Cara Menghafal (Mengingat) Lebih Mudah & Cepat

Posted By : Posted on - 1:07:00 AM with No comments

Sangat sulit untuk menghafal atau mengingat sesuatu hal dengan cepat. Kebanyakan dari kita akan mengalami kesulitan menghafal sesuatu dengan cepat, kebanyakan dari membutuhkan pengulangan 2-3 kali bahkan lebih untuk benar benar bisa mengingat atau menghafal materi yang diberikan dan dapat terserap oleh otak. Untuk dibutuhkan teknik, latihan dan cara bagaimana memudahkan menghafal dan mengingat sesuatu dengan lebih cepat.

Cara Menghafal (Mengingat) Lebih  Mudah & Cepat

Menurut Lifehacker.org perlu banyak latihan yang diperlukan untuk bisa menghafal dan mengingat sesuatu dengan lebih cepat. Dan ada 3 kategori bagaimana cara menghafal dan mengingat sesuatu hal yaitu diantaranya :

  • Metode auditorial : Menghafal dan memahami suatu informasi melalui pendengaran.
  • Metode visual : Menghafal dan memahami suatu informasi melalui penglihatan.
  • Metode Practice : Menghafal dan memahami suatu informasi melalui pengalaman (melakukan sesuatu dengan materi).

Sebagian besar dari kita akan mengingat dan menghafal paling sedikit menggunakan dua kategori ini, dan seperti ditulis Jon Negroni dalam web Lifehacker akan menunjukkan langkah mana yang paling menguntungkan untuk gaya belajar yang paling menyenangkan sehingga Anda dapat mulai untuk menghafal sesuatu dengan cepat dan efisien. Berikut adalah beberapa langkah yang universal untuk menguasai seni mengingat sehingga Anda dapat mulai menghafal dalam waktu singkat.

Teknik Menghafal dan mengingat dengan cepat

Mnemonic
Mnemonic adalah teknik cara menghafal yang bersifat abstrak. Jadi teknik menghafal yang satu ini dengan mengubah sebuah kata yang abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita bayangkan. Teknik sistem Mnemonic dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu :

Sistem gambaran: teknik menghafal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut kedalam sesuatu yang bersifat nyata. Beberapa contohnya adalah:
Jakarta - akan lebih mudah kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.
Yogyakarata - akan lebih mudah diingat dengan menggambarkannya sebagai Candi prambanan ataupun Malioboro
Gembira - akan lebih mudah diingat dengan menggambarkan kegembiraan sebagai tertawa.

Sistem persamaan bunyi adalah suatu teknik menghafal informasi berdasarkan pada bentuk persamaan bunyinya. Contoh sistem persamaan bunyi :

Irak - akan dapat lebih mudah di ingat jika kita mengingatnya dengan kata rak
Singapura - akan dapat lebih mudah di ingat dengan cara mengingat kata singa

Memory / Brain exercise
Sebenarnya otak manusia itu seperti halnya otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot itu tersebut akan bertambah kuat. Begitupun dengan otak yang kita asah,  apabila kita rajin mengolah dan mengasah informasi pada otak kita, maka sudah pasti otak kita pun akan terbiasa dapat mengingat dan menghafal sesuatu informasi dengan lebih tepat dan cepat. Beberapa latihan yang dapat membantu memperkuat daya ingat adalah bermain game strategi, mengisi TTS, dll.

Story System
Story system adalah teknik mengingat informasi menggunakan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya untuk dijadikan sebuah cerita.

Contoh Story system :
Misalnya saja, ada beberapa kata yaitu  awan - burung - baju - coca cola - gunung - pistol - buaya - pohon - kawah - kelinci

Pasti anda kesulitan untuk menghafalkan kata-kata tersebut. Teknik kali ini lah yang dapat memudahkan anda dalam menghafalkan semuanya, anda bisa menggunakan cara menghafal story sistem ini, caranya adalah dengan menggabungkan kalimat tersebut menjadi sebuah cerita.

Lihat ini :
Burung memakai baju terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah. Dengan cara membayangkan seperti itu, anda akan menjadi lebih mudah untuk menghafalkannya.

Relation system
Relation sistem adalah teknik mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara terikat. Relation sistem ini sering digunakan untuk menghafal sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama (sungai dan provinsinya), (nama negara dan ibu kotanya), dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara