Bagaimana Agar Siswa Berprestasi Di Sekolah?

Berprestasi di sekolah - Seringkali banyak alasan yang dikemukakan untuk mereka yang iri dengan teman yang selalu berprestasi seperti "wajar jika dia pinter kan di selalu les privat" atau "orang tuanya kan dosen wajar kalau dia dapat ranking terus", ataupun "dia kan anak orang kaya jadi wajar jika dia pinter, kan dia dapat fasilitas banyak". Banyak alasan yang keluar untuk mengomentari mereka yang selalu berprestasi disekolah, bukannya menjadikan contoh atau motivasi bagi diri untuk meniru prestasi mereka.

Tips Berprestasi Di Sekolah
Image source: Jordans.com
Semua anak atau siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi disekolah tidak peduli status sosial orang tuanya, kaya atau miskin kondisi siswa tersebut dsb. Yang kita perlukan untuk mengejar prestasi tersebut adalah kemauan dan usaha yang lebih keras. Tidak ada suatu hal yang baik bisa didapatkan tanpa melalui proses, semangat dan kerja keras. Nah berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna untuk membantumu menjadi siswa yang berprestasi di sekolah:
  
Tips Berprestasi Di Sekolah

Antusiasme dan semangat belajar
Siswa yang antusias dengan pelajaran pelajaran yang diberikan mempunyai semangat yang lebih untuk menguasai mata pelajaran atau materi yang diberikan. Antusiasme ini akan mereka wujudkan dengan kemauan untuk selalu belajar, selalu mengulang pelajaran baik dirumah atau disekolahan, menanyakan apa yang belum mereka ketahui dan mendengarkan dengan penuh perhatian materi pelajaran yang diterangkan oleh guru. Mereka selalu mempelajari materi pelajaran bahkan untuk pelajaran yang kurang mereka sukai.

Jadilah seorang pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu.
Pemimpin yang baik akan mempelopori atau menjadi contoh yang baik bagi teman teman mereka. Jadilah pemimpin yang bertanggung jawab untuk teman temanmu. Ajak mereka untuk belajar kelompok, megerjakan tugas tugas sekolah, berdiskusi dan share mata pelajaran dsb. Melatih jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab akan mengembangkan karaktermu dan membentuk kebiasaan sebagai "leader" untuk masa depanmu kelak.

Bisa membagi waktu dengan baik
Siswa yang baik dan berprestasi selalu bisa membagi waktu dengan baik di sekolah maupun dirumah. Mereka memiliki kontrol waktu dimana mereka harus belajar, bermain, membantu orang tua, cukup istirahat dan sebagainya. Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!

Kedisiplinan
Karena bisa membagi waktu dengan lebih baik mereka akan memiliki disiplin waktu. Selalu bangun pagi dan datang tepat waktu disekolah, disiplin mengerjakan tugas tugas sekolah tanpa ada satupun yang terlewat, memiliki jadwal belajar yang rutin dsb. Sehingga waktu belajar akan mereka gunakan dengan baik, tidak hanya belajar giat ketika mepet ujian. Belajar sebagai rutinitas akan sangat baik untuk memori jangka panjang.
   
Memiliki rutinitas belajar
Belajar tidak selalu harus disekolah, kamu bisa belajar dimana saja dan dengan siapa saja. Belajar berkelompok, belajar dengan pendampingan saudara atau orang tua atau bisa les privat untuk mengembangkan kemampuan belajarmu dengan lebih baik. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.
   
Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka
Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.
   
Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

Jangan suka melakukan kebiasaan buruk
Kebiasaan kebiasaan buruk seperti terlalu banyak menonton tv, begadang, malas belajar, mencontek, belajar hanya ketika akan ujian, tidak mengerjakan tugas sekolah dsb. Kewajiban seorang siswa yang utama adalah untuk belajar. Tidak ada orang lain yang bisa mengambil keuntungan dari prestasimu, kamu sendirilah yang akan menikmatinya di masa depan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara