Tips Aman Memilih Pencuci Wajah & Cara Tepat Pemakaiannya

Posted By : Posted on - 10:49:00 AM with No comments

Untuk perawatan kulit maka hal utama yang diperhatikan adalah kebersihan kulit wajah, karena wajah merupakan hal pertama yang dilihat seseorang ketika memandang kita. Kulit wajah yang kurang terjaga kebersihannya seringkali menimbulkan masalah kesehatan kulit wajah seperti jerawat, kulit berminyak, hiperpigmentasi kulit, flek hitam, kusam dan masalah kesehatan kulit wajah lainnya. Masalah kesehatan pada kulit wajah tentunya akan menyebabkan penampilan menjadi kurang menarik tentunya, untuk itu perlu selalu dijaga kebersihan wajah secara teratur.

Untuk menjaga kebersihan kulit pada wajah salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mencuci wajah anda secara teratur minimal sehabis bepergian, sebelum tidur dan saat bangun dipagi hari. Mencuci wajah disaat saat tersebut membantu menjaga kebersihan kulit wajah khususnya dari sisa sisa kotoran, polusi, minyak berlebih dan sisa sisa make up. Saat mencuci wajah pastinya diperlukan sabun pencuci wajah yang akan membantu mengangkat kotoran, sisa berminyak dan sisa kosmetik di pori pori kulit wajah.

Sabun pencuci wajah tidak semuanya bagus untuk semua jenis kulit wajah, penggunaan sabun pencuci wajah yang tidak tepat justru bisa menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat dan produksi minyak yang tidak terkontrol. Untuk itu perlu diperhatikan hal hal berikut yang akan membantu anda menemukan sabun pencuci wajah yang aman dan tepat untuk membersihkan kulit wajah anda.

tips memilih pencuci wajah yang tepat


Sabun Cuci Aman & Cara tepat Pemakaiannya

Pastikan sabun pencuci wajah tepat untuk jenis kulit wajah anda

Idealnya jenis kulit wajah terbagi menjadi 3 jenis yaitu, kulit wajah normal (Normal skin), kulit waah berminyak (oily skin) dan kulit wajah kering (dry skin). Identifikasi atau kenali jenis kulit wajah anda dan pastikan anda memilih sabun pencuci wajah dengan tepat

Kulit normal (normal skin)
Pada kulit normal biasanya bisa menggunakan sabun pencuci wajah jenis apapun karena dari segi kelembapan, produksi minyak dan ketahanan kulit dalam keadaan normal.

Kulit berminyak (oily skin)
Kulit wajah jenis ini ditandai dengan kulit dengan produksi minyak berlebih sehingga tampak mengkilap dan lengket. Pilih sabun pencuci wajah dengan level keasaman kulit (pH) yang rendah (acidic) untuk membantu memudahkan pengontrolan produksi minyak pada kulit wajah.

Kulit kering (dry skin)
Kulit kering disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada kulit sehingga kulit tampak kusam dan kering. Pilihlah sabun pencuci wajah yang tidakmengandung alkohol atau alcali. Bahan kimia ini justru akan membuat wajah anda semakin kering.

Pilih sabun pencuci wajah yang halus dan berbusa banyak
Menghilangkan kotoran pada kulit wajah bukanlah bagaimana menggosok kuat wajah anda agar kotoran terangkat dari pori pori kulit, karena hal itu akan menyakiti kulit wajah anda. Dengan memilih sabun pencuci wajah yang berbusa banyak dan halus diharapkan mampu masuk kepori pori kulit, mengangkat dan membersihkan kotoran dengan lebih baik.

Gunakan air hangat dan air dingin saat mencuci wajah
Sebelum menggunakan sabunpencuci wajah lebih baik gunakan air hangat suam suam kuku, hal ini bertujuan untuk membantu pori pori kulit lebih terbuka dan dengan demikian akan memudahkan sabun pencuci wajah mengangkat dan membersihkan kotoran dari kulit wajah. Dan selanjutnya gunakan air dingin untuk membasuh busa pada kulit wajah, dengan air dingin membantu menutup pori pori kulit dan dengan demikian pori pori kulit wajah anda akan kelihatan lebih kecil.

Pilih sabun pencuci muka yang sedikit beracid (pH 5.5)
Pilihlah sabun pencuci muka yang memiliki pH atau tingkat keasaman yang hampir sama dengan pH kulit kita yaitu sekitar 5.5. Lihat pada label kemasan.

Pilih sabun cuci muka yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya
Seperti dikutip dari sumber terpercaya yaitu American Academy of Dermatology menyebut bahwa bahan bahan kimia yang sering terdapat pada produk perawatan kulit sangat berbahaya untuk kulit jika digunakan dalam jangka panjang. Jadi jangan memilih produk pencuci wajah yang mengandung bahan kimia seperti dibawah ini dengan melihat komposisi bahan pada kemasannya:

  • Paraben
  • Imidazolidinyl Urea
  • Quaternium -15
  • DMDM hydantoin
  • Phenoxyethanol methylchloroisothiazolinone
  • Formaldehyde

Gunakan sabun pencuci wajah jangan sabun untuk badan
Sabun pencuci wajah akan dibuat atau diproduksi sesuai kondisi kulit wajah, sedangkan kulit wajah termasuk jenis kulit yang sensitif. Gunakan sabun cuci wajah yang tepat bukan sabun cuci wajah yang untuk membersihkan badan.

Gunakan produk yang menyegarkan setelah membersihkan wajah
Setelah mencuci wajah bilas wajah menggunakan handuk kering yang halus. Anda bisa memakai toner, pelembap (moisturizer) maupun krim malam yang akan membantu kelembapan kulit lebih lama.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara