Cara Membuat Medan Elektromagnet Sederhana

Bagaimana cara membuat medan elektromagnet sederhana? Masih ingat pelajaran SMP tentang bagaimana membuat medan magnet? Nah kali ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana cara membuat medan elektromagnet sederhana menjawab pertanyaan dari sobat Andi Nuryanto yang mengirim email ke kami tentang bagaimana cara membuat medan elektromagnet sederhana. Andapun bisa mengajukan pertanyaan apa saja terkait tips, cara dan tutorial lewat email kami atau langsung lewat form email di pojok kanan paling bawah dan akan kami jawab lewat artikel yang akan kami publikasikan sesuai dengan sumber yang kredibel.

Ok kembali lagi ke topik bahasan, sebenarnya membuat medan elektromagnet cukup simpel, hal ini cukup mudah untuk membuat elektromagnet dengan cara yang sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah membungkus paku besi dengan lilitan kawat tembaga di sekitar inti besi. Jika Anda memasang baterai ke kawat, arus listrik akan mulai mengalir dan inti besi akan berubah menjadi magnet. Ketika baterai dilepas, arus listrik dari baterai akan terputus dan inti besi akan kehilangan magnet nya. nah berikut adalah langkah-langkah sederhana membuat medan elektromagnet sederhana:

Bahan
  1. Satu paku besi
  2. Kawat tembaga (panjang sesuaikan)
  3. Satu atau lebih baterai sel D (semakin banyak baterai semakin kuat magnet)

Cara pembuatan
  1. Beberapa kawat tembaga harus diekspos sehingga baterai dapat membuat sambungan listrik yang baik.
  2. Buatlah lilitan kawat mengelilingi paku. Semakin kecil jarak antar lilitan kawat, semakin kuat elektromagnet yang anda buat.
  3. Ketika Anda membungkus kawat mengelilingi paku, pastikan bahwa Anda membungkus atau melilitnya dalam satu arah. Anda perlu melakukan ini karena arah medan magnet tergantung pada arah arus listrik yang diciptakan itu. Pergerakan muatan listrik menciptakan medan magnet. Jika Anda bisa melihat medan magnet di sekitar kawat yang memiliki listrik yang mengalir melalui itu, akan terlihat seperti serangkaian lingkaran di sekitar kawat. Jika mengalir arus listrik langsung ke arah Anda, medan magnet yang diciptakan oleh itu lingkaran di sekitar kawat dalam arah berlawanan arah jarum jam. Jika arah arus listrik dibalik, medan magnet berbalik juga dan lingkaran kawat searah jarum jam. Jika Anda membungkus beberapa kawat di sekitar paku dalam satu arah dan beberapa kawat ke arah lain, medan magnet dari bagian yang berbeda saling bertarung dan membatalkan, mengurangi kekuatan magnet Anda.
  4. Pasang salah satu ujung kawat ke terminal positif dari baterai dan ujung kawat lain ke terminal negatif baterai. Jika semua telah berjalan dengan baik, elektromagnet Anda sekarang bekerja!

Cara pembuatan elektromagnet sederhana anda seharusnya akan menjadi seperti dibawah ini:

Cara Membuat Medan Elektromagnet Sederhana

Jangan khawatir tentang yang ujung kawat Anda pasang ke terminal positif dari baterai dan yang mana yang Anda melampirkan ke terminal negatif. magnet Anda akan bekerja dengan baik dengan cara terbalik. Apa yang akan berubah adalah polaritas magnet Anda. Salah satu ujung magnet Anda sebgai kutub utara dan ujung lainnya akan menjadi kutub selatan nya. Membalikkan cara baterai terhubung akan membalikkan kutub elektromagnet Anda.

Petunjuk Membuat Elektromagnet Anda semakin Kuat
Semakin banyak lilitan kawat magnet Anda semakin baik. Semakin banyak arus yang melewati kawat, semakin baik. Peringatan! Tetapi jangan terlalu banyak lilitan kawat dengan arus listrik besar sekaligus! Listrik melewati kawat, beberapa energi hilang sebagai panas. Semakin banyak arus yang mengalir melalui kawat, semakin banyak panas yang dihasilkan. Jika Anda menempatkan dua kali lipat arus yang melalui kawat, panas yang dihasilkan akan meningkat 4 kali! Jika Anda tiga kali lipat arus yang melalui kawat, panas yang dihasilkan akan meningkat 9 kali!  Cobalah bereksperimen dengan core yang berbeda. Sebuah inti tebal mungkin membuat magnet yang lebih kuat. Hanya memastikan bahwa bahan yang Anda pilih dapat dijadikan magnet.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara