Tips Mengurangi Bau Badan & Keringat Berlebih

Posted By : Posted on - 10:53:00 AM with 1 comment

Mengurangi bau badan dan keringat berlebih - Salah satu faktor yang menyebabkan bau badan adalah keringat. Keluar keringat menandakan merupakan hal yang wajar dan normal, hal ini menandakan bahwa tubuh bekerja secara normal dalam menurunkan suhu tubuh. Namun apa jadinya jika keringat keluar terlalu berlebih dan membuat bau badan meningkat jadi kurang pede kan? Lalu mengapa keringat bisa membuat bau badan? Kandungan utama dalam keringat adalah natrium klorida (bahan utama garam dapur maka tidak mengherankan jika keringat berasa asin) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma bau) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).

Tips Mengurangi Bau Badan & Keringat Berlebih

Keringat terjadi merupakan efek pendinginan karena panas tubuh, oleh karena itu, pada cuaca panas, atau ketika otot memanas karena bekerja keras, keringat akan dihasilkan. Keringat meningkat dalam keadaan gugup dan mual, serta menurun dalam keadaan demam. Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat dan seperti kita ketahui kelenjar keringat ada 2 yaitu kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar keringat ekrin tersebar di seluruh permukaan tubuh tetapi lebih banyak terdapat telapak tangan, telapak kaki, dan wajah. Keringat yang dihasilkan adalah air yang mengandung berbagai macam garam. Kelenjar ini berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Kelenjar keringat apokrin menghasilkan keringat yang mengandung lemak. Kelenjar ini terutama terdapat pada ketiak dan sekitar alat kelamin. Aktivitas kelenjar ini menghasilkan bau karena aktivitas bakteri yang memecah komponen organik dari keringat yang dihasilkannya.

Nah secara alami memiliki banyak manfaat dan kegunaan dan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuang racun dari dalam tubuh.
  • Membantu mengatur suhu atau mendinginkan tubuh saat kepanasan.
  • Membakar kalori   
  • Menurunkan stres.
  • Memperlancar sirkulasi darah.
  • Mempercantik kulit.

Jika keringat keluar dalam keadaan normal dan sebagaimana mestinya maka tubuh akan menjadi lebih sehat, namun jika keringat keluar berlebih tentu saja dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri dan gangguan kesehatan seperti:

  • Keringat berlebih dapat membuat kulit dan baju terlihat basah atau lembab.
  • Karena mengandung garam, keringat akan dapat meninggalkan bercak keputihan atau kekuningan pada pakaian.
  • Keringat yang berlebihan dapat menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan pada kulit.
  • Keringat dapat menciptakan lingkungan yang tepat untuk tumbuhnya beberapa mikroorganisme berbahaya seperti jamur.
  • Langsung mandi dengan air dingin setelah berkeringat banyak beresiko fatal.
  • Bila ingin mandi setelah berkeringat banyak, tunggulah sejenak sebelum mandi dan gunakanlah air hangat ketika mandi.
Tips Mengurangi Bau Badan & Keringat Berlebih

Keringat berlebih maupun sisa sisa keringan di tubuh dapat menjadi media yang baik bagi tumbuh kembang jamur maupun bakteri apalagi kita jarang memperhatikan kebersihan badan. Keringat yang berlebih sering menimbulkan masalah, selain menimbulkan bau badan juga menyebabkan perasaan tidak nyaman dan kurang percaya diri. Nah jika anda memiliki masalah keringat berlebih sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait agar mendapatkan penanganan yang tepat dalam mengatasi masalah ini, dan beikut adalah beberapa tips dalam mengurangi keringat tubuh yang berlebih yang dapat membuat bau badan:

Hindari Mengkonsumsi Makanan Pedas.
Dalam makanan pedas dan umumnya terdapat pada cabai atau merica ada bahan tertentu yang disebut capsaicin. Bahan inilah yang dapat membuat suhu tubuh meningkat dan dapat membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Bahan kimia yang terkandung dalam makanan pedas dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga otak bereaksi cepat dan mengeluarkan keringat berlebih. Untuk itu hindari asupan jenis makanan ini.

Kurangi berat badan berlebih
Seseorang yang memiliki berat badan berlebih biasanya juga memiliki keringat berlebih daripada mereka yang bertubuh ideal maupun yang kurus. Jadi pastikan untuk berolahraga secara teratur agar berat badan anda dalam kondisi normal atau ideal sehingga tubuh tidak memproduksi keringat berlebih.

Hindari makan terlalu kenyang dan perbanyak buah dan sayur
Asupan makanan yang berlebih (kekenyangan) menjadi penyebab keringat berlebih, karena makanan tersebut sulit dicerna sehingga metabolisme tubuh bekerja lebih keras dan suhu tubuh pun memanas. Untuk itu ganti menu makanan dengan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak serat dan mudah dicerna oleh tubuh dan tentunya menyehatkan.

Konsumsi buah anggur maupun tomat
Buah anggur memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jus anggur ini bisa diganti dengan jus tomat karena komposisi hampir sama dengan anggur. Kedua buah tersebut baik untuk menghilangkan bau keringat secara alami.

Hindari minuman berenergi, alkohol dan kopi.
Seperti anda ketahui minuman berenergi secara umum membuat detak jantung meningkat termasuk juga kafein dalam kopi. Minuman minuman ini dapat menjadi faktor penyebab anda memiliki keringat berlebih karena dapat mempercepat laju sistem syaraf yang berperan penting dalam meningkatkan suhu tubuh.

Gunakan Tawas untuk membatasi keringat di ketiak.
Tawas bisa membuat ketiak anda tetap kering dan tidak lembab. Untuk itu gunakan setiap saat agar ketiak anda tetap kering, maka produksi keringat pada lipatan ketiak tidak tercampur dengan bakteri.

Gunakan pakaian yang tepat
Kenakan busana yang terbuat dari bahan katun atau wool, dan hindari bahan sintesis. Bahan katun atau wool dapat menjaga sirkulasi udara sehingga tubuh mudah bernafas. Jenis bahan ini juga mudah menyerap keringat berlebih sehingga menghindari tubuh dari bau badan.

1 comment:

  1. Bau badan dikarenakan keringat yang berlebihan, maka dari itu untuk menjaga badan tidak bau, apa lagi ketiak, hindari badan berkeringat..

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara