Cara & Tips Efektif Memilih Asuransi Yang Tepat

Posted By : Posted on - 10:56:00 AM with No comments

Sebenarnya apa sih asuransi itu, dan apakah memang diperlukan? Nah mungkin itu pertanyaan paling lazim diajukan oleh orang orang yang merasa berkebutuhan menyelamatkan asetnya baik diri maupun harta dari hal hal yang tidak terduga. Seperti dikutip dari Wikipedia asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Nah dengan bahasa yang lebih mudah dicerna kebanyakan orang, asuransi merupakan tindakan untuk melindungi aset kita yang berharga seperti kesehatan, harta, keluarga, lansia dll agar mendapatkan jaminan ketika suatu hal yang tidak kita inginkan terjadi seperti kecelakaan, kebakaran harta benda, ppendidikan dll.

Nah seberapa perlukah asuransi ini diperlukan? Nah ini pertanyaan yang mungkin hanya anda sendiri yang bisa menjawabnya? Kalau menurut saya pribadi ini hal sangat penting, kita tidak akan pernah tahu hal hal terduga yang tidak kita inginkan terjadi kepada kita, untuk itulah kita memerlukan jaminan bantuan ketika hal tersebut menimpa kita disuatu saat nanti. Masih ingat kan ketika Christiano Ronaldo (CR7) pesepakbola top dunia rela mengansurasikan kakinya sebesar 1 triliun rupiah, yah karena kakinya merupakan aset yang sangat penting bagi perjalanan kariernya di sepak bola.

cara memilih asuransi yang tepat

Ok kembali lagi ke topik yang kita bahas kali ini saya akan share tentang bagaimana cara memilih ansuransi yang tepat baik itu asuransi kesehatan, perlindungan harta benda, pendidikan, karyawan, jaminan hari tua dll agar anda tidak salah pilih dan menemukan asuransi yang benar benar tepat. Berikut cara memilih asuransi dengan tepat bagi yang berminat berasuransi, agar tidak salah menanamkan uangnya.

Asuransi sesuai kebutuhan
Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih asuransi adalah dengan memilih asuransi yang seuai dengan kebutuhan anda, keluarga, barang berharga maupun masa depan anda. Sebagai contoh saja untuk kepala keluarga yang bekerja mencari nafkah setiap harinya maka pilihlah asuransi kesehatan, sehingga saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti sakit maka ada jaminan untuk kesehatan dan ada solusi sebagai contoh saja pembayaran tumah sakit. Sementara untuk kelangsungan pendidikan anak yaitu asuransi pendidikan, asuransi properti atau kepemilikan yaitu asuransi rumah, asuransi mobil, asuransi bencana dan terakhir asuransi tabungan yaitu asuransi dwiguna, unitlink dan dana pensiun. Begitu banyak jenis asuransi yang ditawarkan agen asuransi. Tapi perlu diingat, tidak semua produk asuransi perlu Anda miliki. Setiap orang punya kondisi keuangan yang berbeda sehingga kebutuhan akan produk asuransi pun belum tentu sama. Jadi pastikan pilih asuransi yang memang benar dibutuhkan.

Asuransi sesuai kemampuan
Ya anda harus memilih asuransi yang sesuai dengan kemampuan anda. Pada prinsipnya, besaran asuransi bisa disesuaikan dengan kemampuan seseorang, biasanya berkisar antara 10%-15% dari pendapatan. Asuransi memang penting dan diperlukan sebagai jaminan untuk hal hal yang tidak diinginkan tetapi memilih asuransi juga harus memperhatikan kemampuan anda untuk menanamkan uang anda diasuransi tersebut. Pembayarannya bisa dilakukan tahunan, semester, triwulan, bulanan maupun sekali bayar kalau lagi ada rezeki.

Untuk jenis asuransi yang sama sekalipun, nilai premi yang ditawarkan antara suatu perusahaan asuransi dengan lainnya berbeda-beda, atau dikenal dengan istilah company policy. Pilihlah yang menawarkan nilai pertanggungan dan pelayanan yang setara namun nilai preminya cukup bersaing.

Pilih asuransi yang benar-benar terpercaya
Bagaimana anda bisa mengetahui bahwa asuransi yang ingin anda ikuti benar-benar terpercaya, maka jawabanya adalah pastikan bahwa asuransi tersebut terdaftar di OJK (Otoritas jasa keuangan) silahkan lihat lebih lengkapnya di website OJK tentang asuransi. Dan pastikan dilakukan oleh tenaga pemasar yang berlisensi atau sertifikasi dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) dan AAUI (Asosiasi asuransi Umum Indonesia).

Amati rekam jejak perusahaan asuransinya, apakah telah terdaftar di Kementerian Keuangan atau tidak (cek di www.bapepam.go.id). Itulah strategi untuk mendeteksi kualitas perusahaannya apakah cukup sehat sehingga mampu melayani klaim nasabah. Banyak kasus nasabah merasa kecewa karena sulit mendapatkan klaim yang menjadi haknya. Hati-hati, pelayanan tidak memadai seperti agen asuransi yang tidak mengerti atau tidak bisa menjelaskan produk yang ditawarkan seringkali terjadi,yang berakibat merugikan nasabah.

Pelajari lebih lanjut asuransi
Pelajari dengan lebih lengkap, teliti dan lebih lanjut tentang asuransi yang ingin anda ikuti. Pelajari semua manfaat produk yang dibeli serta prosedur klaimnya dengan jelas, supaya mudah mendapatkan pengajuan. Jangan tergoda dengan tawaran yang menggiurkan serta bonus bonus yang mungkin anda dapatkan namun hasilnya ternyata zonk, untuk memastikan ini tidak terjadi pastikan minta contoh copy polis produk yang ingin dibeli untuk dipelajari, sebelum menjalankan pembelian. Selalu bersikap terbuka dan terus terang kepada tenaga pemasar dalam memberikan informasi yang mereka butuhkan, guna mengindari penolakan pada saat pengajuan klaim dan pastikan membaca ulang ketentuan polis pada saat polis sudah jadi, apakah sudah sesuai dengan kesepakatan pada saat proses pembelian asuransi.

Bacalah klausul polis dengan seksama supaya benar-benar memahami biaya dan perlindungan yang akan diperoleh. Seringkali terjadi kesalahan, perlindungan dari polis yang dipilih ternyata kurang memenuhi kebutuhan, atau sebaliknya, melebihi kebutuhan sehingga sia-sia.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara