8 Tips Yang Membantu Anda Lebih Optimis

Posted By : Posted on - 9:47:00 AM with No comments

Tips selalu optimis dalam menjalani hari - "Jadi orang itu yang optimis jangan pesimis seperti itu"... Anda pasti pernah mendengar kata-kata seperti itu bahkan mungkin teman atau keluarga anda melontarkan kata seperti itu jika anda merasa tidak yakin atau keraguan dengan apa yang akan anda lakukan.  Ya nasehat seperti itu memang tepat karena orang hidup harus memiliki optimisme tinggi, tahan banting, tidak kenal menyerah dan selalu hidup penuh keyakinan dengan apa yang akan dilakukannya.

Optimis atau optimisme dalam tata bahasa yang benar seperti dikutip dari situs Wikipedia adalah paham atau keyakinan atas segala sesuatu dari segi yang baik dan menyenangkan dan sikap selalu mempunyai harapan baik dalam segala hal. Nah dengan kata lain optimis adalah keyakinan terhadap kemampuan diri untuk melakukan hal yang baik dan menyenangkan dalam mewujudkan harapan, impian ataupun cita-cita. Maka tidak mengherankan jika seseorang yang memiliki sikap optimisme tinggi dalam hidupnya biasanya orang tersebut akan sukses dikemudian hari.

8 Tips Yang Membantu Anda Lebih Optimis

Tidak seorangpun hidup tanpa masalah. Ini adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Setiap orang mempunyai saat-saat sulit sendiri tetapi bersikap optimis saat masa sulit adalah hal penting untuk meraih hal yang lebih besar dalam hidupmu. Berikut ini adalah hal penting untuk tetap optimis dalam menjalani hari -hari anda:

Selalu bersyukur
Bersyukur merupakan wujud terima kasih anda kepada Tuhan atas apa yang dianugerahkan kepada anda baik hal buruk maupun hal baik. Dengan bersyukur anda akan lebih menikmati dan menghargai setiap detik kesempatan yang diberikan kepada Anda.  Kadang seseorang lebih mudah untuk menemukan 1000 alasan untuk mengeluh, daripada alasan untuk merasa bersyukur di masa yang sulit. nah dengan bersyukur hal ini akan mengajari anda untuk memiliki optimisme atau keyakinan bahwasannya dalam kehidupan selalu ada hal baik dan hal buruk yang anda terima. Jika anda diberi kenikmatan, kesuksesan dan kemudahan dalam hidup anda akan mampu menghargai dan menggunakan segala anugerah itu dengan baik, sedang jika anda diberi kesulitan, hambatan atau kegagalan maka anda akan lebih optimis bahwasannya disetiap kesulitan itu solusi untuk memecahkannya dan disetiap kesulitan selalu ada kemudahan jika kita selalu optimis.

Jangan Mengeluh & selalu berpikir positif
Masih ingat tukang pencari emas yang menghentikan cangkulnya untuk menggali emas padahal tinggal sejengkal lagi dengan emas yang dicarinya, ya karena penggali emas tersebut mudah mengeluh, mudah berputus asa dan tidak memiliki optimisme yang tinggi padahal sedikit lagi kesuksesan akan dia raih. Sama halnya ketika kita gagal, merasa kesulitan kita selalu terfokus kepada "mengeluh" daripada sibuk mencari solusi atau pemecahan masalah yang tepat untuk mengatasi masalah, kesulitan atau kegagalan kita. Orang yang optimis akan selalu pantang untuk menyerah, berputus asa ketika menemui kesulitan atau lari menghindari masalah karena mereka memiliki keyakinan, kemampuan dan harapan. Orang yang optimis akan berpikir "Tidak ada hal yang benar benar gagal ketika tidak menghentikan apa yang kita usahakan".

Ada pesan dari seseorang, manusia itu adalah medan magnet yang sangat besar, yang memiliki kemampuan dalam menarik hal-hal positif maupun negatif disekitar kita dengan sangat cepat. Maka dari itu sebisa mungkin didalam kondisi sulit ataupun tidak usahakan untuk tidak berpikiran negatif, berkeluh kesah, lebih baik berfikir positif.... Dengan berpikir positif anda juga akan menarik hal hal positif disekitar anda. Tidak ada seorang pun yang bisa kebal terhadap kerasnya kehidupan. Bahkan pada orang optimis sekalipun. Kuncinya ada pada pikiran tetap positif dengan tetap berpijak pada kenyataan yang ada. “Ada banyak tantangan yang dialami. Orang positif mendekatinya dengan mentalitas ‘ini juga akan berlalu’. Ini menjadi gambaran bahwa mereka pernah melalui tantangan sebelumnya dan berhasil melaluinya,”lanjut Blakeman.

Selalu termotivasi
Untuk menumbuhkan optimisme dalam diri anda selalu motivasi diri anda dengan hal hal baik seperti "jika saya ragu apa yang akan saya terima, jika saya yakin saya pasti sukses". Motivasi akan membuat diri anda dan menumbuhkan sikap optimis dalam kehidupan anda sehari-hari. Motivasi tidak harus membaca entrepeneur atau motivator saja, bahkan anda bisa memotivasi diri anda untuk bisa bersikap optimis dengan berdoa. Setiap doa pasti untuk hal baik dan untuk meminta segala harapan, impian maupun cita cita anda agar terkabul. Nah dengan berdoa tentu anda akan lebih termotivasi untuk mewujudkan apa yang menjadi doa anda dan bersemangat dalam memproses setiap harapan, cita cita maupun impian anda menjadi aksi nyata untuk mewujudkannya.

Fokuslah terhadap masa depan & jangan sia-siakan waktumu
Memiliki kefokusan terhadap masa depan anda merupakan faktor penting untuk menumbuhkan optimisme dalam hidup anda. Masa sekarang akan menjadi masa lampau satu detik dari sekarang, dan masa depan akan menjadi masa lampau satu detik sesudahnya. Nah gunakan waktumu dengan lebih baik dan selalu penuh optimisme tinggi dalam mewujudkan apa impian anda di masa depan karena anda tidak bisa mengulangi 1 detik yang terlewat dalam hidup anda. Apakah kamu ingin membuat memori positif yang lain dengan melakukan hal yang positif atau hari-hari yang suram dengan terus mengeluh?

Buang kecemasan, kekhawatiran, tekanan dan rasa takut
Kecemasan, kekhawatiran, rasa takut merupakan faktor utama yang menyebabkan sikap optimis menurun. Manusia hidup memang wajar untuk khawatir, was was, takut atau tertekan. namun jangan jadikan hal hal seperti itu berlebihan dan membuat anda pesimis dalam menghadapi hidup. Ketika anda ingin lebih bisa optimis dalam menghadapi hari dan menyongsong masa depan anda maka anda harus belajar untuk memanage atau mengelola kekhawatiran, rasa cemas, was-was, stres dan rasa takut anda dalam level normal. nah anda bisa menggunakan teknik relaksasi pikiran seperti yoga, meditasi, olah pernapasan, tai chi maupun teknik relaksasi lain yang akan membuat anda lebih rileks dan tenang. nah jika pikiran anda selalu rileks dan tenang dalam menghadapi setiap kesulitan maka anda akan lebih optimis dalam menjalani hidup.

Jangan menyalahkan diri anda
Orang positif belajar untuk menerima dirinya, apa adanya baik segala kekurangan yang dimilikinya karena mereka yakin disetiap kekurangan yang ada pada dirinya terdapat kelebihan lain yang mungkin tidak ditemukan di orang orang lain. Penerimaan diri ini menjadi penting agar hidup Anda menjadi lebih bahagia. Salah satu cara untuk menanamkan lebih banyak perasaan kasih terhadap diri sendiri adalah melalui meditasi penuh kasih dan cinta. Olah raga juga dapat membuat perasaan kasih meluas. Riset yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science menjumpai mereka yang secara rutin mempraktikkan aktivitas tersebut merasakan emosinya menjadi lebih positif.

Lingkungan yang baik
Ya sama seperti pepatah "Jika anda berkumpul dengan penjual parfum maka anda akan ikut merasakan wanginya begitu juga jika anda berkumpul dengan penjual gorengan maka bau anda akan seperti gorengan". Ya, lingkungan bisa memberi pengaruh besar dalam hidup Anda. Studi menunjukkan emosi seperti stres maupun kebahagiaan itu menular. Artinya semakin banyak Anda berada di sekitarnya, akan cenderung merefleksikan perilaku tersebut.  Pada orang positif, mereka membentuk lingkaran sosial yang kuat yang akan menguatkan sifat optimis mereka. Ini berarti, kalau ingin menjadi lebih optimis bertemanlah dengan orang-orang yang selalu menebarkan rasa optimis tersebut.

Selalu memiliki target atau rencana
Anda bisa menjadi orang yang optimis, dengan terus menerus memikirkan aksi-aksi apa yang bisa segera dilakukan, agar semua target penting bisa tercapai. Semakin sibuk anda mengejar target, semakin berenergi dan antusias anda. Dengan begitu optimisme anda akan terbangun untuk mewujudkan setiap target yang anda rencanakan sebelumnya. Semakin sibuk anda dalam mengejar semua impian dan harapan, semakin cepat anda akan bergerak maju, hingga semakin banyak yang bisa anda selesaikan, dan akhirnya semakin bahagia yang akan anda rasakan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara