9 Cara Agar Tetap Semangat & Termotivasi

Seseorang yang memiliki hari hari yang penuh semangat dan termotivasi dengan hal hal yang ingin dicapainya membuat mereka biasanya lebih sukses daripada mereka yang tidak memiliki semangat hidup. Seseorang yang selalu bersemngat dan termotivasi juga akan lebih aktif dan produktif untuk mencapai apa yang mereka cita citakan dalam hidup. Namun dalam kehidupan sehari hari mood seseorang selalu berubah sehingga mempengaruhi semangat mereka untuk melakukan sesuatu hal.

9 Cara Agar Tetap Semangat & Termotivasi

Memang menyenangkan ketika mood bisa selalu datang dari hal-hal terkecil di sekitar dan kamu terus produktif. Banyak hal yang bisa menumbuhkan semangat kamu dan membuat kamus selalu termotivasi untuk melakukan hal hal positif untuk mencapai apa yang kamu impikan dalam hidup, bahkan hal sederhana pun bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan kembali semangatmu ketika kamu mulai tidak termotivasi. Berikut adalah 9 tips untuk menumbuhkan motivasimu meskipun kamu sedang tidak mood atau kehilangan inspirasi.

Selalu Tetap Semangat & Termotivasi

Rancang visi dan misimu
Salah satu alasan terbesar mengapa kita kehilangan motivasi adalah kita kehilangan hubungan dengan visi kita. Khususnya visi mengenai apa yang kita ingin capai. lalu apakah pengertian visi dan misi tersebut? Secara umum pengertian Visi adalah tujuan atau gambaran masa depan yang akan kita raih dalam waktu telah ditentukan (cita cita yang ingin dicapai dalam waktu tertentu) . Sedangkan Pengertian Misi adalah apa yang kita lakukan untuk mencapai visi tersebut (goal setting atau proses untuk mencapai tujuan tersebut).

Tentukan apa yang ingin kamu capai, ciptakan alasan kamu bisa mengerjakannya serajin mungkin, buatlah daftar goal atau daftar hal yang ingin kamu capai dalam hidup. Ketika kamu mulai down atau kehilangan semangat buka lagi daftar impian yang ingin kamu capai, dengan begini kamu akan fokus untuk selalu bersemangat dan termotivasi untuk pencapaian impian kamu.

Cari penyebab ketidak semangatanmu
Ketika kita kehilangan motivasi dan semangat dalam hidup, cobalah untuk mencari penyebab dan alasan menurunnya semangat kamu. Ketika kamu menemukan alasan yang menjadikan semangatmu turun carilah solusi untuk memecahkan masalah tersebut bukan dengan menghindari masalah tersebut. Sebagai contoh saja kamu mulai tidak bersemangat dengan usaha yang kamu jalankan karena usahamu sudah sampai sejauh ini belum menghasilkan. Cari solusi kenapa usahamu tidak menghasilkan dengan mempelajari setiap penyebab yang mempengaruhi dan setiap kamu menemukan penyebab gagalnya usaha kamu cari solusi untuk memecahkannya.

Dengan demikian kamu akan terus bersemangat dan termotivasi dengan apapun yang kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan yang kamu inginkan.

Buat tenggat waktu atau deadline
Seseorang akan kehilangan motivasi atau semangat karena mereka merasa memiliki banyak waktu untuk melakukan sesuatu hal dan akhirnya mereka lebih suka menunda nunda waktu dan menyelesaikan suatu hal jika sudah mepet. Nah salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan semangat dan agar kamu selalu termotivasi, buatlah tenggat waktu atau deadline dari apapun yang harus kamu kerjakan. Sebagai contoh kamu mempunyai tugas kampus yang harus diselesaikan dalam 1 bulan, buatlah deadline sebagai contoh 2 -3 minggu sehingga kamu akan memiliki 1 minggu jika sampai tugas kampusmu belum kelar.

Membuat tenggat waktu atau deadline akan membuat seseorang lebih produktif, karena setelah mereka menyelesaikan sesuatu hal yang harus dikerjakan mereka akan segera menyelesaikan tugas atau hal lain yang menanti. Berikan dirimu sendiri batas waktu untuk menyelesaikan sesuatu. Kerjakan sebanyak mungkin dalam jangka waktu tertentu. Dan lihatlah apa yang bisa kamu capai dalam keadaan "kepepet."

Beristirahat sejenak
Sesorang mulai kehilangan semangat dan motivasi dikarenakan kurang beristirahat. Saat mood mu mulai menurun ambil waktu sejenak dari rutinitasmu. Bangkitlah dari depan komputer, pekerjaan rumah, pergilah keluar dan menghirup udara segara. Atau jika pekerjaanmu terlalu sibuk dan menumpuk ambil cuti 2-3 hari untuk relaksasi tubuh dan pikiranmu. Beristirahat akan memberimu energi serta inspirasi baru.

Lakukan pekerjaan yang kamu cintai
Orang orang sukses di dunia ini terbukti mendapatkan kesuksesannya karena mereka mencintai pekerjaannya. Dengan mencintai pekerjaanmu atau aktifitasmu maka kamu akan memiliki semangat lebih dan selalu termotivasi dengan pekerjaan yang kamu cintai.

Dengar, Tonton atau Baca Sesuatu Yang membuatmu terinspirasi
Saat kamu mulai down, Bacalah buku-buku atau situs dan blog motivasional. Ini berguna untuk mengingatkanmu mengapa kamu melakukan apa yang kamu lakukan. Kamu juga bisa menonton motivasi dari video youtube, situs online atau apapun yang bisa meningkatkan kembali motivasimu untuk melakukan hal hal positif.

Lakukan segala hal dengan kompetitif
Dengan melakukan segala hal sebagai "arena kompetisi" akan membuat semangatmu terus membara. Masukilah lingkungan yang kompetitif agar memicu semangatmu. Kumpulkan teman atau rekan sejawat yang melakukan hal yang sama denganmu, bandingkan pencapaian kalian dalam jangka waktu tertentu.

Bergaul dengan orang yang selalu bersemangat dan termotivasi
Sama halnya seperti kata pepatah "Berkumpul dengan penjual parfum maka kamu akan ikut berbau wanginya" Hal itu benar adanya, pergaulan lingkungan akan membawa dampak yang besar dalam hidupmu. Ketika kamu bisa selalu bergaul dengan orang orang yang selalu bersemangat dan termotivasi kamu juga akan mendapatkan pengaruh positif mereka dalam hidupmu.

Mensyukuri segala hal
Bisa jadi keluargamu, teman-temanmu, pasanganmu, kesehatan, kehidupan... Buatlah daftar hal-hal yang kamu syukuri. Simpanlah dalam bentuk file komputer atau buku jurnal/diary. Sadari ada banyak orang yang belum memiliki hal-hal yang kamu miliki sekarang. Kapanpun kamu merasa kehilangan motivasi, lihatlah kembali daftar ini untuk mengingatkanmu mengapa hidup layak diperjuangkan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara