Cara Menghemat Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Seperti dikutip dari situs wikipedia berbahasa Indonesia Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi. Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan. Organisasi-organisasi serta perseorangan dapat menghemat biaya dengan melakukan penghematan energi, sedangkan pengguna komersial dan industri dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan dengan melakukan penghemaan energi.

Penghematan energi sangat penting untuk kita lakukan, apalagi mengingat akhir-akhir ini telah terjadi krisis energi di dunia. Karena terjadinya krisis energi ini, maka terciptalah berbagai sumber energi alternatif sebagai upaya untuk mencukupi kebutuhan energi yang kita gunakan. Maka kita sebagai pengguna yang tidak tahu menahu tentang pembuatan atau proses dari terciptanya energi sehingga siap pakai sangat penting untuk melakukan penghematan.

Cara Menghemat Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Energi yang berupa listrik dan bahan bakar minyak memang sangat memanjakan kita. Bahkan kini manusia mulai tergantung terhadap listrik, sehingga merasa dirugikan ketika mendapati listrik mati, yang bahkan dilakukan secara bergiliran sebagai upaya penghematan energi akan listrik. Tidak bisa dipungkiri bahwa kini telah banyak barang elektronik rumah tangga yang tidak bisa bekerja tanpa adanya listrik.

Penghematan Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penghematan energi adalah unsur yang penting dari sebuah kebijakan energi. Penghematan energi menurunkan konsumsi energi dan permintaan energi per kapita, sehingga dapat menutup meningkatnya kebutuhan energi akibat pertumbuhan populasi. Hal ini mengurangi naiknya biaya energi, dan dapat mengurangi kebutuhan pembangkit energi atau impor energi. Berkurangnya permintaan energi dapat memberikan fleksibilitas dalam memilih metode produksi energi.

Selain itu, dengan mengurangi emisi, penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi perubahan iklim. Penghematan energi juga memudahkan digantinya sumber-sumber tak dapat diperbaharui dengan sumber-sumber yang dapat diperbaharui. Penghematan energi sering merupakan cara paling ekonomis dalam menghadapi kekurangan energi, dan merupakan cara yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan meningkatkan produksi energi.

Dan listrik ini adalah merupakan energi yang dihasilkan dari pengolahan energi yang ada di bumi. Karena sangat memungkinkan energi bisa habis jika dilakukan secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan pasokan energi menipis dari tahun ke tahun. Dan karena hal ini maka kita perlu melakukan penghematan energi, sehingga krisis energi yang lebih parah tidak akan terjadi pada anak cucu kita. Penggunaan listrik dalam rumah tangga semakin tahun semakin bertambah, dan hal ini tidak terlepas dari populasi penduduk yang semakin meningkat.

Meningkatnya populasi penduduk ini tentu berdampak pada penggunaan energi yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan. Padahal energi yang ada tidak hanya berasal dari listrik saja, namun juga dari bahan bakar minyak yang kini hampir setiap orang membutuhkannya karena mobil dan motor sangat mudah untuk dimiliki. Maka untuk menghemat energi yang bisa kita lakukan sehari hari dirumah, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Kenakan pakaian yang tepat, Kenapa berpakaian yang tepat. Memakai pakaian yang tepat sesuai cuaca akan membantu banyak penghematan energi sebagai contoh memakai wol membantu menjaga Anda hangat di musim dingin dan itu berarti Anda dapat menghemat energi pemanas. Atau jika anda merasa kepanasan maka pakailah pakaian tipis yang nyaman untuk tubuh daripada menghidupkan AC atau kipas angin yang berdaya listrik besar.
  • Gunakanlah energi listrik dengan bijak, Gunakan peralatan rumah tangga dan peralatan kantor hanya yang bersifat hemat energi. Penghematan energi ini bisa dimulai dari penggunaan kulkas dan AC yang ramah lingkungan.
  • Matikan komputer, air, lampu, dan juga televisi jika sudah tidak digunakan, dan gunakan setrika listrik sesuai dengan kebutuhan.
  • Gunakan lampu penerang yang hemat energi namun memiliki cahaya yang cukup terang seperti pada lampu neon. Lampu ini dapat bersinar terang meskipun kapasitasnya kecil, namun dalam penggunaannya sesuaikan juga dengan fungsinya.
  • Tidak membiasakan diri untuk berperilaku boros, sehingga gunakan listrik sesuai dengan kebutuhan, secara bergantian dan tidak berlebihan dalam menggunakannya.
  • Jika masih bisa menggunakan alat rumah tangga dengan manual, lakukan secara manual untuk menghemat energi.
  • Gunakan desain rumah dan gedung yang hemat energi, sehingga sebisa mungkin tidak menggunakan penerang pada siang hari. Gunakan ventilasi yang cukup dan juga tempatkan tanaman hias untuk menyejukkan ruangan. Untuk menyejukkan ruangan, kita juga bisa menggunakan atap yang terbuat dari tanah dan keramik.
  • Penghematan energi selanjutnya bisa dilakukan dengan cara memberikan fasilitas kendaraan umum sehingga tidak semua orang boleh menggunakan kendaraan pribadi. Karena penggunaan kendaraan pribadi tanpa pengendalian akan memberikan beberapa dampak negatif termasuk borosnya energi.
  • Pemerintah mengadakan sosialisasi secara besar-besaran tentang pentingnya hemat energi, dan hal ini dilakukan juga oleh pejabat yang ada di tanah air. Sehingga misalnya penduduk tidak diperbolehkan untuk memiliki kendaraan pribadi lebih dari 1 dalam satu KK maka demikian juga yang berlaku untuk pejabat kita.
  • Pemerintah mendukung secara penuh adanya penemuan energi alternatif mulai dari fasilitas hingga biaya yang ada. Demikian juga dengan penemuan mobil atau kendaraan yang hemat energi harus dikembangkan dan didukung secara penuh.
  • Jika perlu berikan penghargaan terhadap upaya penghematan energi yang telah dilakukan masyarakat.
  • Matikan lampu kamar saat tidur.
  • Hanya nyalakan lampu saat Anda masuk ke suatu ruangan gelap, misal kamar mandi atau gudang.
  • Jika Anda menggunakan pompa air listrik. Penuhilah  bak mandi dan seluruh kebutuhan kamar mandi dalam sekali waktu. Misal setiap pagi hari saja. Karena ‘tarikan’ listrik dari pompa air ketika pertama kali menyala, cukup memakan daya listrik.
  • Mulai membuat jadwal mencuci dan menyeterika pakian secara teratur. Jangan mencuci atau menyeterika pakaian secara mencicil. Lebih baik dibuat jadwal, misal masing-masing dua kali seminggu untuk seluruh pakaian yang kotor.
  • Jika Anda mengendarai mobil pribadi, berangkat kerja lebih pagi dan pulanglah lebih lambat agar terhindar jam macet. Kemacetan di jalan membuat bensin kendaraan Anda boros
  • Usahakan menggunakan peralatan listrik rumah tangga yang hemat listrik.
  • Tidur lebih awal. Selesaikan semua pekerjaan di kantor, jangan dibawa ke rumah. Selain Anda harus membayar energi dari desktop yang Anda nyalakan. Waktu bersama keluarga juga cukup penting. Ini memang tidak menghemat energi tetapi jika waktu anda bersama keluarga optimal, dapat memberi Anda energi lebih untuk memulai hari esok dengan lebih baik.
  • Jangan buang begitu saja kertas-kertas bekas, tanamkan di benak anda bahwa setiap anda menggunakan sebuah kertas maka Anda telah menebang sebuah pohon.
  • Jangan manjakan tubuh Anda dengan berkendara setiap keluar rumah. Jika tempatnya benar-benar jauh bolah saja Anda menggunakan kendaraan. Tetapi jika dekat misal, lima atau sepuluh menit perjalanan, lebih baik jalan kaki atau bersepeda. Sekalian berolahraga bukan?
  • Gunakan sumber air dengan hemat dan jangan boros, ingat air tanah semakin rendah maka permukaan tanah akan menurun itu berarti semakin tahun semakin rendah permukaan tanah dari permukaan laut.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara