10 Tips & Cara Meningkatkan Bahasa Tubuh Yang lebih Baik

Bahasa tubuh yang baik akan mendukung penampilan, memberikan orang lain penilaian tertentu tentang siapa diri anda saat pertama kali melihat anda. Bahasa tubuh yang baik tentu diperlukan bagi seseorang untuk menilai kualitas karakter diri anda, sebagai contoh saja saat interview atau wawancara pekerjaan. Para staff HRD dituntut cepat mempersepsikan siapa diri pelamar pekerjaan dan bagaimana karakternya. Nah salah satu cara bagaimana mereka menilai diri anda dengan menilai pembicaraan anda serta bahasa tubuh anda saat sesi wawancara.
Bahasa tubuh yang baik

Gerakan tubuh atau gerak gerik anda bisa menjadi penilaian khusus yang dapat memberikan gambaran atau definisi siapa diri anda, apalagi bagi mereka yang baru mengenal diri anda. Memang tidak ada standar kualitas untuk menilai bahasa tubuh Anda. Apa yang Anda lakukan bisa ditafsirkan dalam beberapa cara, tergantung bagaimana anda mengatur gerak tubuh anda dan kepada siapa Anda bicara.
 
Tentu akan menjadi hal yang berbeda ketika berbicara dengan atasan Anda dibandingkan dengan ketika Anda berbicara dengan pasangan atau seseorang yang dekat dengan diri anda. Ini adalah beberapa interpretasi umum dari bahasa tubuh dan sering cara yang lebih efektif untuk berkomunikasi dengan tubuh Anda. nah bagaimana cara melatih dan meningkatkan bahasa tubuh yang lebih baik, berikut tipsnya seperti dikutip dari situs body language coaching terpopuler:

Jangan menyilangkan lengan atau kaki saat berbicara
Menyilangkan tangan atau kaki saat anda berbicara dengan orang lain akan membuat Anda tampak defensif atau tertutup (sangat menjaga privasi anda). tentu hal ini akan membuat orang lain kesulitan untuk lebih dekat dan mengenal anda.

Melakukan kontak mata, tapi jangan terus menatap
Jika anda berbicara dengan orang lain kontak mata akan memberikan rasa percaya diri, membuat koneksi yang lebih baik dan melihat apakah mereka mendengarkan pembicaraan anda. Namun ketika anda terus menatap mata orang yang anda ajak berbicara hal itu justru akan membuat mereka tidak nyaman.

Lemaskan bahu
Ketika Anda merasa tegang hal itu menandakan ada ketegangan di bahu Anda. Cobalah untuk rileks dan menurunkan bahu anda, hal itu akan membuat anda semakin nyaman ketika berbicara atau berhadapan dengan orang lain.

Sesekali mengangguk ketika mereka berbicara
Mengangguk sesekali akan memberikan sinyal bahwa Anda mendengarkan dan memahami apa yang orang lain bicarakan.

Jangan membungkuk, duduk tegak
Duduk tegak akan menandakan bahwa anda percaya diri dengan apa yang anda bicarakan, tetapi dalam cara yang santai, tidak dengan cara yang terlalu tegang.

Bersandar, tapi tidak terlalu banyak
Jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda tertarik pada apa yang orang katakan, bersandar danmenghadap ke arah orang yang berbicara. Jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda yakin pada diri sendiri dan santai bersandar sedikit. Tapi jangan bersandar terlalu banyak atau Anda mungkin tampak arogan dan tidak bersahabat.

Senyum dan tertawa
Senyum dan tertawa akan membuat susasana yang tegang menjadi mencair dan membuat orang yang berbicara dengan anda lebih nyaman. Buka obrolan yang ringan, tidak mengambil sendiri terlalu serius. Bersantai sedikit, tersenyum dan tertawa ketika seseorang mengatakan sesuatu yang lucu. Orang akan jauh lebih cenderung untuk mendengarkan Anda jika Anda tampaknya menjadi orang yang positif.

Jangan terlalu banyak menunduk
Jaga kontak mata dan jangan terlalu banyak menunduk, hal ini akan memberikan persepsi bahwa anda tidak percaya diri dan terkesan ada sesuatu hal yang anda sembunyikan.

Memperlambat sedikit
Lambat tidak berarti bahwa anda bekerja atau beraksi secara "lelet atau lemot". ini berlaku untuk banyak hal. Berjalan lambat tidak hanya membuat Anda tampak lebih tenang dan percaya diri, juga akan membuat Anda merasa santai. Begitupun saat berbicara, bicara pelan dan lambat (tetapi tetap dengan nada yang jelas) akan memberikan kesempatan bagi anda berpikir sebelum berbicara.

Jauhkan sikap yang tidak baik dan selalu berpikir positif
Last but not least, tetap menjaga sikap positif, terbuka dan santai. Bagaimana Anda merasa akan datang melalui dalam bahasa tubuh Anda dan dapat membuat perbedaan besar. Hindari hal hal tidak baik seperti membelakangi orang yang sedang berbicara, memotong pembicaraan, terlalu sibuk bergerak saat orang lain berbicara dsb.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara