12 Tips Efektif Menghentikan Kebiasaan Merokok

Posted By : Posted on - 3:27:00 AM with No comments

Apakah Anda seorang perokok aktif atau anda selalu dikelilingi oleh orang orang yang merokok disekitar anda (perokok pasif) Apakah Anda seorang perokok aktif atau perokok pasif anda menerima kerugian kesehatan besar karena anda menghirup tar dan gas racun yang dihasilkan oleh asap roko yaitu karbon monoksida dan nitrogen oksida ke dalam paru-paru Anda. Jadi sangat berbahaya untuk menghirup asap rokok baik anda melakukan aktifitas merokok secara langsung ataukah anda hanya menghirup asap rokok dari orang orang yang disekitar anda yang merokok, bahkan perokok pasif 6 kali lebih besar beresiko terhadap bahaya rokok daripada perokok aktif. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sekitar 6 juta orang meninggal akibat rokok setiap tahun, dengan jumlah 600.000 kematian akibat paparan asap rokok (perokok pasif).

Ada lebih dari 7.000 bahan kimia, termasuk lebih dari 60 karsinogen yang diketahui menyebabkan kanker pada asap tembakau seperti dikutip dari American Cancer Society (ACS). Daun tembakau yang digunakan dalam produksi rokok mengandung bahan radioaktif yang dapat menghasilkan persentase tinggi dari radiasi dalam tubuh Anda yang dapat mempengaruhi perokok dengan kanker.

12 Tips Efektif Menghentikan Kebiasaan Merokok

Belum lagi banyak jenis penyakit yang dihasilkan oleh asap rokok, rokok juga merugikan ekonomi khususnya finansial anda. Coba anda bayangkan berapa batang rokok yang anda habiskan hari ini, berapa uang yang anda buang untuk merokok hari ini, dalam sebulan, setahun atau beberapa tahun ke depan. Katakanlah anda sehari membeli dan menghabiskan 1 bungkus rokok yang berharga 15 ribu. Dalam sebulan anda akan membuang 450 ribu, dalam setahun 5,4 juta dan dalam 15 atau 20 tahun kedepan uang yang anda "bakar" cukup untuk membangun rumah atau bisa untuk modal usaha.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Stop merokok hari ini juga! Kasihan orang orang disekitar anda karena ikut terpapar polusi berbahaya yang bisa mengancam nyawa mereka juga diri anda dan hal ini benar benar mengancam bagi "kantong" Anda. Berikut adalah beberapa cara menghentikan kebiasaan merokok seperti dikutip dari situs Quit Smoking Comunnity:

Niat & Tekad yang kuat untuk berhenti merokok
Secanggih apapun alat, obat, terapi dan peralatan yang anda gunakan untuk menghentikan kebiasaan anda tanpa tekad dan niatan yang kuat untuk berhenti merokok maka hal itu akan sia sia belaka. Mungkin akan efektif dalam jangka pendek namun untuk jangka panjang anda mungkin akan tergoda untuk merokok lagi karena tergoda dilingkungan anda. Niat & tekad yang kuat merupakan hal pertama yang harus anda punya untuk menghentikan kebiasaan merokok anda.

Merenungi kembali untuk membulatkan tekad berhenti merokok
Merenungi apa keuntungan dan kerugian merokok mungkin akan menjadikan tekad anda untuk berhenti merokok menjadi lebih kuat. Tidak ada keuntungan apapun jika anda tetap masih merokok bahkan kerugian yang lebih besar akan anda dapatkan. Rokok tidak hanya mengancam nyawa diri anda sendiri namun orang orang terdekat yang terpapar oleh asap rokok anda seperti anak, keluarga, istri, sahabat dan orang orang terdekat anda lainnnya. Tidak hanya mengancam kesehatan anda dan orang terdekat anda namun juga mengancam kondisi finansial anda.

Berhenti merokok dengan metode Akupunktur
Akupunktur dapat memberikan bantuan untuk gejala yang berhubungan dengan lepasnya nikotin seperti, kegugupan, kegelisahan dan lekas marah. Minggu pertama adalah minggu terberat yang harus anda lalui ketika anda sudah memutuskan untuk berhenti merokok seperti ditulis oleh The National Cancer Institute (NCI). "Salah satu cara alami dan bebas narkoba paling efektif untuk berhenti merokok adalah melalui akupunktur" kata Allison Bailey. "Bentuk terapi ini sangat efektif untuk mengobati kecanduan dari semua jenis narkoba, termasuk untuk berhenti merokok."

Sebelum melakukan metode akupunktur, terapis akan mengevaluasi beberapa kebiasaan merokok Anda, seperti ketika Anda merokok, seberapa sering Anda merokok dan apa yang memicu alasan Anda untuk merokok. Pemicu umum yang meningkatkan keinginan akan kebutuhan untuk merokok seperti minum kopi atau teh dan merasa stres. Setelah Anda menerima diagnosis penuh yang akan menentukan metode unik pengobatan, kebiasaan merokok Anda akan menurun. Akupuntur meningkatkan kadar serotonin dalam plasma dan jaringan otak sehingga mampu menurunkan keinginan untuk merokok kata sebuah studi yang dilakukan di Kyoto Prefectural University of Medicine di Jepang.

The American Journal of Medicine (AJM) melaporkan temuan dari tinjauan yang diamati 14 uji klinis sebelumnya yang menggunakan akupunktur sebagai terapi alternatif bagi perokok untuk menghentikan kebiasaan itu. Enam dari 14 studi diuji akupunktur terhadap versi palsu - penempatan jarum di titik non-acupunctural pada tubuh - untuk menemukan bahwa perokok yang menerima akupunktur nyata lebih dari tiga kali lebih mungkin untuk tidak merokok untuk durasi enam bulan sampai satu tahun.

Hypnotherapy salah satu solusi berhenti merokok
Hypnotherapy salah satu bentuk psikoterapi merupakan cara yang ampuh untuk melepaskan kebiasaan buruk termasuk kebiasaan buruk merokok, sampai ke inti dari pemicu yang dapat berafiliasi dengan emosi Anda dan menjelajahi kesadaran Anda. Melalui meditasi yang dibimbing, visualisasi, musik santai dan pernapasan dalam bentuk terapi akan menempatkan Anda dalam keadaan trance (dibawah alam bawah sadar) kata Mayo Clinic. hipnoterapis Anda akan berbicara dengan Anda melalui proses ini yang akan mengirimkan ke pikiran bawah sadar Anda untuk meningkatkan motivasi Anda untuk berhenti dan mengubah kebiasaan merokok melalui citra atau visualisasi yang biasa digunakan dalam hipnoterapi untuk perokok yang ingin menghentikan kebiasaan itu. Terapis Anda akan meminta Anda untuk membayangkan bagaimana akan lebih mudah untuk bernapas tanpa merokok.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di San Francisco VA Medical Center dan University of California-San Francisco, peneliti menemukan bahwa hipnoterapi adalah sama efektifnya dengan metode konvensional untuk berhenti merokok. Sebuah ukuran sampel dari 286 peserta dibagi secara acak dan menerima baik hipnosis atau konseling perilaku standar untuk berhenti merokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipnosis membantu bagi perokok yang memiliki riwayat depresi atau berjuang dengan kondisi kejiwaan lainnya. "Studi ini memberikan bukti yang sangat dibutuhkan bahwa hipnosis memang pengobatan yang sangat membantu," kata peneliti senior dalam kesehatan mental di SFVAMC, profesor klinis psikiatri di UCSF dan penulis utama studi Timothy Carmody.

Berhenti merokok dengan praktek Meditasi
Praktek meditasi membantu pikiran lebih jernih, tenang dan dengan begitu menghindarkan dari depressi dan stres yang merupakan penyebab umum atau pemicu merokok. Tekanan psikologis dan stres bagi perokok yang menjalani berhenti merokok selama beberapa minggu pertama dapat dikontrol melalui meditasi seperrti dikatakan Universitas California-Los Angeles (UCLA) Mengingat Kesadaran Research Center (MARC).

The Yale University School of Medicine Departemen Psikiatri melakukan studi dari 88, dewasa pecandu nikotin yang merokok rata-rata 20 batang sehari dan secara acak mereka untuk menerima pelatihan kesadaran atau Freedom American Lung Association Dari pengobatan Merokok. Para peneliti menemukan 32 persen orang dewasa di kelompok kesadaran tidak merokok seminggu sebelum mereka tindak lanjut penunjukan dibandingkan dengan 6 persen dari orang dewasa di Freedom Dari program Merokok. Meditasi dapat membantu orang berhenti merokok dan mendorong mereka untuk mulai kebiasaan sehat seperti berolahraga, mengubah diet mereka dan meningkatkan kesehatan mereka. Keterampilan ini kognitif yang dapat membantu mengatur nafsu keinginan, gejala penarikan, stres dan emosi negatif dari merokok.

Pijat refleksi untuk menghentikan kebiasaan merokok
Pijat refleksi sederhana di sekitar telinga atau tangan dapat mengurangi ketagihan untuk merokok. Melakukan pijatan refleksi di telinga atau tangan dapat membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan keinginan tersebut karena titik titik di tangan, kaki dan sekitar telinga merupakan Microsystems (ujung ujung sistem saraf) yang mewakili seluruh tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Miami School of Medicine, dua puluh perokok dewasa secara acak untuk menguji efek pijat memiliki pada keinginan merokok. Kelompok perlakuan harus melakukan pijatan di tangan atau telinga setiap hari selama satu bulan. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang melakukan pijatan memiliki kecemasan yang lebih rendah, meningkatkan mood, gejala penarikan yang lebih sedikit dan merokok lebih sedikit per hari dibandingkan dengan rekan-rekan mereka. Dua menit pijatan pada dua area Microsystems ini dapat mengurangi keinginan Anda dan membuat Anda merasa nyaman dan membantu mengurangi kebiasaan merokok.

Konsultasi profesional
Sebuah penelitian di Inggris yang dilakukan di University of Oxford Departemen Kesehatan Primer Ulasan 41 percobaan, dilakukan antara tahun 1972 dan 2007 yang melibatkan lebih dari 31.000 perokok untuk melihat bagaimana saran dokter dapat meningkatkan kesehatan pasien dengan mengajak mereka untuk berhenti merokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saran singkat dari seorang profesional kesehatan dapat meningkatkan berhenti hingga tiga persen. Penguatan verbal yang positif dari dokter dan tekad pasien untuk berhenti dapat memberikan Anda kekuatan dan motivasi untuk berhenti merokok.

Selain cara cara diatas ada beberapa cara alami yang bisa anda lakukan dirumah untuk membantu mengurangi keinginan anda untuk merokok, menyingkirkan mual dan membantu nikotin keluar dari sistem tubuh anda lebih cepat, dan berikut cara alami yang bisa anda gunakan.

Perbanyak minum air putih akan membantu mengurangi keinginan anda merokok
Seperti anda ketahui bahwa air dalam tubuh memiliki fungsi membawa material berbahaya atau bahan kimia, racun, lemak dan mengangkutnya keluar dari tubuh melalui air seni dan keringat. Nikotin merupakan zat adiktif dan begitu sulit untuk dikeluarkan karena menembus tubuh Anda sebagai racun. Nikotin masuk ke sistem tubuh Anda dan sangat sulit untuk keluar. dan air dalam tubuh anda adalah pembuang racun alami. Ini akan membersihkan sistem anda lebih baik. Dan tubuh Anda membutuhkan air untuk melawan banyak efek berbahaya dari tembakau dan nikotin.

Air membantu Anda menyembuhkan (mengurangi keinginan untuk merokok) dan memungkinkan Anda pulih dari merokok ketika Anda mencoba untuk berhenti. Ketika Anda meninggalkan kebiasaan merokok yang biasa Anda tubuh Anda akan sembuh dengan sendirinya dan mulai untuk detoksifikasi, tetapi air memberikan dorongan ekstra, dan mempercepat proses, membantu Anda melawan kecanduan Anda yang jauh lebih baik. Konsumsi banyak air putih minimal 8-9 gelas perhari (1,5L).

Jahe membantu menghentikan kebiasaan merokok
Saat Anda mencoba untuk berhenti merokok, Anda mungkin akan mulai merasa mual. Ini adalah salah satu gejala yang paling umum yang orang mengalami ketika mereka mencoba untuk berhenti. Untuk mengatasi mual itu, Anda dapat mengambil jahe, baik dalam tablet, kapsul atau sebagai teh. Ini akan menenangkan perut Anda dan membantu Anda mengatasi rasa mual. Dan mungkin memberikan Anda bantuan untuk tidak tergoda untuk kembali ke rokok.

Multivitamin
Ketika Anda melawan racun dalam tubuh Anda, Anda mungkin membutuhkan bantuan multivitamin, terutama yang mengandung Vitamin A, C, dan E sangat baik untuk memperbaiki tubuh Anda dan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mengusir racun. Apa yang Anda cari saat Anda memerangi kecanduan Anda adalah sesuatu yang dapat meringankan gejala efek berhenti merokok dan membuat Anda lebih mampu menangani keinginan Anda. Vitamin reenergize sistem Anda dan memberi Anda kekuatan untuk melawan.

Membantu menolak rokok dengan ginseng
Anda dapat menggunakan sekitar sesendok bubuk ginseng dan menambahkannya ke jus Anda, sereal, oatmeal atau sup. Cara terbaik adalah untuk mengambil selama pagi hari. Dengan cara itu bisa melawan keinginan Anda sepanjang hari untuk tergoda merokok. Jika Anda menemukan bahwa hal itu tidak cukup efektif, maka Anda dapat meningkatkan dosis atau mengambil lebih sering.

Jus anggur membantu menghentikan kebiasaan merokok
Nikotin adalah salah satu racun, dan setelah itu keluar, Anda tidak harus mengalami lagi "ngidam" atau gejala efek berhenti merokok. Meningkatkan asupan air Anda adalah cara yang bagus untuk melakukannya, tetapi Anda dapat berjuang lebih keras dengan minum jus anggur setiap hari. Asam dalam jus yang memiliki sifat detoxifiers alami dan mereka akan meremajakan sistem Anda dan membersihkan racun lebih cepat. Dengan menggunakan detoxifiers alami maka Anda dapat meningkatkan tingkat energi Anda dan mulai merasa lebih baik lebih cepat dalam menghentikan kebiasaan anda untuk merokok.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara