Cara Alami Mengusir & Mencegah Kucing Liar Masuk Rumah

Posted By : Posted on - 8:34:00 AM with No comments

Mengusir kucing liar - Banyak orang suka dengan kehadiran kucing yang lucu, jinak dan bersih. Namun sebagian lain tidak suka melihat kucing masuk rumah apalagi kucing liar, kotor dan suka mencuri makanan dirumah dan beberapa orang memiliki reaksi berbeda (alergi) terhadap bulu kucing. Sebenarnya mengusir kucing dari rumah memang mudah yang sulit adalah membuatnya kapok untuk datang lagi masuk rumah kita. Yang lebih parah kalau sampai kucing liar itu masuk ke dalam rumah, sering nyuri makanan, bikin sampah berantakan, dan ninggalin pipis dan pup dimana-mana sehingga ruangan menjadi bau.

Menangkap kucing liar tentu bukan pilihan, kucing yang biasa hidup di jalan biasanya sangat gesit dan akan menyerang jika ada manusia yang mendekatinya. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah para kucing jalanan masuk ke dalam rumah.

Mengusir & mencegah kucing liar

Tentu sebagian besar dari kita tidak tega menyakiti kucing apalagi membunuhnya, biar bagaimanapun kucing juga mahluk hidup dan keberadaanya tentu juga berguna bagi kelangsungan ekosistem. Nah bagaimana cara mengusir kucing liar yang sering masuk rumah dan mengganggu kenyamanan anda, berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengusir kucing liar yang masuk rumah dan membuatnya jera atau kapok datang lagi masuk kerumah kita:

Tidak Memberi Akses Makanan
Hal pertama yang perlu anda ketahui seringnya kucing liar masuk ke rumah adalah karena tersedianya akses makanan yang dibutuhkan kucing. Ketika kucing dapat menemukan akses makanan mereka akan sering mendatangi tempat tersebut sampai pasokan makanan tidak ditemukan lagi ditempat itu. Nah cara yang efektif agar rumah anda tidak dimasuki kucing liar adalah dengan menutup akses makanan seperti menyimpan makanan yang ada dirumah ditempat yang tertutup rapat, hindari meninggalkan makanan terbuka dan hindari juga sisa sisa makanan yang dapat mengundang perhatian kucing liar untuk datang.

Memelihara musuh kucing
Ya anjing dan kucing memang tidak pernah akur dan selalu bermusuhan. Jika anda hobi memelihara anjing hal itu cukup efektif untuk mencegah dan mengusir kucing liar untuk masuk kerumah anda. Seperti anda ketahui bahwa kucing akan takut memasuki wilayah yang terdapat anjing, rubah, atau anjing hutan. Namun jika anda tidak hobi memeliahara anjing karena suatu alasan maka anda bisa membeli cat repellent atau bahan pengusir kucing liar.

Cara kerjanya cat repellent beraroma seperti urin anjing, rubah maupun anjing hutan (tentunya bukan urin asli tetapi bahan kimia yang mirip dengan aroma urin) dan cukup semprotkan disekitar lingkungan rumah anda, hal ini akan mencegah kucing liar masuk kerumah anda karena menganggap di lingkungan rumah anda terdapat hewan lain.

Bahan lain yang bisa kita pakai  minyak tanah, minyak kayu putih. Saat ini banyak dijual produk animal repellent (cat repellent) yang merupakan salah satu cara mengusir kucing liar dengan bau bau-an. Tidak perlu khawatir saat memakai produk ini karena baunya bisa diterima manusia, ada yang bau lavender, lemon, ecaliptus tapi ada juga yang berbau kencing rubah. Kita bisa mendapatkan cat repellent di toko binatang dan supermaket.

Menyemprotkan Air akan membantu mengusir kucing liar
Hal yang paling dibenci kucing baik kucing peliharaan maupun kucing liar adalah air. Cara berikutnya untuk mengusir kucing liar dari rumah adalah dengan menyemprotkan air. Karena pada dasarnya semua kucing itu takut air. Cukup sediain aja semprotan air yang biasa digunakan untuk menyemprot burung atau tanaman. Setel semprotan agar bisa menyemprot jauh, ketika anda bertemu kucing liar masuk kerumah anda cukup semprot aja menggunakan air tersebut. Akan lebih efektif lagi jika air tersebut telah anda campur dengan bahan lain yang beraroma kuat seperti minyak kayu putih. Untuk mencegahnya masuk kerumah juga bisa semprotkan cairan tersebut di tempat tempat yang sering dilalui kucing.

Mengusir kucing liar dengan Bau-bauan khas
Beberapa bahan alami yang beraroma kuat dan khas akan efektif untuk mengusir dan mencegah kucing liar masuk kerumah anda. bahan bahan seperti minyak kayu putih, aroma kulit jeruk atau lemon, bisa juga menggunakan wewangian atau pengharum ruangan yang beraroma jeruk. Gantungkan atau cukup sebarkan bahan bahan tersebut disekitar tempat yang sering dilalui kucing liar, maka kucing akan jera untuk masuk kerumah anda.

Trik Botol Mineral utnuk mengusir kucing liar
Cara unik lain yang bisa digunakan untuk mengusir kucing liar adalah dengan cukup menempatkan air jernih kedalam botol kemasan dan tempatkan ditempat tempat yangs ering diallui kucing liar. Caranya siapkan botol air mineral yang ukuran besar (1.500 ml), lepaskan plastik merknya sehingga botol menjadi polos, kemudian isi dengan air jernih kira-kira tiga perempat botol. Kemudian letakkan di tempat kucing itu biasa lewat. Gak tau penjelasan ilmiahnya ada dimana, cuma beberapa orang bilang cara ini berhasil lho. Memang sih agak sulit diterima nalar, tapi gak ada salahnya juga kalau dicoba kan.

Pencegahan Kembali
Kalau cara-cara di atas sudah anda lakukan dan belum berhasil, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pencegahan supaya kucing-kucing liar tidak masuk kerumah anda. Caranya cari semua sisa kotoran dan urin kucing. Untuk pup yang baru dan masih basah bisa langsung kamu bakar supaya menghilangkan jejak si kucing untuk kembali.

Untuk kotoran yang lain bisa anda hapus jejaknya dengan air dan deterjen. Kalau si kucing sempet pipis di kursi atau sofa kamu cepetan dibersihkan juga. Caranya serap sebanyak mungkin urinenya dengan tissue atau handuk bekas. Terus basahi tempat yang kena pipis kucing itu dengan campuran air dan cuka perbandingannya 1:1. Usahakan air dan cuka itu bisa menembus sampai ke dalam. Tunggu hingga kering. Setelah kering kasih deh wangi-wangian sesuai selera kamu.

Atau misalkan kamu punya cukup dana, kamu juga bisa membuat pencegahan supaya kucing gak kembali dengan membuat cat fences. Cat fences itu adalah pagar yang dibuat melengkung ke arah luar, supaya kucing yang berusaha memanjat dari bawah bagian luar pagar akan merasa kesulitan dan frustasi. Kalau kamu belum tau bentuknya cat fences, berikut gambarnya.

mencegah kucing masuk rumah

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara