sponsored ads

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Menggunakan Timer

Posted By : Posted on - 1:48:00 AM with 7 comments

Mematikan komputer otomatis - Saya adalah pengguna internet yang hampir menggunakan komputer tiap hari karena memang kerjaan dan hobi saya berhubungan langsung dengan komputer dan internet. Biasanya saat malam hari saya akan mendownload film yang akan saya tonton di malam berikutnya atau hanya sekedar mengunduh game game terbaru dan kadang karena ukurannya yang besar dan kelamaan nunggu proses downloadnya sampai saya ketiduran sehingga komputer tetap nyala  sampai pagi hari. Atau ketika sedang mendengarkan musik dari komputer, komputer tetap nyala sampai pagi hari dan akibatnya adalah tagihan listrik membengkak hehhehe..

Bagi sebagian orang komputer, laptop ataupun perangkat serupa lainnya sudah menjadi bagian gaya hidup dan pekerjaan. Sebenarnya setiap sudah selesai mengunakan komputer maka pengguna harus mematikannya atau dikenal dengan istilah Shutdown. Mematikan memiliki banyak fungsi seperti menyimpan informasi setelah komputer digunakan, mendinginkan CPU, mencegah kerusakan hardware, hingga penghematan arus listrik.

Nah kali ini saya akan sedikit berbagi tips mengenai bagaimana cara otomatis mematikan komputer dengan menggunakan timer. Cara ini bisa dilakukan untuk semua versi Windows, tanpa perlu menginstall software atau aplikasi timer. Namun jika anda lebih suka menggunakan aplikasi timer untuk mematikan komputer secara otomatis anda dapat mengunduhnya di internet karena banyak developer web yang menyediakan software tersebut. Berikut cara mematikan komputer secara otomatis menggunakan timer:


Cara Mematikan Komputer Otomatis Menggunakan Timer

 1   Klik windows pojok kiri bawah / Start > ketik run > jalankan programnya. Atau lebih cepat menggunakan shorcut dengan menekan tombol Windows + R di keyboard.

Cara Mematikan Komputer Otomatis 1

 2   Ketikan kode berikut shutdown -f -s -t 3600 kemudian klik OK. Perlu diketahui, angka 3600 adalah jumlah detik dalam satu jam, jadi bisa diatur berapa lama waktunya. Jika ingin mati dalam satu jam maka ketik 3600, 2 jam 7200, 3 jam 10800 dst.

Cara Mematikan Komputer Otomatis 2

 3   Jika muncul pesan seperti ini, berarti timer yang sobat buat berhasil dan tinggal menunggu waktunya itu komputer mati

Cara Mematikan Komputer Otomatis 3

Nah bagaimana cara jika ingin membatalkannya?

 4   Mudah saja, ikuti langkah nomor 1 lalu ketikan shutdown -a kemudian OK
Cara Mematikan Komputer Otomatis 4

 5   Maka akan muncul pesan seperti dibawah ini yang menandakan bahwa timer telah dibatalkan.

Cara Mematikan Komputer Otomatis 5

Nah mudah kan bagaimana cara mematikan komputer secara otomatis menggunakan timer. Semoga artikel tersebut berguna dan bermanfaat bagi anda.

7 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara