Cara Natural Mengatasi Jerawat, Aman & Tanpa Efek Samping

Cara mengatasi jerawat - Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti pernah yang mengalami yang namanya jerawat di dalam hidupnya walaupun hanya sekali, setidaknya begitulah pendapat Kligmann seorang pakar dan peneliti jerawat. Lalu bagaimana jerawat bisa terjadi? Jerawat akan timbul atau muncul bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa faktor diantaranya yang menyebabkan jerawat adalah sebagai berikut:

Cara alami mengatasi jerawat

Penyebab umum Jerawat

  • Jerawat bisa muncul ketika pori pori kulit tersumbat oleh baik debu, kotoran, tumpukan minyak, sel kulit mati, sisa kosmetik dan menyebabkan peradangan dibawah sel kulit mati sehingga akan muncul peradangan yang menyembul diatas kulit biasanya ditandai dengan warna kemerahan pada kulit. hal ini bisa diperparah oleh bakteri P Acne (bakteri penyebab jerawat). Jadi bakteri ini juga sangat mempengaruhi timbulnya jerawat bahkan untuk kasus tertentu bakteri ini akan berkembang di dalam kelenjar sebaceous dan menyebabkan iritasi yang lebih meluas, dan pada kasus ini terjadi pada jerawat batu.
  • Jerawat juga bisa muncul akibat masalah hormonal (perubahan hormon dalam tubuh), perubahan hormon ini bisa terjadi ketika stres, mengandung, menstruasi, penggunaan obatan tertentu seperti pil KB.
  • Produksi minyak berlebih juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Ketika wajah ataupun tubuh memproduksi minyak berlebih maka kemungkinan paling sering seseorang tersebut lebih mungkin untuk menderita jerawat.
  • Penggunaan alat sehari hari yang kotor bisa menyebabkan jerawat seperti handuk, telepon seluler, bantal, selimut maupun alat alat kotor lain dapat menyebabkan perpindahan kotoran ke kulit yang dapat menyumbat pori-pori sehingga bisa menyebabkan jerawat. Penggunaan kosmetik dan obat obatan tertentu juga bisa menyebabkan jerawat.

Nah itulah beberapa faktor yang paling sering dan umum yang dapat menyebabkan jerawat. Jadi pastikan anda mengetahui tips tips dalam mencegah timbulnya jerawat seperti:

Pencegahan Jerawat

  • Hindari stres
  • Pastikan kulit wajah anda selalu bersih dari kotoran, debu, minyak maupun sisa sisa kosmetik (riasan) seperti mencuci wajah sebelum anda tidur atau sehabis bepergian.
  • Selalu gunakan sabun wajah yang tepat dengan jenis kulit anda, penggunaan sabun wajah yang tidak tepat justru akan membuat produksi minyak berlebih pada wajah sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Gunakan perlengkapan sehari hari dalam keadaan bersih seperti telepon seluler, helm, bantal, selimut, handuk dan perlengkapan anda sehari hari dalam keadaan bersih.
  • Jangan terlalu sering menyentuh atau memencet jerawat hal itu justru bisa menyebabkan area jerawat meluas.
  • Pola hidup sehat dengan berolahraga teratur, pola makan yang sehat dan seimbang seperti perbanyak air putih, buah dan sayur, serta hindari stres.
  • Hindari terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memperbesar kemungkinan timbulnya jerawat seperti makanan berminyak, gorengan, kopi, minuman berkarbonasi dll.

Jerawat umumnya dibagi dalam 3 kategori sebagai berikut:

Jenis-jenis Jerawat

Komedo
Komedo merupakan juga jenis jerawat, komedo ini ada 2 jenis yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead). Komedo terbuka atau black head merupakan komedo terbuka (karena komedo ini berada di lapisan kulit luar) dan biasanya warnanya putih dengan ujung hitam dan biasanya terdapat di hidung dan atas dagu atau bawah bibir. White head atau komedo tertutup merupakan jenis komedo yang terletak dibawah lapisan kulit biasanya ditandai dengan jerawat putih di lapisan dalam kulit dan biasanya sering terdapat di pipi atau dahi.

Jerawat biasa atau ringan
Jerawat ini yang paling umum diderita oleh seseorang.  Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

Jerawat batu atau jerawat berat
Jerawat berat atau jerawat batu atau dalam dunai medis sering disebut dengan Cystic Acne merupakan jenis jerawat berat karena jerawat jenis ini sangat sulit untuk diatasi, sebaiknya anda mengonsultasikan hal ini kepada dokter terkait untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Cystic acne biasanya bersifat gen atau keturunan jadi jika anggota keluarga anda seperti kakek, nenek, ayah atau ibu anda menderita jerawat ini maka hal ini sangat mungkin untuk anda derita juga. Cystic acne atau jerawat batu biasanya penderitanya memproduksi minya yang berlebih secara terus menerus sehingga menyebabkan membanjiri pori pori kulit dan menyebabkan peradangan hebat yang meluas, besar besar dan menyeluruh ke seluruh wajah.  Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Setelah anda mengetahui penyebab, pencegahan dan jenis-jenis jerawat maka kini saatnya anda mengetahui bagaimana mengatasi jerawat dengan aman dan tanpa efek samping karena menggunakan bahan bahan alami yang tentu saja aman bagi segaa jenis kulit anda. Berikut adalah cara mengatasi jerawat dengan aman dan tanpa efek samping.

Mengatasi Jerawat Secara Alami
  • Pastikan anda selalu membersihkan wajah untuk mengurangi area jerawat meluas.
  • Jangan memencet atau terlalu sering menyentuh jerawat karena bisa menyebabkan area jerawat meluas dan bisa berpeluang meninggalkan bakteri dari tangan anda ke jerawat yang akan memperparah kondisi jerawat
  • Hentikan penggunakan sabun wajah yang tidak tepat.
  • Hentikan menggunakan kosmetik atau riasan sampai jerawat anda menghilang.
  • Anda juga bisa menggunakan bahan bahan herbal atau alami untuk mengatasi jerawat yang membandel dengan cara sebagai berikut:

Mengatasi jerawat dengan bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang sangat baik untuk mengatasi jerawat. caranya dengan menghaluskan atau mengiris tipis tipis bawang putih lalu oleskan pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih, lakukan pagi dan menjelang tidur sampai jerawat menghilang.

Mengatasi jerawat dengan menggunakan masker telur
Seperti anda ketahui putih telur sangat baik untuk melembapkan kulit wajah, membuat kulit wajah lebih kenyal dan halus, tapi juga bisa anda gunakan untuk mengatasi kelebihan minyak dan mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan pisahkan putih telur dengan kuningnya, gunakan putih telur ini sebagai masker wajah dan diamkan pada wajah anda selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air bersih, lakukan cara ini teratur sebelum anda tidur sampai jerawat teratasi.

Mengatasi jerawat dengan tomat, lemon dan kentang
Bahan bahan tersebut sangat baik untuk membantu mempercepat regenerasi kulit, membuatnya lebih cerah dan tentu saja mengatasi jerawat anda. Caranya pilih salah satu bahan saja yang paling mudah ada dirumah anda dan iris dan gosokkan dengan lembut pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih sepuluh menit lalu bilas menggunakan air bersih, lakukan cara ini sebelum tidur sampai jerawat menghilang.

Mengatasi jerawat Dengan menggunakan daun pepaya.
  • Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, kemudian dijemur.
  • Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
  • Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

Mengatasi jerawa dengan menggunakan lobak.
  • Cucilah lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya.
  • Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata.
  • Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mengering.
  • Setelah kering, bersihkan dengan air.
  • Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara