Cara Membedakan Ciri - Ciri Lele Jantan & Betina

Mengetahui ciri lele jantan dan betina - Budidaya ikan lele masih memiliki peluang pasar yang terbuka lebar. Kesuksesan budidaya atau pemeliharaan lele tergantung banyak faktor seperti pemilihan indukan (bagi peternak lele yang ingin memijahkan sendiri), pemilihan bibit yang baik dan berkualitas, pemeliharaan, kesehatan kolam dan pemasaran hasil panen adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan peternak lele.

Nah bagi anda pemula yang ingin merintis usaha pembibitan ikan lele tentu diperlukan pemahaman tentang bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina untuk indukan. Sebenarnya dalam membedakan jantan betina pada induk lele bukanlah hal yang sulit. karena sebenarnya kita dapat membedakan dengan cara melihat alat kelamin lele yang memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Kebanyakan para pemula merasa kesulitan untuk membedakan induk lele jantan dan betina karena mereka tidak langsung terjun kelapangan dan melihat langsung bentuk fisik dan alat reproduksi pada lele. Nah kali ini tim Tips & cara akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina dengan mudah dan berikut penjelasannya.

tabel perbedaan ciri lele jantan betina

Ciri lele jantan & betina dari bentuk tubuhnya
Ikan lele jantan cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih langsing dibandingkan dengan bentuk tubuh ikan lele betina yang lebih pendek dan kelihatan gemuk. Biasanya bagi para pemula merupakan suatu hal yang sulit untuk membedakan melalui bentuk tubuhnya apabila tidak hanya menggunakan satu ekor saja. Untuk itu sebaiknya harus ada beberapa ekor ikan lele, agar bisa bisa menjadi perbandingan.

beda bentuk lele jantan dan betina

Apabila dibandingkan dengan lele betina, ikan lele jantan memiliki kepala yang lebih kecil memanjang dari ikan lele betina. Lele betina cenderung memiliki bentuk kepala yang lebih besar dan pendek.

Juga apabila diperhatikan, ikan lele jantan memilikai warna kulit dada yang lebih gelap dibanding dengan lele betina. Kulit Pada induk lele jantan lebih Kasar sedangkan pada induk betina berkulit halus.

Ciri lele jantan & betina dari bentuk kelaminnya

perbedaan kelamin lele jantan dan betina

Ikan lele jantan memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) yang cenderung memanjang atau menonjol kearah belakang, terletak pada bagian bawah anus dan memiliki warna yang agak kemerahan. Sedangkan pada ikan lele betina memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) serupa oval atau menyerupai daun serta terdapat lubang yang agak lebar dan berwarna agak kemerahan atau merah pucat gelap.

Ciri lele jantan & betina dari gerakannya
Apabila dilihat dari gerakannya lele jantan cenderung lebih lincah dari lele betina, itu disebabkan karena bentuk tubuh ikan lele jantan lebih langsing dan juga bersifat lebih agresif dari ikan lele betina.

Nah itulah sedikit penjelasan bagaimana cara membedakan lele jantan dan betina untuk pemula. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke web blog ini.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara