Tips Agar Selalu Bersemangat Dalam Bekerja

Posted By : Posted on - 11:48:00 AM with No comments

Meningkatkan semangat kerja - Terkadang ada saja hal yang membuat seseorang merasakan penurunan semangat dalam bekerja. Beberapa alasan yang paling umum yang menyebabkan seseorang malas atau tidak bersemangat dalam bekerja adalah mood atau perubahan suasana hati, lingkungan kerja, belum menentukan tujuan yang tepat dalam bekerja, terlalu banyak mengeluh, kondisi emosional dll. nah jika keadaan ini (tidak semangat kerja) anda biarkan tentu saja akan mengganggu kualitas kinerja anda, pekerjaan akan menumpuk dan tidak selesai dan pada akhirnya anda enggan menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggung jawab anda karena pekerjaan menjadi menumpuk.

Berikut adalah beberapa saran yang di direkomendasikan oleh beberapa konsultan karier yang kami kutip dari beberapa situs jobs populer tentang tips bagaimana meningkatkan semangat dalam bekerja:

Selalu Bersemangat Dalam Bekerja

Selalu Bersemangat Dalam Pekerjaan

Sadari pekerjaan anda adalah aktifitas vital anda
Dengan menyadari bahwa anda bekerja atau memiliki pekerjaan merupakan aktifitas yang penting untuk dilakukan maka anda akan selalu termotivasi untuk giat bekerja atau bersemangat. Sadarilah bahwa pekerjaan anda adalah penghasilan anda dalam menopang hidup anda maupun keluarga, pekerjaan anda adalah aktifitas yang membuat anda memiliki kegiatan berguna, sadari konsekuensi bagaimana jika anda menganggur dll.  Pekerjaan anda sampai di posisi  sekarang, Anda telah melewati perjalanan panjang, menghadapi persaingan berat dengan sesama pelamar, rekan-rekan kerja, dan pekerjaan-pekerjaan yang membuat Anda mesti lembur. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bergembira dan bergairah saat ini.

Ambil istirahat atau cuti kerja anda
Pekerjaan memang vital namun adakalanya rutinitas pekerjaan membuat anda stres atau merasakan kejenuhan. Atau adakalanya seseorang mengalami masalah internal (konflik atau gesekan dalam pekerjaan) maupun eksternal (masalah hidup diluar pekerjaan) yang membuat seseorang tidak bersemangat dalam bekerja maka ambilah waktu untuk beristirahat (cuti) dan gunakan waktu cuti ini untuk refresing atau relaksasi untuk menumbuhkan atau mengembalikan lagi mood anda untuk bekerja.

Membagi waktu dengan baik
Bagi anda yang tidak bisa membagi waktu antara istirahat dan waktu bekerja tentu akan menimbulkan berbagai masalah kondisi emosional maupun kondisi fisik yang tidak baik sehingga mengganggu kinerja anda dan menurunkan semangat anda dalam bekerja. Gunakan waktu saat tidak bekerja seperti tidur cukup, kurangi begadang, gunakan waktu dengan baik sehingga tidak mengganggu aktifitas anda dalam bekerja karena hal ini bisa meurunkan semangat anda dalam bekerja.

Teratur berolahraga
Fakta telah membuktikan bahwa dengan berolahraga secara teratur maka kondisi mental dan fisik seseorang akan meningkat dengan demikian akan meningkatkan semagat untuk bekerja dengan baik. Hal ini karena sistem metabolisme yang meningkat pada tubuh akan mendukung kinerja anda secara umum termasuk semangat dalam bekerja.

Pola makan yang sehat dan seimbang
ya makanan sangat mempengaruhi semangat kerja anda jadi pastikan untuk selalu memenuhi asupan gizi anda dengan makanan yang bergizi dan seimbang untuk menunjang energi besar yang anda gunakan untuk aktifitas bekerja.

Relaksasi
Saat anda stres atau merasa letih, capek, lesu tentu hal ini akan mengganggu konsentrasi dan semangat anda dalam bekerja. Nah jadi pastikan untuk melakukan relaksasi yang baik dan benar saat libur akhir pekan anda untuk mengembalikan mood anda bekerja di pekan berikutnya. Relaksai ini bisa dengan cara pijat refleksi, aroma terapi, berendam air hangat, berlibur akhir pekan dengan teman atau keluarga anda dll.

Ciptakan suasana kondusif dalam internal pekerjaan
Ya seseorang akan merasa semangat bekerja jika suasana dalam pekerjaan harmonis, tempat kerja yang bersih dan rapi, hubungan dengan sesama kolega, atasan maupun bawahan dapat terjalin dengan baik dll.

Motivasi dan mindset Positif
Pastikan untuk selalu merasa termotivasi dalam bekerja dengan bergaul dengan banyak orang yang mencintai pekerjaan mereka, orang yang memiliki profesionalisme tinggi, orang orang yang inspiratif dan selalu termotivasi akan membuat anda memiliki pandangan yang sama dengan orang orang tersebut. Visualisasi mendetail dan menarik mengenai pekerjaan yang tertanam di hati Anda, akan mendorong kecintaan terhadap pekerjaan. Dengan berpikir positif, Anda akan melihat tantangan sebagai jalan untuk meningkatkan kualitas diri. Pandai-pandailah bersyukur, masih banyak orang lain yang mengalami kesulitan lebih dalam dan mampu bertahan.

Pupuk rasa cinta dalam kerja
Orang yang selalu mencintai pekerjaan mereka akan selalu bersemangat dalam bekerja sesuai dengan bidang pekerjaan yang mereka geluti. Bila Anda tidak mencintai pekerjaan, maka cintailah hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Anda seperti gaji yang besar, lingkungan kerja yang menyenangkan, teman-teman yang baik, dan lain-lain. Hal tersebut akan jadi penyemangat Anda.

Everyday is a new day
Mulailah pagi hari dengan senyum dan semangat. Jika pagi hari dimulai dengan semangat, biasanya Anda akan terus semangat sampai sore. Jadikan Senin ini berbeda dengan Senin minggu lalu, dan nikmati setiap hari sebagai hari baru yang penuh tantangan dan harapan.

Nah itulah mungkin sedikit hal hal yang bisa membuat anda selalu bersemangat untuk bekerja, tentu masih banyak hal lain lagi yang membuat anda untuk selalu bersemangat dalam bekerja, nah jika anda memiliki pengalaman atau pandangan lain silahkan share tips anda dengan berkomentar atau menshare artikel anda di email kami dan bagi pengalaman anda dengan ribuan pembaca blog ini, terima kasih telah berkunjung di blog ini.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara