5 Tips & Cara Jitu Menghadapi Kritikan

Posted By : Posted on - 9:12:00 AM with No comments

Menghadapi kritikan - Setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapat, saran, masukan maupun kritikan. Kritikan yang membangun jelas perlu kita tanggapi dengan rendah hati karena kritikan yang ditujukan akan meningkatkan kualitas diri kita untuk menjadi lebih baik.

Tips Menghadapi Kritikan Yang Disampaikan
Image source: Huffingtonpost.com
Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan atau kualitas diri. Setiap kritikan tentu mempunyai alasan, apakah kritikan membangun atau kritikan yang hanya bertujuan meruntuhkan moral tanpa disertai dengan alasan yang jelas, nah berikut adalah tips agar kita tidak selalu dikritik:

Tips Menghadapi Kritikan Yang Disampaikan

Setiap kritikan mempunyai alasan
Menurut saya pribadi, saya akan sangat berterima kasih kepada siapa saja yang mengkritik saya dengan tujuan membangun. Setiap kritikan tentu memiliki alasan yang jelas, apakah karena tindakan kita yang kurang baik, tindakan kita bisa berpotensi merugikan orang lain dsb. Kirtikan yang bersifat membangun tentu akan membuat kualitas diri kita menjadi lebih baik jika kita menanggapinya dengan baik. Bukannya kita marah karena selalu dikritik tetapi sebaliknya kita patut mengapreasi dan berterima kasih karena mereka yang mengkritik kita karena suatu alasan yang jelas berarti mereka masih mempedulikan kita.

Tanggapi kritikan membangun dan anggap angin lalu kritikan yang menjatuhkan
Seperti saya jelaskan pada poin diatas bahwa setiap kritikan pasti memiliki alasan yang jelas. Apakah itu kritikan yang membangun ataukah kritikan yang hanya menjatuhkan. Tanggapi dengan baik setiap kritikan yang membangun kualitas diri kita menjadi lebih baik dan anggap angin lalu setiap kritikan yang menjatuhkan tanpa alasan yang realistis. Orang yang bertujuan baik tentu akan mengkritik dengan alasan yang tepat sedang mereka yang hanya bisa mengkritik, mencemooh, menghina atau mengejek anggap angin lalu saja.

Ambil hikmah dari setiap kritik yang kita dapat. Kritik seringkali menampilkan banyak hal penting yang tersembunyi dari pandangan atau pikiran kita. Sebelum bereaksi terhadap kritik, sebaiknya kita menelitinya terlebih dahulu. Bila kritik itu salah, bisa diabaikan. Namun jika benar, maka bisa kita jadikan sarana penting untuk memperbaiki diri.

Memandang kritik dari sisi yang positif
Kritik pada dasarnya bisa digolongkan ke dalam dua hal, yakni yang berlandaskan maksud baik dan maksud jahat. Namun, sebagai pribadi yang merdeka, kita punya pilihan untuk memandang bahwa semua kritik tersebut dilontarkan atas maksud baik (positif). Cara pandang seperti ini sangat menguntungkan karena membuat pikiran kita lebih jernih sehingga bisa mengambil manfaat kritik dengan maksimal. Tanamkan asumsi kepada diri sendiri bahwa mendapat kritik merupakan hal yang membanggakan. Ya, kritik biasanya ditujukan kepada orang yang berkarya, orang yang melakukan apa-apa, atau orang yang menyandang status “penting”.

Sebaliknya, orang yang pasif, berdiam diri, dan tidak populer biasanya jauh dari kritik. Jadi "i agree with you" ketika kritik dilontarkan memiliki alasan dan membangun, "just go to hell" ketika kritik yang dilontarkan hanya ingin menjatuhkan mental. Baca juga cara mengkritik yang baik.

Jangan sakit hati & menyimpan dendam
Jangan biarkan diri kita hanyut dalam perasaan sakit hati dan dendam ketika mendapatkan kritik, sebab hal itu sangat merugikan diri sendiri. Kerugian tersebut ibarat membakar seluruh rumah sendiri untuk membunuh seekor tikus yang bersembunyi di balik lemari.

Gunakan cara yang asertif dalam menanggapi kritik
Cara yang asertif adalah cara yang menegaskan pendirian dan pendapat dengan yakin, jelas, tegas, dan positif. Sikap seperti itu memungkinkan kita untuk menyatakan pendapat atau kehendak dengan tegas, elegan, dan terhormat dengan tetap menjaga harga diri dan kehormatan orang lain.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara