9 Cara Menjaga Tulang Anda Lebih Sehat & Kuat

Posted By : Posted on - 4:40:00 AM with No comments

Membangun tulang yang sehat - Tulang merupakan salah satu bagian penting dari tubuh kita yang harus kita jaga kesehatannya karena bagian inilah yang mendukung tubuh kita, melindungi organ vital dan membentuknya. Sebelum sekitar usia 30 tahun, ketika tulang biasanya mencapai puncak massa tulang (yang bervariasi setiap orang), tubuh menciptakan tulang baru lebih cepat, tapi setelah usia 30 tahun, maka pembangunan tulang secara alami akan sedikit berkurang. Anda bisa melihat ketika ada pasien patah tulang antara anak anak dan orang tua, dengan  perawatan yang sama dan obat yang sama tentu penyembuhan akan lebih cepat terjadi pada asien anak-anak.

Jadi saat remaja atau dalam masa pertumbuhan sangat penting untuk membangun masa tulang anda sehingga saat  mencapai usia dimana perlambatan produksi tulang di tubuh anda berkurang anda sudah memiliki tulang yang kuat dan sehat sehinga permasalahan kesehatan terkait tulang bisa dihindari sebagai contoh saja pengapuran tulang dan sendi, tulang rapuh, tulang keropos (osteoporosis) dsb dapat anda minimalkan. Sehingga saat tua nanti tubuh dan tulang anda akan lebih kuat dan sehat.

Cara menjaga tulang sehat dan kuat sampai tua

Saat usai menginjak umur 30 tahun (relatif untuk sebagian orang), pada usia itu tulang tidak dapat memproduksi sel tulang baru secepat  pada usia anda saat remaja atau masa pertumbuhan, nah jika tulang tidak bisa membangun lapisan tulang baru karena penipisan tulang secara alami maka tulang akan mudah keropos atau yang biasa kita sebut dengan osteoporosis yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh dan memungkinkan tulang lebih mudah patah. Penyakit ini paling sering terjadi pada wanita menopause di atas usia 65 dan pada pria di atas usia 70.

Menjaga Tulang Anda Lebih Sehat & Kuat

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Jadi pastikan mulai dari sekarang ubah gaya hidup atau kebiasaan buruk anda yang dapat menimbulkan resiko masalah kesehatan, atur pola makan anda dengan benar dan seimbang, olahrga teratur, pola hidup yang sehat serta gaya hidup sehat lainnya untuk mendapatkan dan menjaga kesehatan anda secara umum dan mampu membuat tulang anda lebih sehat dan kuat. nah berikut adalah beberapa cara menjaga tulang anda tetap sehat dan kuat sampai tua.

 1   Ketahui riwayat genetik keluarga anda

Sebagian besar masalah kesehatan akan diturunkan dari orang tua ke anaknya termasuk osteoporosis ini, jadi sangat penting bagi anda yang ingin agar tulang anda kuat dan sehat untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga anda khususnya kesehatan tulang. Jika anda menemukan orang tua anda atau kakek atau nenek anda mengidap ostoporosis ini maka anda berpeluang besar untuk menderita penyakit pengapuran dan pengeroposan tulang ini. Dengan mengetahuinya anda bisa melakukan perawatan tepat dan mengurangi dampak resiko yang muncul tentang kesehatan tulang ini mulai dari sekarang.

 2   Meningkatkan konsumsi kalsium

Seperti kita ketahui bahwa kalsium merupakan salah satu pembentukl tulang anda, jadi untuk mendapatkan tulang yang lebih kuat dan sehat maka anda harus mendapatkan kalsium yang cukup untuk tulang anda. Kekurangan atau defisensi terhadap kalsium binya menyebabkan pengeroposan tulang, tulang rapuh dan mudah patah. Mineral ini sangat penting untuk peertumbuhan gigi dan tulang. (Belum lagi kalsium berperan besar dalam fungsi otot, saraf signaling, sekresi hormon, dan tekanan darah.) Jadi pastikan untuk mendapatkan asupan kalsium setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk tubuh dan tulang anda. beberapa jenis makanan yang merupakan sumber kalsium yang baik meliputi yoghurt, keju, susu, bayam dan collard hijau.

 3   Konsumsi vitamin D

Untuk mendapatkan tulang yang kuat dan sehat disamping kalsium maka anda juga membutuhkan Vitamin D. Dimana ada kalsium, harus ada vitamin D. Kenapa begitu? Vitamin D berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan mendistribusikannya ke tulang. Jadi jika anda mengonsumsi kalsium namun tidak dibarengi dengan asupan Vitamin D maka penyerapan kalsium oleh tulang akan terhambat sehingga tulang tidak mendapatkan minerla ini dalam takaran yang dibutuhkan.

Sumber makanan yang kaya vitamin D adalah udang, sereal, jus jeruk, sarden, kuning telur dan tuna. Namun jika anda tidak suka memakan jenis makanan yang saya sebutkan anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D. Selain dari makanan atau suplemen vitamin D dapat anda dapatkan saat berjemur sinar matahari pagi minimal 10 sampai 15 menit tiga kali per minggu. Vitamin D penting bagi kesehatan tulang. Sinar matahari yang baik dan mengandung vitamin D dan tidak mengandung sinar UV A dan B adalah sekitar pukul 6-9 pagi.

 4   Konsumsi vitamin K

Vitamin K banyak dikenal untuk membantu pembekuan darah, tetapi juga membantu tubuh membuat protein untuk kesehatan tulang. Vitamin K dan D berguna pada penyerapan kalsium, dan ternyata dua vitamin bekerja dengan baik, vitamin D merangsang penyerapan kalsium di usus, sedangkan vitamin K mengurangi jumlah kalsium diekskresikan oleh tubuh. Vitamin K dapat diperoleh dari makanan seperti kecambah tauge, brokoli, lobak dan bayam.

 5   Kalium

Kalium adalah mineral yang membantu saraf dan otot berkomunikasi dan juga membantu sel sekresi, kalium juga dapat menetralisir asam yang mengeluarkan kalsium dari tubuh. Kalium dapat diperoleh dari sumber makanan seperti ubi jalar, kentang putih (dengan kulit), yoghurt dan pisang.

 6   Berolah raga Teratur

Olahraga teratur adalah kunci untuk menjaga segala kesehatan, tidak terkecuali kesehatan tulang. Bahkan gaya hidup dianggap sebagai faktor risiko untuk osteoporosis. Salah satu studi yang membandingkan kepadatan tulang pada wanita sebuah perguruan tinggi dengan berbagai berat badan dan tingkat aktivitas menemukan bahwa atlet dengan berat badan rendah memiliki kepadatan tulang tertinggi dari grup manapun dalam penelitian ini, menunjukkan olahraga (dan berat badan rendah) dapat memiliki efek positif pada kepadatan tulang. Apa jenis olahraga yang paling efektif? Latihan menahan beban seperti berlari, berjalan, lompat tali, ski dan memanjat adalah berbagai olahraga yang menjaga tulang kuat.

 7   Mengkonsumsi lebih sedikit kafein

Kafein memang memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi sayangnya tidak untuk tulang kita. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Satu studi menunjukkan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari mempercepat keropos tulang pada subyek yang juga tidak mengkonsumsi cukup kalsium. Studi lain ( pada wanita lansia) menunjukkan bahwa lebih dari 18 ons kopi per hari dapat mempercepat pengeroposan tulang dengan negatif berinteraksi dengan vitamin D.

 8   Hindari Kebiasaan buruk

Kebiasaan-kebiasaan buruk tidak hanya tidak baik untuk kesehatan anda secar umum namun juga tidak baik untuk kesehatan tulang anda. Jadi jika anda menginginkan tulang yang lebih kuat dan sehat maka hentikan kebiasaan buruk anda mulai dari sekarang. Pengonsumsi alkohol berat bisa menyebabkan keropos tulang (karena mengganggu vitamin D melakukan tugasnya). Merokok juga tidak baik untuk kesahtan tulang beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat mencegah tubuh dari Penyerapan kalsium secara efisien & penurunan massa tulang.

Nah itulah beberapa cara menjaga tulang anda lebih kuat dan sehat sampai tua, semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara