Cara Membuat Penangkal & Pengusir Nyamuk Alami

Ketika pergantian musim dan musim penghujan biasanya akan banyak sekali nyamuk memasuki rumah kita. Karena pada saat saat tersebut nyamuk bereproduksi dan mulai bertelur. Mereka akan bertelur pada genangan air seperti air tidak terpakai, got, air hujan dalam wadah disekitar rumah, tampungan air dsb. Seperti dikutip dari situs Wkipedia bahasa Indonesia nyamuk adalah serangga penghisap darah tergolong dalam order Diptera, terdapat sekitar 35 genera yang termasuk kedalam 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali panjang tubuh melebihi 15 mm. Dari beberapa spesies nyamuk beberapa diantaranya terbukti mampu menularkan penyakit yang dibawanya ke tubuh hewan atau manusia yang digigitnya.

Cara Membuat Penangkal & Pengusir Nyamuk Alami

Sebagian nyamuk mampu menyebarkan penyakit protozoa seperti malaria, penyakit filaria seperti kaki gajah, dan penyakit bawaan virus seperti demam kuning, demam berdarah dengue, encephalitis, dan virus Nil Barat. Beberapa contoh jenis nyamuk yang menyebarkan penyakit adalah sebagai berikut:

Anopheles gambiae adalah paling terkenal akibat peranannya sebagai penyebar parasit malaria
Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Selain dengue, A. aegypti juga merupakan pembawa virus demam kuning (yellow fever), chikungunya, dan demam Zika yang disebabkan oleh virus Zika.
Jenis filariasis (kaki gajah) disebabkan oleh Mansonella perstans dan Mansonella ozzardi, yang menghuni rongga perut. Semua parasit ini disebarkan melalui nyamuk atau lalat pengisap darah.
Dll

Banyak sekali penyakit yang disebarkan oleh gigitan nyamuk ini sehingga sangat penting untuk mencegah nyamuk memasuki rumah anda. Memang banyak sekali spray (alat semprot penolak nyamuk) atau lotion yang beredar dipasaran sebagai penolak dan pengusir nyamuk. namun dari banyaknya produk pengusir nyamuk dipasaran banyak mengandung bahan kimia beracun DEET (dietil-m-toluamida). Nah untuk melindungi keamanan dalam menggunakan produk penangkal dan pengusir nyamuk, anda perlu mencoba bahan bahan alami yang terbukti mengusir nyamuk namun aman digunakan. Berikut saya akan berbagi sedikit tips membuat dan menggunakan bahan alami untuk penangkal dan pengusir nyamuk alami.

Tanaman Alami Pengusir & Penangkal Nyamuk

Terdapat beberapa tanaman yang terbukti dapat dapat menangkal nyamuk, coba tanam jenis tanaman berikut ini atau gunakan sarinya untuk penangkal gigitan nyamuk agar rumah anda terbebas dari serangga penghisap darah ini. Beberapa tanaman tersebut adalah:

  • Marigold
  • Ageratum
  • Geranium
  • Rosemary
  • Catnip
  • Citronella/Minyak Sereh
  • Tansy
  • Kemangi
  • Lavender

Bahan alami penangkal dan pengusir nyamuk

Penangkal & pengusir nyamuk 1
Bahan:
  1. Minyak lemon
  2. Minyak eucalyptus/ bisa menggunakan minyak bunga matahari atau Witch Hazel

Campurkan minyak lemon, eucalyptus atau minyak biji bunga matahari / witch hazel dengan perbandingan 1:1. Menggosok atau semprot pada kulit. Bahan alami ini mampu menangkal kulit anda dari gigitan nyamuk.

Penangkal & pengusir nyamuk 2
Bahan
  1. 15 tetes minyak esensial lavender
  2. 3-4 sdm ekstrak vanili
  3. 3-4 sendok makan jus lemon suling

Tuangkan 3 bahan tersebut dalam botol semprot anti nyamuk dan aduk. Semprot pada kulit, pakaian atau ruangan dirumah anda maka hal ini akan mencegah nyamuk mendekati anda dan ruamh anda.

Penangkal & pengusir nyamuk 3
Bahan
  1. alkohol 3,5 sdm
  2. baby oil 3.5 sdm atau jenis lain dari minyak (almond, wijen, chamomile, lavender, adas dll)

campurkan baby oil atau minyak esensial lain dalam alkohol dan biarkan meresap selama empat hari, aduk setiap pagi dan sore. Setelah 4 hari, saring alkohol ke dalam botol semprot dan semprotkan ke kulit atau pakaian

Penangkal & pengusir nyamuk 4
Bahan
  1. 6 sdm oz witch hazel
  2. 2 sdm minyak jarak
  3. 5 tetes kayu manis
  4. 15 tetes minyak kayu putih
  5. 15 tetes minyak sereh

Campurkan semua bahan dalam botol semprot pastikan untuk kocok sebelum digunakan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara