Tips & Cara Sederhana Meningkatkan Kecerdasan Seseorang

Posted By : Posted on - 7:54:00 AM with No comments

Kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, dan ternyata selain faktor dari keturunan atau gen ternyata kecerdasan seseorang sangat dipengaruhi oleh banyak hal seperti latihan penajaman otak. Seperti yang dilansir dari Inc.com, sebenarnya tidak ada orang yang benar benar bodoh jika mereka di karunia otak dalam keadaan normal, mereka hanya perlu mengasah otak mereka sehingga hal itu akan meningkatkan kecerdasan seseorang dan salah satu caranya adalah dengan belajar.

berpikir cerdas

Lanjut seperti dikutip dari situs Inc menyebutkan ada beberapa tips dan cara sederhana yang terbukti ampuh untuk meningkatkan kecerdasan seseorang, beberapa hal hal sederhana ini jika dilakukan berulang dan terus menerus (rutinitas) terbukti ampuh membuat daya pikir seseorang lebih cerdas dan berwawasan luas. Nah berikut adalah tips dan cara sederhana yang terbukti mampu meningkatkan kecerdasan seseorang:

Banyak belajar hal hal baru
Belajar adalah proses bagaimana mengasah pikiran seseorang lebih tajam dalam menyimpan informasi yang mereka terima kedalam memori seseorang. Banyak penelitian membuktikan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan mempelajari banyak hal hal baru membuktikan mereka lebih cerdas dan berwawasan luas dari pada mereka yang tidak pernah belajar. Banyak hal yang bisa kamu pelajari tidak hanya dari materi materi pelajaran yang diberikan di sekolah namun hal hal disekitarmu adalah hal hal yang sangat berharga untuk dipelajari.

Lebih banyak membaca
Buku adalah jendela dunia. Kamu bukan hanya bisa mengetahui tentang negara lain yang belum pernah kamu kunjungi. Tapi juga pelajaran hidup yang bsia kamu ambil dari kisah-kisah yang berkualitas. Selain itu, membaca buku juga bisa menambah kosa katamu. Sehingga kamu akan menjadi lebih mengerti berbagai persoalan di dunia.

Banyak orang orang cerdas didunia ini terbukti menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca buku sebut saja Albert Einstein (scientist), William James Sidis (American Mathematics & Academics) Terence Tao (Australian Mathematician) Crhistopher Hirata (American AstroPhysics) Kim Ung Yong (South Korean Scientist). nah jika kamu ingin memiliki daya pikir secerdas mereka maka mulai sekarang lebih banyak membaca. Banyak hal yang bisa kamu baca kok tidak hanya buku tetapi bisa juga dari media online (internet), majalah, koran dsb.

Mencatat
Enggak semua orang punya kebiasaan menulis informasi yang sudah mereka terima, sehingga mereka mudah lupa tentang apa saja yang baru mereka pelajari. Kebanyakan mereka akan menyimak orang yang berbicara di suatu seminar, menyimak rapat atau mendengarkan dosen berbicara namun mereka tidak mencatat atau menuliskannya. Memperhatikan dengan seksama memang diperlukan namun dengan mencatat atau menuliskannya kembali di catatan hal itu akan efektif untuk meningkatkan daya ingatmu.

Bermain game strategi
Memainkan game favorit memang menyenangkan, akan lebih bermanfaat lagi jika game yang menyenangkan tersebut juga meningkatkan kecerdasanmu. Pilihlah game edukatif, strategi dan game yang meningkatkan kecerdasanmu. Cobalah pilih permainan yang menyenangkan tapi juga bisa bikin kamu berpikir dan terus mengasah daya pikirmu untuk menggunakan strategi untuk memenangkannya. Misalnya scrabbles, catur, Battleship dan lainnya.

Bersosialisasi
Ibaratnya kamu berkumpul dengan penjual parfum maka kamu akan merasakan wanginya, begitu juga ketika kamu berkumpul dan berteman dengan teman temanmu yang intelek, berwawasan luas dan cerdas maka kamu juga akan mendapatkan manfaatnya. Teman dan lingkungan ternyata juga berpengaruh kuat dengan daya pikir dan kecerdasan otakmu. Ketika kamu berada di tengah-tengah teman yang intelek dan suka berdiskusi, otakmu juga akan 'terpaksa' diajak untuk berpikir. Jadi usahakan memiliki teman yang jauh lebih pintar darimu. Sehingga kamu bisa belajar dari mereka kapan pun dan di mana pun, dengan gratis!

Berbagi pengetahuan
Cara yang paling mudah supaya ingatanmu lebih melekat adalah mengajarkannya kepada orang lain. Dengan mengulang dan menyampaikan apa yang kamu pahami tentang satu masalah, artinya kamu juga belajar kembali. Kamu seperti membaca buku yang sudah pernah kamu baca sekali lagi. Dan metode ini juga bisa sebagai ukuran pemahamanmu. Kalau kamu sudah bisa menjelaskan dengan sederhana, artinya kamu sudah benar-benar paham.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara