9 Tips Sederhana Yang Membantu Mengatasi Kemalasan

Posted By : Posted on - 5:10:00 PM with 1 comment

Tips membuang kebiasaan malas - Kemalasan merupakan salah satu faktor penghambat kesuksesan. Malas membuat tanggung jawab dan kewajiban yang harus dilakukan menjadi tidak terselesaikan dengan baik. Malas memang bukanlah suatu penyakit, namun jika dibiarkan tentu saja hal ini berdampak buruk bagi segala bidang kehidupan anda. Malas membuat anda menjadi tidak produktif, meningkatkan resiko stres dan tentu saja menghambat segala kesuksesan anda.

Kemalasan bukan hanya berarti berdiam diri dan tidak melakukan kegiatan apa-apa. namun kemalasan bisa berwujud menunda-nunda waktu & pekerjaan, melakukan segala hal hanya setengah hati juga merupakan bagian lain dari kemalasan. Saat anda terlalu malas untuk mengawali suatu hal maka Anda tidak akan bisa mencapai semua hal yang berarti yang seharusnya bisa Anda capai saat itu juga. Karena kemalasan hanya menghasilkan hal yang sia-sia, membuang waktu produktivitas Anda dan membuat kehidupan Anda tidak optimal.

9 Tips Sederhana Yang Membantu Mengatasi Kemalasan

Pernyataan yang benar jika kemalasan merupakan hal yang menjauhkan kita dari kesuksesan, kesuksesan merupakan akumulasi dari segala tindakan baik, semangat pantang menyerah, pembelajaran dan kerja keras, nah saat anda malas maka anda akan menjauh dari hal hal tersebut dan tentu saja semakin menjauhkan anda dari kesuksesan dalam segala hal apapun itu. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang membantu anda membuang rasa malas dan tidak bersemangat.

Cukup istirahat (Tidur) & olahraga fisik
Saat seseorang terpenuhi waktu untuk beristirahat maka tubuh akan selalu fit dan bersemangta untuk melakukan segala hal. Kurangnya waktu untuk beristirahat (tidur) akan membuat tubuh merasa lemas, malas, tidak fokus dan tubuh anda mudah terserang berbagai macam penyakit karena kurang istirahat akan menurunkan sistem kekebalan tubuh anda. Tidur yang cukup dan selalu bangun lebih awal dan melakukan sedikit aktifitas fisik untuk memulai hari anda akan membuat anda lebih bersemangat.

Jangan lupakan sarapan
Makanan merupakan "bahan bakar" bagi tubuh anda, jika anda mengisinya sebelum anda melakukan berbagai aktifitas dengan makanan sehat dan bergizi maka itu berarti anda memiliki cukup energi untuk melakukan berbagai kegiatan anda. Jika anda meninggalkan sarapan maka tubuh akan merasa lemas, malas dan mengantuk.

Memotivasi diri anda
Motivasi merupakan pendukung otak bawah sadar anda untuk bersemangat melakukan berbagai hal baik dalam hidup anda. Ketika kemalasan itu muncul, itu artinya semangat Anda sudah mulai redup dan berkurang. Katakan pada diri Anda sendiri dan yakini bahwa Anda bisa, Anda mampu untuk bangkit dan mengalahkan rasa malas tersebut. Motivasi akan membantu anda untuk berpikir lebioh optimis, bersemangat dan membuang kemalasan dalam diri anda.

Ingat tanggung jawab & lihat akibatnya pada diri Anda
Ingatlah kembali bagaimana akibat yang ditimbulkan jika anda malas mengerjakan segala hal yang seharusnya anda lakukan, pekerjaan akan semakin menumpuk membuat anda stres, pekerjaan maupun tanggung jawab anda tidak akan selesai tepat waktu dan tentu membuat anda tidak produktif. Ketika anda mempunyai tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan, itu berarti anda memiliki tanggung jawab yang harus anda selesaikan tepat waktu. Tanggung jawab yang ada dipundak anda adalah tanggung jawab anda, dan tanggung jawab anda adalah nilai kepercayaan orang lain terhadap diri anda.

Relaksasi sejenak
Ketika anda merasa lelah, capek, merasa mengantuk itu berarti tubuh memberitahukan kepada pikiran anda bahwa tubuh anda memerlukan sedikit waktu untuk beristirahat agar tubuh anda kembali fokus dan bersemangat untuk melakukan segala hal. Beristirahat sejenak dari kegiatan anda, sedikit relaksasi melemaskan otot otot anda yang tegang akan membuat rasa malas anda menghilang dan anda akan kembali bersemangat.

Coklat dan air putih secukupnya
Beberapa jenis makanan dan minuman stimulan (membuat anda merasa fokus) seperti suplemen, kopi, minuman berkarbonasi akan membuat anda selalu terjaga. namun beberapa minuman tersebut tentu saja tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering, nah anda bisa memilih beberapa makanan dan minuman stimulan alami yang membantu anda tetap terjaga dan membuat anda tetap fokus seperti teh hijau, coklat dan minum banyak air putih. Sebatang coklat, atau segelas air putih pada saat rasa malas itu datang, disinyalir dapat membangkitkan gairah dan kepercayaan diri Anda kembali. Makanan dan minuman tersebut dapat mengubah mood Anda menjadi lebih baik dan tentu saja sehat.

Buat list atau daftar kegiatan harian
dengan membuat daftar kegiatan atau hal apa yang anda lakukan setiap hari akan membantu anda lebih produktif dan aktif. nah jika anda selalu aktif tiap hari itu berarti anda bersemangat dan rasa malas itu dapat dihilangkan dengan berbagai macam kegiatan atau aktifitas yang telah anda buat. Dengan membuat daftar kegiatan atau pekerjaan anda tiap hari akan membuat hidup yang lebih terorganisir dan terjadwal akan meminimalisir kemalasan itu mencul.

Buatlah daftar pekerjaan yang akan anda lakukan esok hari sebelum anda tidur. Segala sesuatu yang telah tersusun rapi dapat membantu Anda memutuskan tindakan apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk Anda menunda-nunda, karena Anda telah tahu langkah apa yang harus Anda lakukan lagi.

 Berpikir positif
Berpikir positif akan membantu anda menghilangkan kemalasan dalam diri anda, pikirkan bahwa waktu akan terus berjalan dan setiap kesempatan yang telah diberikan kepada anda tidak dapat terulang lagi. Nah dengan kesadaran dan berpikiran positif anda dapat mempergunakan waktu dengan seefektif mungkin itu berarti akan membantu anda mengurangi kemalasan dalam diri anda.

Cari seseorang yang membantu mendukung anda
Pada titik kemalasan yang paling parah yang Anda alami terkadang Anda membutuhkan orang lain untuk memberikan semangat dan memotivasi Anda mengatasi kemalasan Anda. Teman yang baik pastinya akan mendorong Anda agar dapat mencapai kesuksesan. Atau pikirkan orang yang terdekat dalam diri anda untuk selalu memotivasi anda agar terbeas dari kemalasan dan membuat anda selalu bersemangat seperti pacar, orang tua, istri, anak atau orang terdekat anda lainnya.

1 comment:

  1. Pagi Admin,bermanfaat ilmunya untuk selalu semangat setiap hari.terima kasih sukses selalu

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara