sponsored ads

5 Tips Menghadapi Guru Yang Terkenal Galak & Keras

Posted By : Posted on - 7:02:00 AM with 1 comment

Setiap karakter guru di setiap lembaga pendidikan baik sekolahan maupun instansi pendidikan lainya tentu berbeda cara mendidik siswa- siswinya. Semua sekolah pasti memiliki guru yang berkaraker berbeda seperti periang, ramah, dan ada juga guru yang dikenal "galak", keras dan paling di takuti oleh banyak murid/siswa. 

Nah guru dengan karakter keras inilah yang sering populer di sekolah karena karakternya yang keras, galak, terkenal "angker dan menyeramkan". Maka tidak mengerankan jika kebanyakan siswa akan berpikir 2 kali untuk tidak mengerjakan tugas yang diberikan.

Guru
Tips menghadapi guru yang galak / keras
Lalu bagaimana cara menghadapi guru yang terkenal keras & galak tersebut? Berikut tips-tips untuk menghadapi guru galak di sekolah:

Berpikir positif dan rasional

Setiap guru pasti memiliki metode yang berbeda untuk mendidik siswa- siswinya, dan setiap metode yang digunakan pasti merujuk pada satu tujuan yaitu agar kelak siswa -siswi didiknya sukses dengan nilai yang baik. Sekalipun mereka terkenal galak dan menyeramkan dalam mengajarkan materi tetaplah berpikir positif dan rasional, tidak ada guru yang benar benar membenci siswanya. 

Galak disekolah belum tentu galak ketika bertemu di luar lingkungan pendidikan, mungkin karakternya yang keras merupakan metode mengajarnya untuk mendisiplinkan siswa siswi didiknya.

Perbaiki diri sebagai siswa yang lebih baik

Galak dan keras hanya berlaku pada siswa atau siswi yang membandel tetapi saya yakin tidak berlaku demikian kepada siswa yang rajin, disiplin dan baik. Sekali lagi keras dan galaknya seorang guru merupakan salah metode yang mereka terapkan untuk mendisiplinkan siswa didiknya. 

Jadi jika anda siswa yang membandel, sering tidak mengerjakan tugas, sering membolos wajar saja jika anda selalu kena marah dariguru tersebut, namun hal ii tentunya tidak berlaku jika anda murid yang rajin, patuh dan disiplin.

Lebih sering berbuat kebaikan kepada guru tersebut

Kerasnya batu tetap akan berlubang jika ditetesi air terus menerus, demikian juga berlaku untuk guru yang berkarakter keras dan galak. Mereka tetap akan luluh denga perbuatan baik yang anda lakukan. 

Beberapa contoh perbuatan baik yang bisa anda lakukan sebagai siswa adalah membantu membawakan bahan ajar atau buku materi dari kelas ke kantor, sering berkunjung ke guru tersebut baik untuk menengok saja atau menanyakan materi yang mungkin belum anda ketahui. Intinya lakukan perbuatan baik dan guru anda akan luluh.

Berikan senyuman

Senyum tidak hanya membuat anda merasa baik tetapi juga akan menebar kebaikan dan kenyamanan orang orang didekat anda, termasuk di depan guru yang terkenal galak. Jika berpapasan dijalan atau bertemu dikelas kita harus memberi salam dengan senyum yang manis, namun dengan liat senyum kita guru tersebut akan menilai kita adalah anak yang baik dan santun, mungkin akan membalas kebaikan kita juga

Menjadi murid yang unik dalam hal positif

Dalam hal ini harus diperlukan kebiasaan atau kelebihan dari pada anak yang lain. Misalnya, selalu mendapat nilai terbaik, selalu berani menyampaikan pendapat, pandai berbicara di depan kelas, pintar, rajin mengerjakan tugas dll. Hal hal positif sebagai siswa yang kita kerjakan tentu akan membuat nilai plus di mata setiap guru termasuk guru yang dikenal galak dan keras. 

Secara tidak di sadari kita telah menarik perhatian guru tersebut dan mungkin anda akan menjadi murid yang di banggakannya.

1 comment:

  1. wah kalo dulu waktu masih jadi murid tahu ini, pasti saya bisa jadi idolanya sang guru ya hehehe

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara