6 Tips Agar Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan

Belajar menyenangkan - Dengan belajar seseorang akan lebih mengetahui banyak hal, berwawasan luas dan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mau belajar. Dan ketika kualitas diri kita memiliki nilai lebih maka sangat mudah bagi kita mendapatkan apa yang kita cita citakan baik itu pekerjaan, prestasi, pendidikan yang lebih tinggi dsb. Namun untuk mendapatkan semua itu tidaklah mudah dan memerlukan proses yang panjang. Diperlukan ketekunan dan semangat terus belajar.

Tips Agar Belajar Menjadi Menyenangkan
Image source: Interedu.com.vn
Namun faktanya untuk menjadikan belajar sebagai "hobi" sangatlah susah, karena mindset kebanyakan orang adalah menghindari kesulitan dan mendekati kenyamanan. Sehingga lebih mudah mendekati kenyamanan seperti main game, bermedia sosial, bermain dan menjauhi kesulitan seperti belajar, mengerjakan tugas, membaca materi pelajaran dsb. Nah bagaimana mengubah mindset anda tentang belajar agar lebih menyenangkan, berikut tips yang bisa anda coba:

Berpikir akibatnya dan jadikan suatu keharusan
Jadikan pembelajaran sebagai suatu rutinitas dan keharusan. Ketika anda merasa bosan dengan belajar pikirkan kembali akibat akibat yang ditimbulkan jika anda tidak mau belajar seperti nilai yang buruk, tidak masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan favorit, tidak bisa meraih cita cita atau karier yang diimpikan dsb. Jadikan belajar anda sebagai motivasi, ubah mindset menjadi "Semakin saya giat belajar.... semakin dekat dan semakin terlihat cita cita saya (sebutkan).........."

Cita-cita itu seperti pom bensin. Dia akan mengisi tangki motivasi ketika anda mulai lelah dan tak bersemangat. Kekuatan cita-cita juga akan membuat anda berusaha memenuhi segala syarat untuk menggapainya. Anda pasti akan lebih bersemangat belajar matematika dan ekonomi ketika anda telah memantapkan hati untuk menjadi ekonom. Ketika anda melakukannya, hati anda akan berkata, "Aku harus menguasai ... jika ingin menjadi ..."

Cari Sisi Menarik dan positifnya
Setiap pelajaran tertentu memiliki sisi menarik dan membangkitkan minat anda untuk belajar. Sebagai contoh jika anda menyukai menggambar, menyanyi, bermain musik dsb tentu anda akan lebih bersemangat ketika pelajaran seni atau yang terkait berlangsung. Setiap pelajaran pasti memiliki sisi menariknya bagi anda. Entah dimana, letaknya bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Mulailah belajar dari bagian yang anda anggap menarik. Karena langkah awal sangatlah menentukan. Seperti saya yang langsung 'bete' dengan kimia ketika ulangan harian pertama saya mendapat nilai sangat jelek. Buatlah kesan pertama belajar anda menyenangkan, maka setelahnya akan lebih mudah.

Hubungkan dengan Hobi
Setiap orang pasti punya hobi. Aktivitas yang membuat anda senang bahkan anda anggap sebagai hiburan. Nah... Kuncinya adalah bagaimana anda membuat hobi anda sebagai sarana belajar. Anda bisa menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, membaca majalah berbahasa inggris, diskusi online di forum atau facebook, jalan-jalan sambil memperhatikan tingkah manusia dan menghubungkannya dengan teori-teori psikologi dan sosiologi, dll. Jadikan menjadi hiburan yang mendidik atau pendidikan yang menghibur.

Cari tempat yang menyenangkan
Belajar tidak harus selalu di kamar atau di meja belajar. Carilah tempat yang nyaman untuk membangkitkan mood anda untuk belajar seperti diluar rumah, di teras, di taman atau dimana saja yang membangkitkan mood anda dan membuat anda nyaman untuk belajar.

Belajar berkelompok atau dengan teman anda
Ketika anda belajar sendiri anda akan kesulitan ketika harus mengerjakan tugas yang belum anda ketahui. Dengan belajar berkelompok tidak hanya akan membuat susasana lebih tidak membosankan dan anda bisa saling bertukar ide atau gagasan, saling berdiskusi tentang suatu pelajaran, saling membantu dan memecahkan persolan yang anda anggap sulit dan memecahkannya bersama.

Buatlah kenyamanan untuk belajar
Rasa nyaman saat belajar tentu akan meningkatkan mood untuk belajar. Buatlah suasana senyaman mungkin untuk membuat anda lebih fokus, berkonsentrasi dan meningkatkan mood anda seperti sambil mendengarkan musik (yang tidak terlalu berisik dan mengganggu konsentrasi belajar), menyemprotkan wewangian favorit anda di tempat dimana anda belajar, atau dimana saja yang membuat anda merasa nyaman.

Orang yang ingin belajar adalah orang ingin maju. Jangan sia-siakan waktu anda untuk berleha-leha hanya karena 'cap' membosankan yang tertempel di benak anda tentang belajar. Termasuk penyimpitan makna bahwa belajar itu haruslah di sekolah. Bahkan, waktu libur untuk siswa adalah waktu yang tepat untuk belajar. Belajar hal-hal yang di sekolah tidak dipelajari. Anda bisa pilih atau membuat aktivitas belajar anda sendiri

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara