Cara Meningkatkan Ranking Hasil Pencarian Blog /Website

Siapapun bisa menulis posting blog atau web yang baik dan berkualitas, namun itu saja tidak cukup untuk menaikkan peringkat blog atau web di peringkat mesin pencarian (SERP). Memang posting artikel untuk web dan blog akan terindeks di mesin pencarian secara otomatis, namun belum tentu artikel yang anda publikasi akan "nangkring" di posisi atas hasil pencarian. Membutuhkan usaha atau teknik tertentu agar posting blog atau website anda berhasil menembus peringkat teratas mesin pencari atau minimal berada di halaman 2 atau 3.

Dengan hasil pencarian di halaman teratas di mesin pencari maka kemungkinan artikel atau posting yang anda publikasikan semakin berpeluang besar dibaca banyak orang, coba anda bayangkan bagaimana orang akan menemukan artikel anda jika posting artikel anda tampil di halaman belakang atau terbawah dari hasil pencarian, tentu akan semakin sedikit peluang artikel anda terbaca. Dengan hasil teratas hasil pencarian i mesin pencari juga akan meningkatkan lalu lintas pengunjung oraganik. Apa itu lalu lintas pengunjung organik dan apa gunanya?

Meningkatkan Ranking Hasil Pencarian

Pengunjung organik adalah pengunjung yang datang ke blog anda melalui mesin pencari dengan mengetikkan keyword terkait yang mereka cari, lalu apa gunanya? Jelas sangat bermanfaat, bagi anda yang menggunakan blog atau web anda sebagai blog monetize (penghasil uang) baik jualan atau Adsense maka peluang untuk menghasilkan uang dengan menjual atau klik iklan semain besar karena , semakin banyak pengunjung yang membaca posting anda maka semakin besar peluang penjualan anda atau semakin besar peluang pengunjung untuk mengklik iklan anda.

Lalu bagaimana cara agar blog atau web posting anda bisa berhasil menembus hasil teratas hasil pencarian? Saya tidak akan menulis hanya pengamatan saya saja, namun saya akan menulis bagaimana cara meningkatkan hasil pencarian menurut sumber SEO yang terpercaya seperti Danny sullivan (pendiri search engine watch dan penulis search engine land), Vannesa fox ((Programer sekaligus Conceptor Google Webmaster sentral) & Matt Cutts (Kepala tim penanggulangan spam Google). Nah berikut adalah ringkasan dari para sumber tokoh SEO terkemuka tersebut tentang bagaimana cara meningkatkan Ranking SEO untuk hasil pencarian teratas:

Meningkatkan Ranking Hasil Pencarian

Publikasikan konten yang unik & relevan
Konten yang unik merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan ranking di halaman mesin pencari. Tidak hanya bagi mesin pencari para pengguna (pembaca) pun akan menyukai konten artikel yang unik beda dari yang lain. Coba anda bayangkan anda mencari sebuah konten di blog atau web tapi isinya sama saja dengan blog blog yang lain bahkan sama persis jadi jenuh bukan? Apakah suatu saat nanti anda akan kembali membaca blog  itu lagi? Tentu jawabanya tidak apalagi konten artikel tidak relevan dengan tema blog.

Kualitas konten adalah "bahan bakar" utama sebuah blog atau web menuju rank yang lebih tinggi pada halaman mesin pencari. Bagi para penulis blog atau web profesional, pembuatan kualitas konten dibuat khusus untuk pengguna dimaksudkan meningkatkan lalu lintas situs, yang meningkatkan otoritas situs dan relevansi.

Identifikasi frase kata kunci untuk setiap halaman. Pikirkan tentang bagaimana pembaca Anda mungkin mencari halaman tertentu dengan kata kunci yang mungkin terkait. Kemudian, mengulangi kata kunci ini beberapa kali di seluruh halaman dalam pembukaan dan penutupan paragraf, dan dua sampai empat kali sepanjang konten yang tersisa. Jangan lupa untuk menggunakan huruf tebal, miring, pos tag, dan tag penekanan lain untuk menyoroti frase kata kunci, tapi jangan berlebihan. Kata kunci yang tepat dan relevan akan sangat baik untuk hasil pencarian, namun jika penggunaannya dilakukan secara berlebihan justru hal ini akan menjadi boomerang.

Intinya penulisan artikel yang baik, unik dan relevan yang bertujuan meningkatkan rank mesin pencari dan meningkatkan lalu lintas pengunjung adalah jangan pernah mengorbankan tulisan yang baik untuk SEO. Buatlah konten blog atau web yang baik untuk pengguna bukan untuk mesin pencari.

Perbarui konten Anda secara teratur
Konten yang anda publikasikan secara teratur di blog atau website anda hal ini akan berpengaruh besar terhadap hasil pencarian di mesin pencari. Mengupdate konten artikel secara teratur dengan konten yang unik, original, berkualitas dan relevan akan memberikan penilaian positif terhadap mesin pencari. Indikator terbaik dari relevansi sebuah situs adalah dengan memperbaharui konten secara teratur.

Penerapan metadata yang tepat
Ketika merancang sebuah website, setiap halaman berisi ruang antara <head> tag untuk memasukkan metadata, atau informasi tentang isi dari halaman Anda. Beberapa tag data ini jika anda isi dengan benar maka sangat berpengaruh terhadap hasil halaman pencarian mesin pencari. Beberapa metadata tersebut adalah:

Judul Metadata
Judul metadata bertanggung jawab untuk judul halaman yang ditampilkan di bagian atas jendela browser. Ini adalah metadata yang paling penting pada halaman Anda. Bagi mereka dengan situs CMS, tim web telah mengembangkan sistem otomatis untuk menciptakan meta judul untuk setiap halaman web. Pada blog ini merupakan judul blog anda, dan untuk kode html di blogspot selalu diawalai dengan <title> dan diakhiri dengan </title> jadi bentuknya akan seperti <title><data:blog.pageTitle/></title>. Judul ini aan dianggap mewakili keseluruhan dari konten blog atau web yang anda buat.

Deskripsi Metadata
Deskripsi metadata adalah deskripsi tekstual yang berisi secara singkat apa isi halaman blog atau web anda. Anggap saja sebagai display-jendela deskripsi singkat dan menarik dari apa yang terkandung dalam, dengan tujuan mendorong orang untuk masuk. Nah sebagai contoh saja untuk blog ini bentuknya seperti ini, <meta expr:content='&quot; Blog informasi seputar Tips &amp; Cara &quot;' name='description'/>

Keyword Metadata
Keyword metadata atau tag kata kunci adalah frase jenis kata kunci yang para pengguna ketikkan untuk menemukan halaman Anda melalui hasil pencarian mesin pencari. Anda bisa memasukkan berbagai frasa kata kunci yang tepat yang dianggap mewakili keseluruhan konten blog anda. Namun, jangan serakah, jika Anda memasukkan kata kunci secara berlebihan, browser dapat benar-benar mengabaikan data. Sebagai aturan umum, cobalah untuk tetap sekitar 6-8 frase dengan setiap frase terdiri dari 1-4 kata. Dan sebagai contoh saja untuk blog ini bentuknya seperti, <meta expr:content='&quot; Tips, Cara, Trik, Blog, Kesehatan, Komputer, Internet, bisnis, &quot;' name='keywords'/>

Memiliki tautan link yang tepat
Ciptakan link yang relevan dalam teks. inbound link harus terkait dengan konten yang saling berkaitan dengan konten blog. Kaya dengan kata kunci dan akan meningkatkan peringkat mesin pencari serta peringkat halaman Anda terhubung ke, namun harus diingat sekali lagi, jangan berlebihan.

Menggunakan tag alt
Selalu menggambarkan media visual dan video Anda menggunakan tag alt, atau deskripsi teks alternatif. Mereka memungkinkan mesin pencari untuk menemukan halaman Anda, yang sangat penting-terutama bagi mereka yang menggunakan browser teks saja. Penting untuk diingat bahwa mesin pencari tidak mengenali sebuah gambar jika anda tidak memberinya tag alt, yang merupakan deskripsi singkat dari sebuah media baik gambar maupun video yang anda publikasikan.

2 comments:

  1. terimakasih atas ilmunya gan, masih baru mau terjun dunia blogger ne gan, mohon saran dari kalian2 yg senior :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, terutama bagi saya blogger yg masih newbie

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara