sponsored ads

Tips Cara Mencegah & Menjauhkan Ular Dari Rumah Anda

Posted By : Posted on - 7:23:00 PM with 1 comment

Ketika mendengar kata ular kebanyakan dari kita akan bergidik takut walaupun ada juga beberapa yang berani menangkapnya. Walaupun anda berani kontak langsung dengan ular pastikan untuk menggunakan peralatan yang aman untuk menangkapnya atau menjauhkannya dari rumah anda. 

Menurut berbagai penelitian dari banyaknya spesies ular namun hanya sedikit saja dari mereka yang benar benar berbisa, namun demikian anda tetap harus waspada dengan gigitan ular tidak berbisa sekalipun.

Ular

Sebagian besar spesies tidak berbisa tapi tetap saja hal itu sangat meresahkan ketika Anda menemui ular dirumah. Nah kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara mencegah ular masuk kerumah anda sekaligus menjauhkan mereka dari lingkungan rumah. 

Ular memang tampak menakutkan namun tetap saja reptil ini berperan penting demi kelangsungan ekosistem, jadi jangan pernah membunuhnya kecuali jika terpaksa, cukup cegah dan jauhkan dari lingkungan rumah anda.

Yang perlu anda ketahui mencegah ular datang ke rumah anda?

Pastikan tidak ada tempat yang membuat ular tertarik untuk bersembunyi / bersarang

Ular, jenis reptil atau hewan liar apapun didunia ini sejatinya tidak mau bertemu atau mendekati manusia. Mereka mendekat dan tertarik dengan hal yang berkaitan dengan manusia jika mereka kehabisan sumber pangan yang ada di alam atau alam liar yang menjadi tempat alami mereka hidup semakin berkurang dengan pembukaan lahan baru untuk pembangunan. 

Nah dari itu sedikit tips bisa membantu anda menjauhkan dan mencegah ular - ular ini masuk ke lingkungan bahkan ke ruangan rumah anda:

  • Bersihkan rumput liar yang tinggi, semak atau tumbuhan liar disekitar rumah anda karena hal ini bisa membuat ular tertarik untuk tinggal dan bersarang khususnya lingkungan rumah yang bersinggungan langsung dengan sungai, persawahan atau lingkungan alam terbuka lainnya.

  • Jauhkan tumpukan batu, tumpukan kayu, bahan-bahan bangunan yang menumpuk dan membuat rongga gelap yang menarik ular untuk bersembunyi.

  • Bersihkan gudang atau ruangan ruangan yang gelap dirumah anda karena ular sejatinya menyukai tempat tempat gelap dan lembab.

  • Buat atau sediakan ventilasi yang membuat sirkulasi udara dirumah anda dapat berjalan baik, sekali lagi ular menyukai tempat-tempat lembab.

Pastikan tidak ada makanan yang menarik ular datang ke rumah anda

Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan ular makanan alaminya adalah katak, tikus, burung maupun serangga serangga lain. Ketika pasokan makanan alami ini mulai tidak kurang atau tidak didapatkan lagi di habitat alaminya mereka akan bermigrasi untuk mendapatkan makanan yang cukup tidak terkecuali dirumah maupun lingkungan rumah anda. 

Beberapa tips memutus pasokan makanan yang mungkin tersedia dirumah anda yang membuat ular tertarik masuk kerumah anda adalah sebagai berikut:

  • Jauhkan hewan hewan peliharaan seperti burung yang mungkin menarik ular untuk datang dan memakannya. Buatkan sangkar yang cukkup kuat.

  • Memelihara peliharaan yang memutus siklus makanan ular seperti kucing. Kucing secara langsung akan memangsa ular dan serangga-serangga kecil yang merupakan makanan alami ular. Nah ketika tidak didapatkan lagi tikus dan serangga serangga dirumah anda maka ular akan menjauh dari lingkungan rumah anda.

  • Intinya jauhkan segala jenis makanan yang membuat ular tertarik utnuk tinggal dan menetap.

Menggunakan bahan alami pengusir ular / Repellent

Beberapa bahan kimia dapat menyebabkan bahaya lain untuk hewan peliharaan atau anggota keluarga anda, nah anda bisa mencoba menggunakan bahan bahan alami ini untuk menjauhkan ular dari rumah anda:

  • Menggunakan kabur barus, gerus atau haluskan kabur barus dan taburkan di tempat tempat gelap atau di ruangan yang dimasuki ular akan menjauh.

  • Buat semprotan menggunakan minyak kayu manis dan minyak cengkeh yang dikenal dengan bahan eugenol dengan rasio 1: 1, baunya yang khas dan efek panas pada kulit akan mengusir ular diruangan rumah anda.

  • Menggunakan segala wewangian yang beraroma kuat untuk mengusir ular dari rumah anda.

  • Marigolds (Calendula officinalis) atau di Indonesia dikenal dengan bunga keningkir, tanam disekitar rumah anda dijamin mampu menjauhkan ular dari rumah anda + bonus nyamuk juga menjauh.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara