Cara Agar Gelas Tidak Pecah & Retak Saat Dituang Air Panas

Gelas merupakan salah satu peralatan yang banyak digunakan dalam perlengkapan dapur dan biasanya digunakan sebagai wadah atau tempat untuk menuangkan minuman. Nah kali ini saya akan akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana merawat gelas (kaca) agar awet tidak mudah retak atau pecah ketika dituang air panas. Seringkali gelas kaca akanmudah sekali retak atau pecah ketika dituang air panas, hal ini disebabkan suhu panas mendadak yang diterima kaca sehingga kaca tersebut akan mudah rusak ini ditandai adanya retak atau pecah.

Gelas Tidak Pecah & Retak Saat Dituang Air Panas

Gelas merupakan perlengkapan yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan makan dan minum. Biasanya orang makan menggunakan piring dan minum menggunakan gelas. Dalam pemakiaannya gelas kadang digunakan untuk air panas, kadang digunakan untuk air dingin. Nah, jika anda pernah mengalami gelas retak atau mudah pecah dan tidak terjadi hal yang sama untuk kedua kali, baca tips-tips berikut ini :

Gelas Tidak Pecah & Retak Saat Dituang Air Panas

Teliti sebelum membeli
Hal ini memang benar adanya, tidak semua gelas kaca memiliki kualitas bagus baik dari segi bahan yang digunakan maupun proses pembuatannya. Lihat, jikalau ada guratan, atau retakan yang sudah terjadi/terbentuk di gelas jangan dibeli karena, segala retakan akan membuat gelas kaca cepat pecah. Raba permukaa gelas. Halus atau kasar, tebal atau tipis? Gelas yang bagus (kekuatannya) adalah gelas yang halus, rata, dan tebal.

Ketika membeli gelas baru jangan langsung digunakan
Gelas yang baru dibeli atau masih baru seringkali mudah retak atau mudah pecah saat digunakan pertama kali ketika dituangkan air panas. Tips agar gelas kaca tidak mudah retak atau pecah maka sebelum digunakan rebus dahulu gelas ke dalam panci lalu masukkan air sampai seluruh permukaan gelas terendam oleh air, rebuslah gelas selama satu sampai dua jam kemudian diamkanlah  sampai dingin dengan sendirinya, tujuan dari merebus adalah agar gelas kita beradaptasi dengan suhu panas, untuk cara yang kedua ini cukup efektif, menurut pengalaman saya gelas-gelas yang sudah direbus tidak akan pecah saat dituang air panas.

Penuangan air panas dalam gelas
Sendok perak/logam, adalah penghantar panas yang baik, sementara gelas adalah penghantar panas yang buruk. Pada saat air panas mengenai gelas, gelas akan “mengalirkan” panas secara tidak merata ke seluruh permukaannya, dan “pemuaian” yang tidak seragam ini menyebabkan gelas mencadi retak dan pecah. Untuk gelas yang tebal prosesnya lebih lama, tapi tetap akan terjadi hal yang sama jika terus menerus dituang air mendidih. nah anda bisa mencoba tips ini agar gelas tidak mudah retak atau pecah yaitu dengan menuangkan air panas melalui sendok yang sudah dimasukkan kedalam gelas (tidak langsung ke dalam gelas) itu berarti air panas mengalir melalui sendok sebelum langsung kegelas.

Cara lain adalah jika anda penyuka kopi, teh atau gula maka tuang air panas kebahan tersebut dalam gelas tidak langsung mengenai sisi gelas, bahan bahan tersebut akan menstimulasi panas sebelum mengenai kaca gelas, sehingga gelas kaca tidak "kaget" dengan suhu panas mendadak dari air yang terlalu panas.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara