4 Tips Efektif Menjaga Kesehatan Mata Anda

Tips menjaga kesehatan mata - Mata kita merupakan salah satu organ atau bagian penting dari tubuh, salah satu organ vital yang membantu kita melihat keindahan dunia ini. Jadi sangat penting untuk memperhatikan kesehatan panca indera yang satu ini. Seperti dikutip dari situs Wikipedia.org mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Tips menjaga kesehatan mata


Mata terbagi menjadi beberapa bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam, pada organ luar terdapat bulu mata, alis mata dan kelopak mata. Sedang fungsi dari organ luar mata tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bulu mata berfungsi menyaring cahaya yang akan diterima.
  • Alis mata berfungsi menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.
  • Kelopak mata berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata.

Sedang organ dalam bagian mata memiliki fungsi yang lebih kompleks dan terdiri dari beberapa bagian dan diantaranya adalah kornea, sklera, pupil, selaput pelangi, lensa mata, retina atau selaput jala dan saraf optik. sedang untuk fungsinya berikut adalah pengertian dan penjelasannya:

  • Kornea berfungsi untuk melindungi bagian sensitif di belakangnya, membantu mata memfokuskan bayangan pada retina. Merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya
  • Sklera merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih. Tebalnya rata-rata 1 milimeter tetapi pada irensi otot, menebal menjadi 3 milimeter.
  • Pupil dan selaput pelangi mereaksi cahayua dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh selaput pelangi di sekelilingnya. Selaput pelangi berfungsi sebagai diafragma. Selaput pelangi inilah terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.
  • Lensa mata berfungsi menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal.
  • Retina atau Selaput Jala adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.
  • Saraf optik merupakan saraf pada mata yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.

Nah setelah anda mengetahui bagian bagian dari organ mata maka akan lebih baik anda juga mengetahui beberapa penyakit mata yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, berikut adalah beberapa penyakit terkait dengan organ visual yaitu mata:

  • Miopi yaitu gangguan kesehatan pada mata seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh. Biasanya terjadi pada pelajar. Dapat dibantu dengan kacamata berlensa cekung.
  • Hipermetropi yaitu gangguan pada mata seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat dari mata. Dapat dibantu dengan kacamata berlensa cembung.
  • Presbiopi yaitu gangguan pada mata seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh. Dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Biasa terjadi pada lansia.
  • Kerabunan dan kebutaan berarti seseorang tidak dapat melihat benda apa pun sama sekali. Buta bisa saja diakibatkan keturunan, maupun kecelakaan. Bayi yang lahir prematur dengan usia kehamilan kurang dari 32 minggu, juga dapat mengalami Retinopathy of Prematurity (ROP) dan dapat mengalamai ganguan penglihatan hingga kebutaan total, jika tidak diterapi secepatnya. Rabun berarti seseorang hanya dapat melihat dengan samar-samar. Orang-orang yang buta maupun rabun biasanya "membaca" menggunakan jari-jarinya dengan alat bantu berupa huruf Braille.
  • Buta warna adalah suatu kondisi seseorang tidak mampu merepresentasikan warna. Buta warna total sama sekali tidak dapat membedakan warna, yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih (grey scale). Sedangkan jika tidak bisa membedakan warna tertentu disebut buta warna parsial. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan, artinya jika seseorang buta warna, pasti anaknya juga mewarisi gen buta warna, namun belum tentu menderita buta warna.
  • Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan, terjadi pada orang lanjut usia (lansia).
  • Astigmatis merupakan ketidakaturan lengkung-lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik retina (bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata silinder/Operasi refraktif.
  • Rabun senja adalah penyakit mata yang disebabkan karena mata kekurangan vitamin A. Penderita biasanya tidak bisa melihat pada saat sore hari saja.
Tips menjaga kesehatan mata

Untuk menghindari beberapa gangguan atau masalah pada organ visual ini berikut adalah beberapa tips kesehatan seperti dikutip dari situs kesehatan Zeenews.com tentang bagaimana menjaga kesehatan mata anda:

Pola makan sehat dan seimbang
Diet memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata anda. Konsumsi Vitamin A, Makan sayuran berdaun hijau, buah-buahan, telur dan almond untuk menjaga mata Anda tetap tajam dan sehat. Ikan seperti tuna, salmon dan ikan berminyak lainnya. Makanan ini kaya nutrisi seperti omega-3 asam lemak, lutein, zinc, dan vitamin C dan E. Studi menunjukkan nutrisi ini dapat membantu menangkal masalah yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula visi dan katarak.

Lindungi mata dari sinar UV
Sinar UV atau sinar ultraviolet seringkali menjadi perhatian penting yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mata. Sinar ultraviolet dibagi menjadi dua yaitu UV A dan UV B. Usahakan memakai kacamata untuk melindungi mata anda dari sinar matahari saat akan keluar atau mengharuskan anda untuk bekerja atau beraktifitas cukup lama dibawah terik sinar matahari. Karena terlalu banyak paparan sinar UV dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula.

Relaksasi
Dalam rangka untuk menjaga mata kita sehat, mereka perlu olahraga teratur sama seperti otot lain dalam tubuh. Beberaa latihan yang membantu mengembalikan mata anda yang lelah tetap sehat dan jernih maka ikuti tips ini:

Duduk tenang dengan mata tertutup dan tempatkan tangan Anda yang sebelumnya telah anda gosok sampai telapak tangan menjadi hangat. Menempatkan atau menutup mata anda dengan menggunakan telapak tangan anda dengan lembut di atas mata Anda dan biarkan mata Anda rileks. Lakukan ini setiap kali Anda lama dibawah sinar matahari, lama menonton tv, lama terpapar cahaya yang tajam dan terutama ketika Anda bekerja lama didepan komputer. Terlepas dari ini, anda juga bisa mengistirahatkan mata Anda dengan menunduk selama 20 detik setelah setiap 20 menit anda didepan komputer. Juga, cobalah untuk bangun dan mengambil 15 menit istirahat setelah setiap 2 jam.

Pemeriksaan teratur mata
Pemeriksaan mata merupakan bagian penting bagi setiap individu dan bukan hanya untuk orang yang mengalami masalah dalam ketajaman visual mereka. Dengan pemeriksaan rutin pada mata anda akan cepat terdeteksi jika anda menderita gangguan pada organ visual ini dan cepat mendapatkan perawatan yang tepat jika ditemukan gangguan atau masalah kesehatan pada ,mata anda. Ini harus menjadi bagian dari rutinitas pemeriksaan kesehatan yang normal untuk menikmati penglihatan yang sehat. Selain itu, perawatan mata secara teratur juga dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan yang sistematis lainnya sehingga menghindari komplikasi lebih lanjut di kemudian hari.

4 comments:

  1. terimakasih atas info nya
    yang sangat bermanfaat
    sukses terus gan

    ReplyDelete
  2. bagaimana dengan pemakaian kacamata saat berada di depan laptop, mungkin ada referensi yang bisa dibagikan untuk jenis kacamatanya ?

    ReplyDelete
  3. thanks gan!!

    produsen mukena
    www.mukenadistro.com

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara