12 Tips Hidup Hemat Untuk Masa Depan Lebih Baik

Tips Hidup berhemat - Setiap orang pasti memiliki impian yang lebih baik dimasa depan. Beberapa contoh seperti memiliki modal usaha ketika sudah pensiun, memiliki cukup modal untuk pendidikan lebih baik bagi putra-putrinya, memiliki rumah impian dsb. Dan untuk mendapatkan itu semua tentunya anda mampu mengendalikan diri dan berusaha keras untuk mencapainya. Salah satu contoh pengendalian diri adalah dengan berhemat. Seperti kata pepatah "Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian, bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian". Kita harus memiliki pengendalian diri untuk tidak membelanjakan gaji untuk hal hal yang tidak terlalu dibutuhkan dan mementingkan untuk menabung demi masa depan.
Tips hidup berhemat

Pengendalian diri ini tidak hanya soal bagaimana mengatur nafsu lapar mata, namun juga mengatur masa depan dengan berbagai kegiatan yang sebetulnya sangat penting dan krusial. Kebiasaan preventif yang harus dibangun sejak dini ini memiliki efek menghindarkan Anda dari kebiasaan hutang yang mungkin Anda miliki ketika menghadapi masalah keuangan yang mendesak. Dengan berhemat anda bisa menyisihkan sedikit dari uang anda untuk ditabung untuk menata masa depan lebih baik. Selain itu kebiasaan berhemat juga memiliki manfaat lain bagi Anda sendiri seperti memiliki dana cadangan untuk membangun masa depan karir, modal wirausaha, sebagai dana pensiun, serta tidak perlu bergantung pada asuransi kesehatan dsb.

Lalu bagaimana tips hidup hemat untuk masa depan yang lebih baik yang bisa anda lakukan, berikut adalah beberapa tips sederhana cara hidup lebih hemat:

Menerapkan Pola Hidup Hemat Sejak Dini
Mempersiapkan masa depan harus dilakukan sedini mungkin, termasuk dengan menerapkan cara hidup hemat yang sudah dijelaskan di atas. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, kejadian apa yang pasti terjadi esok hari, apakah keadaan itu termasuk genting atau tidak, membutuhkan pengeluaran tak terduga seberapa banyak. Sedini mungkin usahakan untuk menyisihkan sebagian dana yang Anda miliki sebagai proteksi di waktu nanti.

Menggunakan skala prioritas
Dalam kehidupan sehari hari manusia tidak akan pernah lepas dari kebutuhan untuk bertahan hidup. Kebutuhan kebutuhan tersebut dibagi dalam 2 jenis yaitu kebutuhan primer (kebutuhan utama) seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal. Sedang kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan beberapa contoh seperti berlibur, fasilitas sehari hari seperti kendaraan dsb. Nah dalam hal ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam menekan pengeluaran Anda adalah menerapkan skala prioritas untuk berbelanja kebutuhan sehari hari.

Utamakan memenuhi kebutuhan berbelanja sesuai prioritas atau utamakan kebutuhan penting dan utama. Jadwalkan belanja dengan daftar yang pasti akan Anda gunakan setiap bulannya. Jangan memasukkan barang atau hal-hal yang bersifat keinginan ke dalam daftar prioritas. Ingat, Anda bisa hidup tanpa harus nonton film di bioskop satu bulan sekali, tapi Anda tidak bisa hidup dengan hanya makan satu bulan sekali, minum satu bulan sekali, mencuci baju satu bulan sekali. Jelas sekali perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yang sifatnya hanya kepuasan sementara. Dengan menerapkan skala prioritas hala ini akan mendukung hidup lebih berhemat.

Jangan sampai pasak lebih besar daripada tiang
Jangan sampai gajian anda sebulan habis untuk memenuhi kebutuhan 2 minggu, dan 2 minggu selanjutnya berhutang sampai tiba waktunya gajian bulan depan. Sesuaikan kebutuhan dengan gaji bulanan anda, pastikan juga pengeluaran disusun lebih kecil daripada pemasukan anda.

 Merasa pengeluaran Anda tidak seberapa? Kalau begitu jelas Anda tidak diperkenankan untuk secara semena-mena menghambur-hamburkan uang demi kepentingan yang sifatnya sebuah keinginan, bukan keperluan. Usahakan Anda tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan yang setiap waktunya mempengaruhi kelangsungan hidup Anda. Dilihat dari sisi psikologis, kebiasaan berhutang juga tidak baik karena menimbulkan perasaan tidak tenang, selalu cemas, serta gelisah.

Menjaga Kesehatan adalah salah satu tips hidup berhemat
Sangat jelas ketika anda hidu sehat maka peluang anda sakit semakin kecil, semakin kecil juga pengeluaran anda untuk biaya berobat. Berolahraga secara teratur, menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat, cukup beristirahat adalah beberapa tips menjaga kesehatan anda dalam kondisi optimal. Selain mampu menekan biaya perawatan menjaga kesehatan anda berarti anda memiliki cadangan energi untuk bekerja lebih keras untuk mencapai impian anda dimasa depan.

Bijak Dalam Berbelanja
Setiap tempat tempat berbelanja tentu memiliki harga yang berbeda satu sama lain. Cermatilah mencari harga yang tepat untuk barang yang sama. Seperti contoh saja hanya karena ingin dianggap wah, tempat lebih bersih dan sejuk anda berbelanja baju dengan harga 300 ribu padahal sebenarnya dapat anda dapatkan produk yang sama dengan harga jauh lebih murah dipasar. Juga dibutuhkan kebijaksanaan dalam berbelanja. Bila Anda telah masuk dalam toko, kecenderungan Anda untuk membeli barang-barang yang bukan kebutuhan semakin tinggi. Hal yang perlu disadari di sisi lain ialah dengan menjual jasa, mereka mematok harga yang lebih tinggi untuk sebuah barang yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan lebih murah di tempat lain, misalnya di pasar.

Berlibur Murah
Liburan adalah hal penting untuk merefreshing tubuh dan pikiran dari penat dan kesibukan rutinitas tiap hari. Ingat, Anda berlibur untuk melepas kepenatan Anda dari rutinitas bekerja, bukan menambah beban dan masalah finansial akibat tidak selektif dalam memilih fasilitas berlibur. Liburan itu tidak harus mahal dan membebani. Banyak tempat dan aktifitas berlibur yang murah jika anda jeli memilih.

Membawa Bekal Makan Siang
Kebiasaan satu ini juga akan mengantarkan Anda sebagai pribadi yang memiliki prinsip hidup hemat. Hemat pangkal kaya dan hal ini dimulai dari kebiasaan kecil. Bawalah selalu bekal yang disiapkan dari rumah daripada Anda membeli makanan di luar (yang biasanya dijual dengan harga yang dipatok bisa hingga lima kali lipat). Selain menghemat pengeluaran Anda, membawa bekal dari rumah sudah lebih jelas kebersihan dan gizinya.

Membeli barang-barang Investasi
Ketika anda memiliki uang berlebih akan lebih baik gunakan uang tersebut untuk membeli barang barang yang bernilai investasi tinggi sebagai contoh saja emas atau tanah. Harga tanah dan emas jarang sekali bisa turun nilainya. Dua barang ini merupakan contoh barang investasi dengan kemungkinan rugi yang sangat kecil dan jarang mengalami penurunan nilai, apalagi harga tanah. Hal ini bisa membantu Anda untuk memperkecil jumlah dana cair yang siap pakai dan berpotensi bisa langsung dibelanjakan. Berbeda ketika anda memiliki uang berlebih dan membeli mobil, mobil memiliki harga jual yang akan terus turun setiap waktu dan sangat jarang bernilai sama.

Go Green
Sikap ramah terhadap lingkungan juga bisa menyelamatkan Anda dari belenggu hutang dan menumbuhkan sikap hemat dalam hidup Anda. Bagaimana caranya? Terapkan dalam kebiasaan hidup Anda sehari-hari seperti menghemat penggunaan listrik (mematikan saklar ketika lampu tidak sedang digunakan), menghemat penggunaan air, menggunakan kendaraan sepeda untuk menjangkau tujuan yang berjarak kurang dari 5 kilometer dari rumah Anda. Sikap-sikap yang turut membantu pelestarian bumi ini juga turut membantu Anda merealisasikan sikap hidup hemat.

Jangan Meremehkan Uang Receh
500 rupiah akan menjadi "nilai sepele" ketika anda melihatnya dalam 3 atau 4 keping uang logam. Tapi bagaimana jika anda memiliki seribu, sepuluh ribu atau 1 juta keping 500 uang logam akan sangat bernilai bukan? Jadi jangan pernah remehkan uang receh sisa berbelanja. Masukkan dalam tempat menabung yang ada dirumah anda atau dalam toples. Setiap anda memiliki sisa belanja uang receh masukkan, dan bukalah toples setelah penuh maka anda akan memiliki uang tak terduga dengan nominal yang tidak lagi "sepele".

Menerapkan Pola Hidup Sederhana
Meski Anda berpenghasilan 10 juta ke atas setiap bulannya, hal itu tak akan menjamin Anda untuk selalu menjadi orang kaya. Orang yang dianggap kaya bisa menjadi kaya karena ketekunannya dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah lewat kerja keras mereka dan sangat menjaga pendapatan mereka dengan selektif dalam membuat pengeluaran. Pola hidup sederhana adalah cara yang paling ampuh dalam mempertahankan kekayaan sekaligus menjadi pola hidup terbaik yang paling cocok dengan sikap hidup hemat.

Rajin Menabung
Kebiasaan disiplin dalam menabung merupakan sikap yang bersifat wajib dalam mewujudkan pola hidup hemat. Anda mungkin memiliki keinginan untuk aman secara finansial saat pensiun dari pekerjaan Anda sekarang, tetapi Anda tidak disiplin untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk periode yang sudah Anda tetapkan sendiri. Jelas kemungkinan keamanan finansial Anda di usia senja lebih rentan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara