    50 IU
    Vitamin C
    3,7 mg
    Kalsium
    15 mg
    Zat besi
    0,3 mg
    Vitamin D
    0 %
    Vitamin B6
    0,6 mg
    Vitamin B12
    2,8 µg
    Magnesium
    30 mg

Kebanyakan orang bisa dipastikan suka dengan citarasa ikan namun, beberapa mungkin malas mengolah ikan menjadi masakan karena baunya yang amis dan menyengat. Bau amis dalam ikan disebabkan oleh kandungan protein yang tinggi.  

Pada dasarnya, bau amis pada ikan bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan bahan alami. Asalkan menggunakannya sesuai takaran, cita rasa ikan dipastikan tidak akan berubah dan tidak mengurangi nilai gizi. Berikut adalah beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau amis ikan.

Tips Mengolah Ikan Agar Tidak Amis

Daun Dan Kulit Jeruk

Daun maupun kulit jeruk bisa membantu Anda menghilangkan bau amis pada ikan. Buah yang terkenal dengan kandungan Vit C yang tinggi ini sangat bermanfaat dalam mengurangi bau amis pada ikan. Caranya cukup mudah, rebus daun atau kulit jeruk lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci ikan sebelum di goreng atau dimasak. 

Atau anda cukup mengiris tipis tipis daun jeruk lalu gunakan irisan daun jeruk tersebut untuk membaluri ikan yang sudah dibersihkan sebelum digoreng atau diolah. Untuk ikan yang dimasak kuah santan, memasukkan 1 atau 2 daun jeruk ke dalam masakan selain menambah rasa sedap juga mampu menghilangkan bau amis.
   
Apel

Buah apel rupanya dipercaya mampu menghilangkan bau amis ikan. Iris tipis-tipis buah apel lalu masukkan ke dalam minyak atau air untuk memasak ikan. Angkat irisan apel tersebut ketika ia layu. Minyak maupun air untuk memasak ini akan menyerap bau amis ikan tanpa mengurangi rasa alami ikan.

Cuka

Cuka putih dipercaya bisa mengurangi bau amis ikan. Namun ingat, saat menggunakan cuka untuk menghilangkan bau amis ikan, usahakan menggunakan secukupnya saja. Rasa asam cuka bisa merusak rasa ikan jika Anda menggunakannya terlalu berlebihan.
   
Air Lemon

Peras jeruk lemon dan gunakan airnya untuk menyiram ikan sebelum dimasak. Hal ini disinyalir bisa mengurangi bau amis ikan. Agar air lemon tidak merubah rasa ikan, sebelum dimasak atau digoreng pastikan mencuci ikan hingga bersih terlebih dahulu.
   
Jahe

Aroma harum dari jahe tidak hanya bisa menghangatkan tubuh tetapi juga bisa digunakan sebagai penangkal bau amis ikan. Saat Anda masak ikan baik digoreng ataupun masak kuah, usahakan memasukkan jahe ke dalam bumbu. Jahe tidak harus dihaluskan, Anda cukup mememarkannya saja.

Dengan bahan alami tersebut, tidak ada alasan bagi Anda untuk khawatir dan malas memasak ikan karena baunya yang amis. Selain bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan bawang putih, daun kemangi, daun serai dan kunyit untuk menghilangkan bau amis ikan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara