sponsored ads

Cara Efektif Usir Kantuk Saat Bekerja / Di Kantor

Posted By : Posted on - 6:58:00 AM with 2 comments

Rasa kantuk merupakan tanda umum yang mengindikasikan tubuh perlu istirahat / tidur. Tetapi bagaimana anda akan tidur sejenak jika belum waktunya istirahat pada jam istirahat kantor atau sedang bekerja. Bukannya anda mendapatkan rasa nyaman untuk beristirahat justru kena marah sama si bos. Rasa kantuk bisa disebabkan banyak faktor, tidak hanya karena tubuh lemas saja, nah berikut beberapa faktor yang menyebabkan rasa kantuk saat bekerja:

  • Tubuh kurang mendapatkan waktu tidur / beristirahat (idealnya seseorang membutuhkan waktu tidur 6-7 jam/ hari)
  • Tubuh lesu, letih, lemah dan tidak bersemangat
  • Kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi untuk beraktifitas
  • Faktor penyakit atau masalah kesehatan seperti gejala anemia atau gejala kurang darah
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh
  • Tubuh yang terlalu capek atau masa pemulihan sehabis sakit
  • Pola tidur yang tidak teratur atau sering berubah
 
Mengantuk
Mengatasi rasa kantuk saat bekerja
Tentu ketika kantuk datang saat bekerja hal ini akan mempengaruhi kinerja anda, selain itu mengantuk saat bekerja apalagi untuk pekerjaan - pekerjaan tertentu yang membutuhkan kefokusan seperti menyopir tidak hanya membahayakan keselamtan diri anda sendiri tetapi juga orang lain. nah berikut adalah beberapa tips sederhana mengusir rasa kantuk saat di kantor / saat sedang bekerja:

Tips Mengusir Rasa Kantuk Saat Bekerja

Jangan lupakan sarapan sebelum bekerja

Sarapan dengan menu makanan yang bernutrisi, sehat dan seimbang akan memberi anda cukup cadangan energi untuk beraktifitas / bekerja. Jika anda melupakan sarapan maka energi yang anda butuhkan untuk beraktifitas tidak tersedia akibatnya akan muncul rasa letih, lesu, lemas, malas, tidak bersemangat dan tentu saja rasa kantuk akan datang.

Mendapatkan waktu tidur yang cukup

Sering begadang dan tidak mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat akan menyebabkan rasa kantuk pada keesokan harinya. Banyak penelitian menyebut kaitan antara kurangnya waktu tidur yang optimal dengan rasa malas, kurang fokus dan turunnya sistem kekebalan tubuh. Idealnya seseorang membutuhkan waktu tidur yang baik antara 6-7 jam tiap hari.

Pastikan cukup cairan dalam tubuh

Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) akan menyebabkan kurang fokus dan rasa ngantuk. Nah pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum air putih dan disarankan oleh banyak pakar kesehatan 8-9 gelas air putih (1,5 L) / hari.

Konsumsi stimulan untuk usir ngantuk

Stimulan merupakan zat yang menstimulasi otak anda sehingga anda tetap terjaga atau fokus, beberapa jenis minuman stimulan adalah teh, kopi, minuman berenergi, dll. Tapi pastikan untuk meminum minuman yang mengandung caffein rendah. 

Disarankan oleh banyak pakar kesehatan untuk meningkatkan kefokusan dan usir kantuk boleh meminum kopi karena kopi mengandung stimulan yang baik jika sesuai takaran yang tepat setidaknya maksimal 400mg caffein atau setara dengan 2 cangkir kopi.

Mengambil jeda

Mata yang lelah dapat menjadi penyebab timbulnya rasa kantuk. Selain membasahi wajah, mata yang lelah menatap layar komputer dapat diatasi dengan rehat sejenak. Alihkan pandangan mata Anda untuk melihat obyek-obyek dengan jarak pandang yang jauh, lakukan pergangan dan bergerak. Atau berjalan sebentar di luar ruangan dan hirup udara segar dijamin kantuk anda segera menghilang.

Makan permen

Coba makan permen mint, permen dengan rasa asam, atau mengunyah permen karet. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung sedikit cabai atau makanan lain yang memiliki rasa atau aroma yang kuat untuk mengusir kantuk.

Cuci muka atau mandi untuk menghilangkan kantuk

Jika beberapa cara sudah dilakukan dan anda masih saja mengantuk maka pergilah kekamar mandi cuci wajah, rambut, tangan dan kaki anda. Atau jika sempat maka mandilah, dijamin tubuh akan kembali segar dan kantuk pun akan hilang.

2 comments:

  1. makasih atas infonya, dan jangan lupa kunjungi balik http://bit.ly/2EwnIBm

    ReplyDelete
  2. Asupan gula yang berlebih juga dapat memicu kantuk saat bekerja min. Salah satu rekan sering mengalaminya. Tapi bukan berarti tidak ada solusinya, dia punya ide untuk melawannya, yaitu dengan menggerakan tubuh atau keluyuran sejenak disela-sela pekerjaan.

    Salam sukses dari kami. Sempatkan mampir untuk cek koleksi furniture kantor.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara