Tips Membuang Kebiasaan Menunda (Waktu & Pekerjaan)

Posted By : Posted on - 3:55:00 PM with No comments

Tips menghentikan kebiasaan membuang waktu - "Time is money" benar bukan? Waktu memang benar-benar berharga, jadi gunakan waktu anda sebaik mungkin. Orang yang sukses selalu memanage waktu atau mempergunakan waktu sebaik mungkin untuk melakukan segala hal yang menjadi tanggung jawabnya, sedangkan orang malas akan membuang waktu dan menunda - nuda apa yang menjadi tanggung jawabnya. Seperti yang Anda ketahui, menunda-nunda merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sangat merugikan diri sendiri. Menunda-nunda hanya akan membuang waktu kita dengan percuma. Waktu yang seharusnya kita gunakan seefektif mungkin menjadi terbuang percuma hanya karena kebiasaan menunda-nunda.

Tips Membuang Kebiasaan Menunda (Waktu & Pekerjaan)

Menunda-nunda pekerjaan sama saja dengan tidak menghargai waktu. Padahal waktu tidak akan pernah berputar kembali. Mungkin saat ini Anda belum bisa merasakan kerugian yang Anda alami, namun suatu saat jika pekerjaan telah menumpuk dan tidak bisa terselesaikan dengan baik, baru Anda akan merasakannya.  Menunda-nunda pekerjaan identik dengan malas, padahal tidak hanya malas yang bisa menyebabkan seseorang menunda-nunda pekerjaannya. Namun faktor kemalasan merupakan faktor penyebab paling umum yang sering menjadikan seseorang menunda nunda waktu atau pekerjaan. Baca juga tips mengatasi rasa malas. nah berikut adalah beberapa alasan lain selain pemalas yang menjadikan seorang memiliki kebiasaan menunda nunda:

  • Takut memulai atau melakukan kesalahan sehingga takut gagal, dimarahi jika melakukan kesalahan
  • Belum mengerti proses atau belum mengetahui caranya
  • Tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri
  • Tidak menyukai pekerjaan atau kegiatan tersebut
  • Tidak merasa harus atau suatu keharusan
  • Tidak ada reward yang jelas
  • Mau semuanya lengkap dulu, baru akan dikerjakan
  • Tidak ditarget dengan jelas
  • Ada kegiatan lain yang menarik (misalnya games, sinetron, dll) 
  • Baca juga cara mengatasi ngantuk & malas saat bekerja
Nah bagaimana cara mengatasi kebiasaan menunda nunda waktu dan pekerjaan, berikut tipsnya:

Cari tahu penyebabnya
Dengan mengetahui penyebab anda menunda nunda waktu atau pekerjaan maka anda akan menemukan solusi untuk mengatasi hal itu, sebagai contoh "jika anda menunda nunda waktu karena anda belum mengetahui caranya maka tanyakan kepada atasan maupun rekan anda sehingga anda dengan cepat mengetahui cara yang harus dilakukan". Nah jika anda menunda nunda waktu atau pekerjaan karena itu bukan keharusan, maka bayangkan dalam pikiran anda bahwa hal itu merupakan hal yang sangat penting dan segera harus dilakukan. Jika anda mnunda nunda banyak waktu dan pekerjaan maka setelah semua pekerjaan anda menumpuk dan harus anda selesaikan, maka anda sendiri yang akan kewalahan dengan hal tersebut.

Tetapkan batas waktu atau deadline
Semua hal atau pekerjaan yang ditarget atau diberi batasan waktu maka peerjaan itu akan selesai sebelum batas waktu atau maksimal batas waktu akhir yang ditentukan. Sebagai contoh jika anda harus mengerjakan tugas kuliah maka beri batasan waktu atau deadline untuk itu seperti 3 hari sebelum presentasi atau tugas dikumpulkan. Akan lebih efektif jika batasan waktu atau deadline itu anda tulis dan ditempatkan di tempat yang anda mudah melihatnya seperti di meja belajar atau di depan komputer anda:

  • Buatlah jadwal dengan jelas untuk setiap tugas, kapan harus tuntas, ditulis dengan jelas dan spesifik.
  • Buatlah pengingat lewat petunjuk visual, misalnya, pengingat pada kalender, menambahkan item pada daftar apa yang harus dikerjakan, atau buat tempelan pada layar komputer Anda
  • Bila perlu, tulis deadline Anda dengan spidol tebal, disebuah kertas ukuran A4

Minta bantuan sebagai pengingat
mintalah bantuan orang orang terdekat anda seperti keluarga, istri, teman atau siapa saja untuk mengingatkan anda ketika anda lupa atau menunda nunda waktu atau pekerjaan yang menjadi tanggung jawab anda. Anda bisa meminta bantuan merea untuk mengingatkan Anda untuk misalnya saat teduh, selesaikan laporan, selesaikan tugas tertentu. Akan menjadi lebih efektif jika anda membuat suatu kesepakatan atau komitmen sebagai endukung untuk mengharuskan anda segera mengerjakan tugas maupun tanggung jawab anda, kalau Anda melanggar kesepakatan penyelesaian tugas secara tepat waktu, maka Anda harus traktir teman Anda untuk nonton atau makan di restoran.

Buang Mindset anda yang keliru
Seseorang akan menjadi terbiasa untuk menunda nunda waktu atau pekerjaan jika mereka menggunakan mindset yang salah di pikirannya, sebagai contoh berikut ini:

  • Ah nanti saja saya kerjakan dan jika saya kerjakan dan ternyata salah, nanti saya juga yang kena sangsi
  • Biarin aja biar semua lengkap dulu nanti saya kerjakan
  • Bentar lagi deh....ngopi dulu....masih banyak waktu
  • Waktunya masih panjang kok, ntar aja kalau sudah mepet baru saya kerjakan
  • dll
  • Baca juga tips bersemangat setiap hari

Lakukan dengan segera
Apapun yang sudah menjadi tanggung jawab anda lakukan dengan segera walaupun anda memiliki banyak waktu untuk mengerjakannya. Kan lebih enak berpikir dan mengerjakan dengan santai tapi semua bisa dikerjakan sebelum batas waktu akhir, daripada anda mngerjakan dengan pikiran kacau karena kepepet. Buang rumus "Nanti saya kerjakan kalau sudah mepet"... Pada sebagian orang, bekerja pada waktu situasi sudah kepepet justru mengasyikan dan semakin tokcer. Tetapi ketika kita selalu menggunakan rumus kepepet, maka kita sedang memelihara kebiasaan menunda yang kronis. Orang yang bekerja dengan kebiasaan "the last minute" biasanya akan mudah kena penyakit stress.

Buang ketakutan, kekhawatiran dan rasa was was
Rasa malas, takut mengalami kegagalan, dan berbagai perasaan lain sebaiknya ditinggalkan dan mulailah dengan tindakan. Sebagai contoh, bila kita menunggu mood untuk berolahraga, mungkin kita harus menunggu berbulan-bulan sebelum itu terjadi. Bila kita segera mulai berjalan cepat selama 5 menit, kita akan segera punya keinginan untuk lari selama 20 menit. Jadi, lakukanlah tindakan karena itu akan menimbulkan motivasi. Baca juga mengatasi was was, takut & khawatir berlebihan.

Memotivasi diri sendiri
Motivasi merupakan pendorong alam bawah sadar anda untuk melakukan sesuatu. Motivasilah diri anda untuk membuang kebiasaan menunda nunda waktu atau pekerjaan sebagai contoh "Saya bisa dan secepatnya saya lakukan", "Jika saya melakukannya dengan segera, maka dengan segera saya akan sukses", atau "Saya akan menerima akibat buruk jika saya menunda nunda waktu dan pekerjaan saya".

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara