Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Bahagia

Tips hidup lebih bahagia - Banyak yang pasang status FB atau twitter dengan hastag #bahagiaitusederhana dan hal itu memang benar adanya. Bahagia itu ada dalam hati dan pikiran anda, andalah yang bisa menciptakan kebahagiaan anda dan anda juga yang bisa mengubah hal yang seharusnya menjadi kebahagiaan bisa menjadi rasa sedih. Anda adalah apa yang anda pikirkan. Banyak cara sederhana yang bisa anda lakukan agar hidup anda merasa bahagia. Kebahagiaan tidak hanya melulu tentang materi namun hal hal kecil yang selalu anda syukuri, nikmati dan anda jalani sepenuh hati bisa membuat anda lebih bahagia.

Yah, bahagia itu memang sangat sederhana. Selama kita menikmati dan mensyukuri apa yang terjadi pada diri kita. Maka bahagia itu memang akan menjadi sangat sederhana. Dan anda sendiri yang menciptakan kebahagiaan, kesedihan anda. Berikut akan share bagaimana cara sederhana agar hidup SAYA lebih bahagia, kenapa saya menggunakan huruf kapital sekali lagi karena apa yang membuat kebahagiaan anda dengan saya tentu berbeda, nah untuk itu saya akan share dari apa yang saya alami:

Lakukan hobi, aktifitas maupun pekerjaan anda sepenuh hati
Memiliki kegiatan atau aktifitas yang berguna merupakan salah satu cara sederhana agar hidup anda lebih bahagia. Jika anda total menekuni dengan sepenuh hati aktifitas maupun pekerjaan anda hal itu akan membuat perasaan anda lebih bahagia dengan sendirinya.

Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Bahagia

Tips Sederhana Agar Hidup Lebih Bahagia

Berbagi dengan orang lain
Jika anda bersedih karena memiliki masalah atau persoalan hidup berbagi dengan teman dekat, keluarga atau pasangan akan membuat anda lebih bahagia. Walaupun mereka hanya bisa mendengar dan tidak bisa membantu perasaan anda akan lebih lega mampu mengutarakan masalah anda. Manusia adalah makhluk sosial dan kita tidak bisa memungkiri hal ini.

Selain share pendapat atau masalah saling membantu juga merupakan salah satu cara sederhana agar hidup anda lebih bahagia. Coba bayangkan bagaimana perasaan atau kepuasaan saat anda bisa membantu orang lain menghadapi masalah mereka!

Jangan pernah menyimpan dendam
Menyambung topik diatas sebagai makhluk sosial tidak dapat dipungkiri jika dalam berhubungan dengan orang lain selalu timbul gesekan, beda pendapat dan mungkin pertengkaran. Hal itu wajar namun sebaiknya anda jangan menyimpan dendam, dendam itu beban dalam hidup anda semakin lama anda menyimpan dendam semakin lama anda tidak bahagia. Boleh saja beda pendapat, bertengkar atau berkelahi sekalipun namun sebaiknya segera lupakan gesekan itu dan kembali hidup rukun seperti biasa, menyimpan dendam juga hanya akan membuang energi anda. nah daripada membuang energi untuk hal negatif seperti dendam lebih baik gunakan untuk hal hal positif, dijamin hidup anda akan lebih bahagia.

Maafkan kesalahan yang terjadi di masa lalu. Berusaha untuk menerima hal itu sebagai suatu pelajaran hidup. Karena bisa saja, yang membuat kita merasa tidak bahagia saat ini adalah hal-hal menyakitkan dan traumatik yang terjadi saat kita kecil. Selain itu memaafkan orang lain dan meminta maaf pada orang lain, juga merupakan kunci kebahagiaan pribadi.

Cukup istirahat & hidup sehat
Bagaimmana anda akan hidup lebih bahagia jika anda skit sakitan atau terdapat masalah kesehatan dalam diri anda. Cukup membagi waktu dengan beraktifitas, olahraga dan istirahat (tidur) akan membuat anda lebih sehat, saat tubuh anda sehat maka sistem metabolisme anda akan meningkat itu berarti produksi endorphin dalam otak anda akanmeningkat. Jika terjadi peningkatan endhorpin dalam otak maka anda akan lebih merasa nyaman, bahagia dan sejahtera. Perlu anda ketahui Endhorpine adalah senyawa kimia dalam otak yang bertanggung jawab dalam memunculkan rasa bahagia, senang, nyaman dan sejahtera.

Jangan terlalalu takut atau khawatir
Rasa takut dan khawatir berlebihan bisa menghambat anda untuk bisa hidup lebih bahagia. Khawatir tentang masa depan, takut gagal ujian, khawatir tidak dapat jodoh dan perasaan perasaan takut dan khawatir lain justru akan membuat anda lebih buruk dan takut menjalani hidup. Ketakutan dan kekhawatiran memang diperlukan untuk meningkatkan kewaspadaan anda dan bersiap dalam mencoba mempersiapkan solusinya namun ketakutan dan kekhawatiran berlebihan akan memmperburuk anda. Anda harus bisa berpikir lebih positif bahwa kekhawatirran dan ketakutan akan sesuatu belum tentu menjadi sebuah kenyataan. Dengan cara ini anda akan lebih hidup bahagia.

Bersosial
Yah kembali lagi anda, saya dan manusia lain secara umum adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Dengan bisa hidup bermasyarakat, banyak teman dan membangun hubungan lebih baik dengan keluarga, teman, rekan, dan masyarakat secara umum akan membuat hidup anda lebih bahagia.

Bersyukur
Bersyukur merupakan cara yang lebih indah dan sederhana agar hidup anda lebih bahagia. Setiap orang tentu saja akan menerima anugerah Tuhan yang besar seperti kesuksesan, keberhasilan pencapaian sesuatu, prestasi yang membanggakan namun sayangnya hanya sedikit orang yang bisa ikhlas dan bersabar jika Tuhan memberikan halangan, hambatan dan cobaan. Menyadari bahwa hidup seperti roda yang akan terus berputar kadang diatas dan terkadang dibawah akan menunjukkan kepada anda untuk belajar mensyukuri segala sesuatu baik keburukan maupun kebaikan yang anda terima.

Manajemen stres
Stres salah satu faktor penyebab penghambat kebahagiaan, saat stres semua hal terasa menjadi lebih buruk. Boleh saja anda stres namun ingat jangan sampai stres, frustasi atau depresi mengelola anda, sebaliknya anda yang harus bisa mengelola tingkat stres dengan lebih baik. Stres tak bisa dicegah atau dihindari karena kita hidup, dan namanya kehidupan selalu ada saja konflik, cobaan atau persoalan hidup yang selalu datang. Mengelola tingkat stres pada level serendah mungkin akan membuat hidup anda lebih bahagia.

Nah mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan tentang cara sederhana agar hidup lebih bahagia, tentu anda memiliki pengalaman pribadi yang membuat kebahagiaan anda sendiri. Silahkan share pengalaman bahagia anda dengan ribuan pembaca blog ini dengan mengirimkan artikel anda di email kami atau menambahkannya di kotak komentar yang telah disediakan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara