Tips Menjaga Kejernihan, Kebersihan, Kesehatan Ikan di Akuarium

Posted By : Posted on - 10:37:00 PM with No comments

Menjaga kualitas air akuarium - Memiliki atau memelihara ikan diakuarium dirumah kita merupakan hal yang menyenangkan sekaligus mampu menyingkirkan stres setelah seharian bekerja. Ikan hias yang memiliki bermacam bentuk dan warna bisa anda pelihara di akuarium didalam rumah anda. Bisa menjadi hal yang menyeangkan ketika melihat tingkah laku ikan hias yang unik didalam akuarium.

Tips Menjaga Kualitas Air Akuarium
Img source: Wishforpets.com
Tetapi masalah yang sering kita temui saat memelihara ikan diakuarium adalah sulitnya menjaga kualitas air akuarium agar tetap jernih dan sehat untuk ikan hias didalam akuarium. Kualitas air yang kotor dalam akuarium akan menyebaban berbagai masalah kesehatan pada ikan termasuk tumbuhnya jamur yang menyerang kulit ikan hias, sehingga ikan akan mudah mati. Untuk itu diperlukan tips untuk menjaga kualitas air agar air dalam akuarium tetap bersih, jernih dan sehat untuk kehidupan ikan hias di akuarium.

Tips Menjaga Kualitas Air Akuarium

Kali ini saya akan berbagi sedikit tips menjaga kualitas air didalam akuarium, dan berikut adalah tips agar kebersihan, kejernihan dan kualitas air diakuarium tetap terjaga:

Menggunakan filter air
Fungsi utama filter air di akuarium adalah untuk menyaring kotoran didalam air sehingga air tetap jernih dan tidak kotor. Filter air akuarium banyak tersedia di toko atau kios ikan hias. Nah minimal bersihkan material penyaring didalam filter air ini 2 minggu sekali dengan mencucinya.

Menggunakan arang penjernih air
Anda juga bisa menggunakan arang kayu hasil pembakaran digunakan didalam filter air yang akan membantu menjernihkan air sekaligus menyaring kotoran. Ambil arang kayu cuci terlebih dahulu agar arang bersih dari debu dan tempatkan potongan potongan kecil arang ini didalam filter akuarium. Partikel partikel dalam arang kayu yang disebut juga sebagai karbon aktif akan membantu menyerap kotoran, jamur dan material lain yang membuat air akuarium kotor dan tidak sehat untuk kehidupan ikan hias.

Menggunakan pembersih alami
Ikan sapu-sapu merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis yang termasuk dalam famili Loricariidae. Ikan ini dikenal sebagai pemakan alga/"lumut" dan sangat populer sebagai ikan pembersih akuarium. Ikan ini nyaris dapat hidup bersama dengan ikan akuarium apa saja dan membantu menjaga kebersihan akuarium karena ikan ini akan memakan lumut, alga, kotoran, sisa sisa pakan ikan hias, sisik ikan dan jelas hal ini akan membantu kualitas air di akuarium terjaga kebersihannya.

Pemberian obat khusus
Obat obatan khusus ini akan membantu kualitas air tetap terjaga dan membantu menjaga kesehatan ikan hias di akuarium anda. Obatan tersebut dapat anda beli di toko / kios ikan hias dan beberapa contoh obat tersebut adalah:

Garam ikan
Garam ikan hampir sama seperti garam umumnya, perbedaanya adalah garam untuk ikan ini tidak ditambah unsur lain seperti yodium melainkan murni Nacl saja. Garam ikan berfungsi sebagi suplemen ikan dan penghilang (penetralisir) kuman atau bibit penyakit didalam air. Garam ikan juga membantu proses osmosis (keseimbangan cairan) agar ikan hias lebih sehat dan kebal terhadap penyakit sekaligus mempercepat penyembuhan jika ikan terkena penyakit tertentu. Yang perlu diperhatikan adalah dosis dan lamanya perawatan menggunakan garaam ikan ini.

Untuk suplemen seperti dikutip dari situs O-fish.com gunakan 1-2 sdt /4 liter atau 0,1-0,2 % dari banyaknya air di akuarium.

Metil blue
Metil blue merupakan obatan yang populer digunakan untuk mencegah dan mengobati white spot, jamur dan penyakit lain yang diakibatkan oleh bakteri. Untuk dosis pemberian metil blue ini bisa dilihat pada kemasan produk tersebut.

Jangan terlalu banyak aksesoris didalam akuarium
Memiliki banyak aksesoris dalam akuarium memang akan semakin membuat akuarium terlihat lebih menarik, tetapi aksesoris yang terlalu banyak justru akan membuat banyak kootoran dan debu melekat pada aksesoris akuarium tersebut sehingga air mudah kotor dan keruh. Belum lagi untuk membersihkannya dibutuhkan waktu yang lama.

Perawatan yang tepat
Beberapa perawatan yang tepat untuk ikan hias di akuarium yang berpengaruh terhadap kualitas air di akuarium  beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jangan memberikan makan ikan terlalu banyak, karena sisa sisa makanan tersebut akan membuat air mudah kotor atau keruh dan juga menimbulkan berbagai penyakit.
  • Periksa kesehatan ikan hias, jika ditemukan ikan berpenyakit atau mati segera buang atau pindahkan.
  • Teratur membersihkan filter air akuarium
  • Cek pH dan kandungan garam (jika menggunakan air laut) dan segera atasi jika ada yang diluar batas normal.
  • Teratur membersihkan akuarium dan perlengkapannya maksimal 1 bulan sekali dan ganti menggunakan air bersih baru.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara