Cara Menambah Berat Badan Ideal & Membangun Otot

Menambah berat badan - Memiliki tubuh yang terlalu kurus mungkin menjadi masalah kepercayaan diri seseorang. Seseorang dengan tubuh yang terlalu kurus akan terlihat malu dengan penampilan mereka. Banyak cara dilakukan untuk menambah berat badan yang ideal bahkan terkadang mereka melakukannya dengan cara yang tidak sehat. Untuk menambah berat badan yang ideal tentu memerlukan proses dan waktu tidak bisa dilakukan secara instan.

Faktor genetik, gaya hidup, pola makan dan sebagainya merupakan masalah umum yang berpengaruh terhadap berat badan anda. Kali ini saya akan sedikit berbagi tips dan cara bagaimana mendapatkan berat badan yang ideal sekaligus membangun masa otot anda sehingga anda mendapatkan berat badan yang ideal sekaligus proporsional, padat dan berisi tidak gemuk berlebihan atau obesitas.

Sekali lagi tentu cara ini membutuhkan proses dan waktu sehingga tidak bisa dilakukan secara instan untuk menambah berat badan secara ideal, namun jika anda melakukannya secara teratur dan rutin maka saya yakin anda akan segera mendapatkan pertambahan berat badan yang ideal. Nah berikut cara menambah berat anda secara ideal dan sehat:

Cara Menambah Berat Badan Ideal & Membangun Otot

Cara Menambah berat badan & membangun masa otot

Makan sedikit tapi lebih sering
Para pakar nutrisi menyebut bahwa untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat dengan cepat maka seseorang harus mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah sedikit namun sering. Ahli gizi juga mengatakan bahwa jika Anda tidak sering makan yang disertai protein, maka Anda membatasi tingkat di mana tubuh Anda sedang membangun protein baru. Disrankan bagi mereka yang ingin segera mendapatkan pertambahan berat badan yang ideal sekaligus dapat membangun masa otot maka makan makanan sehat dan mengandung cukup protein lebih sering dengan porsi yang sedikit.

Dengan makan setiap tiga jam Anda memungkinkan anda untuk menyediakan kebutuhan protein untuk membangun massa otot anda. Pastikan Anda mengkonsumsi protein dalam setiap kali makan (20-25 gram). Protein sangat berguna untuk pertumbuhan otot. beberapa jenis makanan yang mengandung banyak protein adalah jenis daging, susu dan olahannya, kedelai, kacang-kacangan, telur dll.

Cukup tidur dan beristirahat
Jika anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal maka anda juga harus mendapatkan cukup istirahat terutama tidur. Tidur berkualitas mempengaruhi pertambahan berat badan anda dan membangun masa otot anda. Kualitas tidur sangat penting jika Anda ingin membangun otot-otot Anda lebih cepat. Tidur yang baik dan berkualitas menurut para pakar kesehatan antara 7-9 jam perhari.

Istirahat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan Anda, dan memulihkan tenaga anda yang hilang untuk beraktifitas seharian. Saat anda tercukupi kebutuhan untuk beristirahat tubuh anda akan semakin fit dan bugar itu berarti anda akan mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Orang yang kurang istirahat akan kesulitan membangun otot mereka selain itu orang yang kurang istirahat akan malas berolah raga. Untuk mendapatkan cukup kualitas tidur seseorang harus tidur 7-9 jam perhari.

Makan Lebih Banyak Mengandung Protein
Hal ini jelas seperti anda ketahui bahwa protein adalah pembentuk otot dan membangunnya, jadi jika anda menginginkan berat badan yang ideal maka anda juga harus lebih banyak mengonsumsi protein. Saat anda berolahraga kalori anda akan terbakar dan mengubahnya menjadi tenaga, begitu juga protein akan membantu pertumbuhan otot dan membentuknya saat anda berolahraga. Itu berarti ketika protein tersedia di dalam tubuh anda maka pembentukan otot akan lebih cepat saat anda membentuknya (melalui olahraga). Bagaimana mungkin anda akan mendapatkan massa otot untuk membentuk otot anda jika tidak ada protein yang membangunnya, anda semua mengetahui bahwa pertumbuhan otot dipengaruhi oleh konsumsi protein.

Penuhi kebutuhan protein harian anda untuk pembangunan masa otot yang lebih cepat, itu berarti anda akan segera mendapatkan pertambahan berat badan ideal dengan lebih cepat. Seperti disarankan atau direkomendasikan oleh para pakar nutrisi kebutuhan protein tubuh anda dapat dihitung dengan makan 1 gram protein per pon berat badan Anda. Jadi jika berat badan anda adalah 70 kg maka anda membutuhkan protein 35 gram per makan. Sumber bahan makanan yang kaya akan protein seperti keju, telur, susu, kacang-kacangan, ikan dan daging. Jika anda ingin lebih cepat mendapatkan berat badan yang ideal maka jangan sampai lupakan untuk mengonsumsi susu sebelum tidur dan sebelum beraktifitas dipagi hari.

Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk yang biasa anda lakukan tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan anda secara umum namun juga dapat mempengaruhi berat badan ideal anda. beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, minuman keras atau beralkohol, begadang, pola makan tidak teratur dan seimbang, jarang berolahraga dan lain lain sangat berpengaruh terhadap pertambahan berat badan anda.

Buktikan apabila saat ini anda merokok berhentilah dari kebiasaan merokok tersebut dijamin dalam 1 bulan saja berat badan anda akan bertambah secara signifikan. Hal itu jelas karena kadar nikotin dalam rokok akan mencegah distribusi oksigen dan nutrisi (termasuk protein) untuk diedarkan ke seluruh tubuh anda. maka tidak mengherankan jika perokok umunya kulitnya kusam, kering dan sulit gemuk. hal ini juga berlaku untuk yang hobi minuman beralkohol.

Banyak Minum Air Putih
Sudah menjadi rahasia umum bahwa Anda tidak dapat melakukan aktifitas terbaik Anda, tidak secara fisik maupun mental, jika tubuh Anda mengalami dehidrasi. Saat dehidrasi nutrisi dalam usus kesulitan untuk diserap oleh usus halus (termasuk juga protein) itu berarti akan menghambat pertambahan berat badan anda. Nah untuk melakukan segala aktifitas apapun termasuk olahraga untuk membangun oot ini maka tubuh anda harus terhidrasi dengan baik. Minum cukup air putih sepanjang hari minimal 8-10 gelas perhari.

Selain berguna untuk penyerapan nutrisi seperti anda ketahui air putih juga berguna untuk mengangkut lemak, racun, toksin dan bahan kimia dalam tubuh anda dan mengeluarkannya melalui keringat dan air seni. Jika anda membutuhkan tenaga yang ekstra keras seperti berolahraga maka perbanyak (air yang kaya dengan elektrolit), untuk membantu mengganti cairan dalam tubuh yang hilang bersama keringat.

Olahraga Teratur
Berolahraga secara teratur dan terjadwal merupakan cara yang harus anda lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Berolahraga akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus akan membantu membentuk dan membangun otot anda sehingga anda akan mendapatkan berat badan yang ideal serta proporsional. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan otot hindari olahraga yang membakar kalori terlalu banyak seperti lari, renang,basket dan olahraga serupa. Hal utama yang penting jika Anda seorang "hard gainer," adalah membakar banyak kalori akan membuat anda lebih sulit untuk menambah massa otot.

Konsumsi lebih banyak karbohidrat
Nah saat anda tidak banyak beraktifitas sebagai contoh saja anda sedang libur kerja atau aktifitas ekstra yang membutuhkan banyak tenaga seperti bekerja atau berolahraga maka konsumsilah karbohidrat dalam jumlah yang besar. Karbohidrat membantu tubuh Anda membangun kembali otot lebih cepat. Penelitian juga menemukan bahwa Anda harus mengkonsumsi karbohidrat setelah berolahraga, karena karbohidrat dapat memperlambat laju pemecahan protein.

Nah itulah beberapa cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan membangun masa otot anda sehingga anda mendapatkan berat badan yang sehat, proporsional, padat, berisi dan ideal tentunya. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara