8 Cara & Tips Alami Mengatasi Gigi Sensitif

Posted By : Posted on - 11:39:00 PM with No comments

Cara alami mengatasi gigi sensitif - Sensitivitas gigi atau gigi sensitif merupakan masalah yang umum terjadi dan bisa menimbulkan rasa nyeri, rasa tidak nyaman atau sakit jika bersentuhan atau digunakan untuk mengunyah makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.  rasa sakit akan berulang kali terjadi jika anda mengonsumsi makanan panas atau dingin ataupun pada suhu yang ekstrim seperti cuaca dingin gigi akan merasa sakit atau nyeri bahkan jika anda tidak sedang mengunyah makanan sekalipun.

Apa yang menyebabkan sensitivitas atau gigi sensitif? Gigi sensitif biasa disebabkan karena lapisan yang terlalu tipis pada enamel gigi (selubung atau permukaan terluar gigi) sehingga ujung saraf didalam gigi bisa terpengaruh oleh kondisi luar gigi baik oleh makanan panas atau dingin ataupun cuaca dingin, menyebabkan rasa sakit, nyeri dan ketidaknyamanan gigi Anda saat bersentuhan dengan makanan yang sangat panas dan dingin. enamel atau lapisan pelindung gigi bisa menjadi semakin tipis bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti seringnya menyikat gigi terlalu keras, plak atau karang gigi yang menyebabkan lapisan enamel gigi rusak dan beberapa faktor lainnya.

Jika enamel gigi rusak atau menipis maka bisa menyebabkan gigi rapuh, mudah retak, gigi berlubang, dan pada kasus ringan ya itu tadi dapat menyebabkan gigi sensitif. Nah kabar baiknya ada perawatan rumah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gigi sensitif ini. Namun, jika masalah terus berlanjut, pastikan bahwa Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terkait untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. Nah berikut ccara alami mengatasi gigi sensitif.

Mengatasi ggigi sensitif

Cara & Tips Alami Mengatasi Gigi Sensitif

Mencegah plak atau karang gigi terbentuk di gigi anda
Plak dan karang gigi merupakan penyebab utama penipisan enamel gigi yang menyebabkan gigi sensitif. Plak dapat mengeras dan mengkristal dan membentuk yang namanya karang gigi. Jika dibiarkan karang gigi ini bersifat asam yang dapat menyebabkan iritasi pada saraf dan menyebabkan gigi sensitif. Jadi pastikan anda teratur menggosok gigi anda secara teratur minimal 2 kali sehari untuk mencegah plak atau sisa sisa makanan terbentuk menjadi karang gigi. Pastikan juga anda menyikat gigi anda secara pelan dan lembut jangan gunakan tekanan terlalu keras atau kuat yang bisa menyebabkan kerusakan enamel gigi anda.

Menggunakan pasta gigi khusus
Ada banyak produk pasta gigi khusus yang membantu dalam menghilangkan sensitivitas gigi atau gigi sensitif. Pasta gigi gigi ini mengandung zat untuk desensitizing saraf dan memberikan rasa nyaman dari rasa sakit atau rasa nyeri yang timbul saat Anda mengkonsumsi makanan panas dan dingin. Senyawa tertentu dalam pasta produk pasta gigi khusus untuk gigi sensitif ini membantu dengan mengurangi sensasi rasa nyeri atau rasa sakit pada saraf di permukaan gigi.

Perbanyak air minum
Beberapa orang memiliki gangguan dengan produksi air liur didalam mulutnya. Kurangnya produksi air liur yang melapisi permukaan gigi membuat gigi lebih rentan lunak dan rapuh yang bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi, jadi pastikan perbanyak air minum agar tubuh anda tetap terhidrasi dan membantu peningkatan produksi air liur di mulut anda untuk melindungi sekaligus melapisi gigi anda untuk mencegah karang gigi dan plak tumbuh di gigi anda.

Baking soda
Baking soda selain bisa memutihkan gigi secara alami ternyata juga mampu mengurangi sensasi rasa nyeri dan sakit pada gigi sensitif anda. Ambil gelas diisi dengan seperempat air dan tambahkan seperempat sendok teh baking soda untuk ini. Bilas atau gunakan berkumur sebagian di mulut Anda atau dan gunakan sebagian untuk menyikat gigi anda dengan air ini.

Sealant
Sealant digunakan untuk menyegel gigi sehingga saraf tidak merasa sakit atau nyeri ketika Anda makan makanan dingin atau panas. Sealant atau agen bonding biasanya terbuat dari bahan plastik dan bertindak sebagai penghalang untuk gigi, melindunginya dari sensitivitas. Seorang dokter gigi dapat menerapkan sealant pada gigi Anda ketika Anda memiliki sensitivitas gigi.

Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet terbukti secara efektif akan membantu dalam produksi air liur dan ini akan membantu dalam menjaga dan melatih gigi anda kuat. Namun pastikan mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula berlebih untuk melindungi gigi Anda dari masalah lebih lanjut.

Menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut
Menggunakan sikat gigi yang lembut sangat penting saat Anda memiliki gigi sensitif. Sikat gigi dengan bulu yang keras dapat menyebabkan enamel terkikis. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda menggunakan sikat gigi lembut selalu, untuk melindungi enamel dan juga untuk mencegah gangguan lebih lanjut juga. Meskipun Anda menggunakan sikat gigi berbulu lembut, sikat dengan naik dan turun gerakan untuk menghilangkan plak secara efektif.

Berhenti mengonsumsi makanan manis Dan Asam
Hal ini sangat penting ketika Anda memiliki sensitivitas gigi. Mengendalikan asupan makanan manis dan asam adalah suatu keharusan. Jus buah yang bersifat asam, makanan atau minuman yang teralu manis, minuman berkarbonasi menghindari jenis makanan ini akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada enamel gigi dan juga untuk mengontrol gigi sensitif anda juga.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara