7 Cara Memilih Durian Matang & Berkualitas

Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai buah durian, termasuk saya sendiri hehehehe... Menurut situs Wikipedia bahasa Indonesia menyebut Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya. Bahkan karena baunya yang menyengat beberapa maskapai penerbangan, angkutan darat dan kapal penumpang tidak mengizinkan buah ini masuk dalam daftar bawaan.

Saya sendiri sangat gemar dengan buah yang satu ini sehingga ketika musim buah ini panen saya akan berburu ke manapun diadakan festival durian ini bahkan sampai ke petani petani durian dengan teman ataupun keluarga. Saat membeli langsung ke petani tentu harganya jauh lebih murah daripada di pedangang buah atau festival. Buah durian mengandung alkohol alami yang menyebabkan badan panas atau kepala pusing jika terlalu banyak makan buah ini, tapi tenang saja ada tips alami yang bisa anda lakukan ketika kepala anda mulai pusing.

Cara Memilih Durian Matang & Berkualitas

Menurut banyak cerita yang berkembang di masyarakat (urban legend), Durian dianggap sebagai makanan yang panas, dan sehabis makan durian biasanya tubuh akan berkeringat. Cara yang umum digunakan untuk mengatasinya adalah dengan menuangkan air tawar pada bagian kulit buah yang telah kosong, lalu diminum. Selain itu, musim durian biasanya terjadi bersamaan dengan musim manggis, yaitu buah yang dianggap mendinginkan badan. Dengan demikian, kedua buah kemudian dimakan bersama-sama.

Secara ilmiah, klaim-klaim di atas tidak pernah dibuktikan. Kemungkinannya ialah karena kandungan nutrisi durian yang padat, orang yang makan durian sering makan kebanyakan sehingga akhirnya mengalami kenaikan tekanan darah. Hal tersebut merupakan reaksi yang alamiah jika terlalu banyak memakan makanan apapun. Nah kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara memilih durian yang berkualitas tinggi, berdaging buah tebal dan tentu rasa manis yang saya dapat daripara petani durian langganan saya.

Cara Memilih Durian Matang & Berkualitas

Abaikan warna buah
Warna buah tidak selalu membuktikan daging buah yang berkualitas, tebal maupun manis. Pedagang yang tidak jujur biasanya akan menyimpan dahulu buah yang jatuh dini (jatuh sebelum waktunya) dan menyimpannya agar buah kelihatan lebih kuning (kelihatan matang). Ikuti tips tips yang saya sebutkan dibawah ini karena memang warna luar buah tidak selalumenjamin kualitas daging buah.

Pilih tangkai durian yang masih segar dan pendek
Kesegaran buah dapat ditentukan dari tangkainya. Apabila buah telah jatuh dari pohon, tangkainya akan mulai mengering. Penjual yang tidak jujur akan mencoba untuk membalut atau mengecat tangkai untuk menghalangi pembeli mengenali kesegarannya. Penjual yang kurang pintar mungkin malah akan membuang tangkai durian. jadi pastikan untuk memilih durian yang memiliki tangkai yang masih basah hal ini akan mempengaruhi kesegaran buah durian itu sendiri.

Tangkai yang panjang atau pendek mempengaruhi ketebalan daging buah durian. Tangkai kecil dan panjang akan membuktikan bahwa daging durian tipis, sedang tangkai yang besar dan pendek memiliki daging buah yang tebal. Selain itu tangkai besar dan pendek akan menyalurkan karbohidrat dari batang pohon ke daging buah lebih banyak, sehingga asupan karbohidrat dalam daging buah yang bertangkai lebih besar dan pendek lebih banyak.

Dengarkan bunyi buah durian
Kebanyakan peminat menggemari buah durian yang kering dan matang. Sebuah cara mudah untuk mengetahui apakah isi durian itu kering tanpa membuka buah adalah dengan menggoncangkan buah dan merasakan getaran kecil. Isi durian yang lembap melekat pada kulit buah. Isi durian yang kering cenderung untuk berpisah dari dinding buah. Orang mestilah berhati-hati agar tidak tergores oleh duri buah durian ketika melakukan ini.

Atau anda bisa mendengarkan buah durian dengan mengetuknya dengan pisau (jika takut terluka oleh duri pada buah ini minta tolong pada penjual). Ketika bunyi seperti terendam berarti daging buah sudah matang dan siap dikonsumsi walaupun warna luar buah masih kelihatan hijau. sedang durian yang berbunyi nyaring kemungkinan daging buah belum matang walaupun penampilan luar sudah menguning.

Pilih buah durian yang masih utuh tanpa cacat
Durian mungkin diserang oleh ulat perusak yang bertelur di dalam buah yang berkembang menjadi larva. Ketika membeli buah durian pembeli harus menghindari buah yang berlubang pada kulitnyanya karena sering kali ini merupakan tanda adanya "ulat" di dalam buah. Pilihlah buah durian yang utuh tanpa lubang, selain karena faktor hama atau ulat durian yang berlubang biasanya isinya sudah busuk atau tidak segar lagi.

Pilih buah yang simetris
Durian memiliki banyak bentuk dan varian dan setiap jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri - sendiri. Nah pilihlah buah simetris (bisa bulat, oval atau lonjong sempuurna) jangan memilih buah durian yang tidak asimetris atau tidak berbentuk. Durian yang tidak memiliki bentuk sempurna (bisa cekung atau cembung) biasanya berpengaruh terhadap ketebalan daging buah.

Pilih durian berduri pendek dan harum baunya
Durian yang berkualitas tinggi (daging tebal dan rasa manis) umumnya memiliki duri buah yang endek dan jarang (tidak terlalu rapat). Buah seperti ini umumnya memiliki daging buah yang tebal, isi buah yang relatif kecil, harum dan rasa yang manis. Bau juga menentukan kematangan buah, buah yang sudah matang akan tercium sangat harum walaupun kulit buah masih tampak hijau dan tertutup rapat.

Pilih durian yang berjuring 5
Buah durian memiliki banyak jenis sehingga mempengaruhi jumlah juring (ros bahasa jawa). Buah semakin besar semakin mungkin untuk memiliki banyak juring begitu juga sebaliknya. Nah idealnya durian dengan kualitas bagus memiliki rata rata juring berjumlah 5. Jika anda masih bingung apa itu juring lihatlah garis lurus yang bisa anda lihat dari permukaan kulit luar buah yang menghubungkan tangkai dan ujung buah. Nah garis itulah yang dinamakan juring.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara