Tips Mengurangi Sakit / Nyeri Punggung Saat Bekerja

Posted By : Posted on - 11:55:00 AM with 2 comments

Mengatasi nyeri punggung saat bekerja - Kebanyakan orang, khususnya mereka yang harus duduk berjam-jam di tempat kerja, biasanya akrab dengan yang namanya sakit punggung. Duduk lama di depan komputer atau saat bekerja akan membuat punggung terasa pegal atau sakit karena posisi tulang belakang tidak cukup bergerak dalam waktu yang cukup lama. Nah untuk mencegah agar anda tidak mengalami nyeri atau sakit punggung yang pada akhirnya dapat menghambat kinerja anda kali ini Tips & Cara akan berbagi sedikit tips mengurangi dampak sakit punggung karena duduk bekerja berjam jam atau dalam waktu yang lama.

Tips Mengurangi Sakit / Nyeri Punggung Saat Bekerja

Selain karena duduk terlalu lama nyeri atau sakit punggung bisa disebabkan oleh bermacam macam faktor, nah berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan sakit atau nyeri pada punggung.

Postur tubuh yang buruk
Postur tubuh yang kurang tepat menyebabkan lengkung tulang belakang tidak berada dalam satu garis lurus sehingga mudah cedera dan menimbulkan kelainan premature pada diskus. Diskus yang rapuh tidak lagi mampu menjadi bantalan vertebra. Kelainan akibat postur tubuh yang buruk yaitu tulang belakang terlalu melengkung ke depan atau belakang.

Stress
Punggung sangat sensitive terhadap ketegangan otot akibat stress sehari-hari. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung mengalami spasme (kejang). Kondisi ini menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi terhambat, sehingga otot kekurangan oksigen. Akibatnya, penderita mengalami nyeri yang semakin parah jika tidak segera ditangani dokter.

Kurang Olahraga
80 % kasus nyeri tulang punggung disebabkan karena buruknya kelenturan (tonus) otot atau kurang berolahraga. Otot yang lemah, terutama pada daerah perut, tentu tidak mampu menyokong punggung secara maksimal.

Osteoarthritis
Proses penuaan menyebabkan diskus keluar (menonjol) dari tempat semestinya dan menghasilkan pertumbuhan tulangbaru seperti taji yang menimbulkan radang sendi disertai nyeri. Postur tubuh dan perawatan tulang belakang yang baik biasanya dapat meredakannya.

Cedera dan ketegangan otot
Gerakan memutar, membungkuk atau mengangkat beban berat yang tidak dilakukan secara benar, akan mengakibatkan ketegangan pada otot atau cedera ligamen (jaringan elastis yang menjaga kestabilan tulang). Hal yang sama juga dapat terjadi akibat gerakan secara mendadak dalam berolahraga, misalnya ketika berganti arah.
   
Obesitas
Berat badan yang berlebihan akan memberikan tekanan yang besar terhadap bantalan tulang belakang, postur tubuh pun berubah mengakibatkan syaraf tulang belakang menjadi kaku dan menimbulkan nyeri.

Tips Mengurangi Sakit / Nyeri Punggung Saat Bekerja

Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang bermanfaat yang dapat membantu meringankan sakit punggung saat bekerja:

  • Pastikan bahwa Anda memperhatikan postur tubuh Anda sambil duduk di depan komputer apalagi untuk jangka waktu yang cukup lama.
  • Hindari duduk untuk waktu yang lama di depan komputer. Jika itu suatu keharusan cobalah ambil waktu istirahat pendek jika memungkinkan, cobalah mengambil lima menit untuk berjalan istirahat setiap jam.
  • Pastikan Anda mengubah postur tubuh Anda sebanyak yang Anda bisa, bangkit dan peregangan setiap kali Anda merasa lelah.
  • Pilihlah kursi yang nyaman dan mendukung punggung Anda serta yang memungkinkan Anda untuk beristirahat kedua kaki datar di lantai dan selebar bahu.
  • Ketika duduk, usahakan posisi lutut 90 derajat, langsung di atas pergelangan kaki Anda untuk menjaga tulang belakang Anda nyaman dan tegak.
  • Jangan duduk dengan kaki disilangkan. Ini akan membuat sulit untuk menjaga tulang belakang lurus dan bahu kuadrat, sehingga memperburuk sakit punggung.
  • Menempatkan sistem Anda pada tingkat optimal sehingga Anda tidak perlu meliukkan kepala dan leher untuk bekerja di dalamnya.
  • Menjaga layar komputer Anda di tingkat yang setara dengan mata anda jangan terlalu tinggi atau ke bawah.
  • Cobalah untuk menjaga berat badan Anda seimbang pada kaki Anda sambil berdiri.
  • Jika Anda harus berbicara di telepon terlalu sering, gunakan headset atau speakerphone untuk menghindari kepala dan leher membungkuk yang hanya akan memperburuk rasa sakit.

2 comments:

  1. Increasingly frequent visitor to this blog, because I like being able to get the knowledge from here.

    ReplyDelete
  2. salah satu terapi untuk Nyeri punggung bawah/ low back pain adalah menggunakan korset lumbal. penggunan korset lumbal sebenarnya hanya untuk membantu percepatan penyembuhan karena terapi. bila terapi tidak dijalankan ya korset lumbal hanya berguna untuk memberikan support pada punggung supaya beban pungung tidak berlebihan. semuanya harus saling melengkapi untuk memberikan hasil yang maksimal.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara