Tips Memilih Hunian Atau Tempat Tinggal Baik & Nyaman

Posted By : Posted on - 2:59:00 PM with 7 comments

Memilih rumah atau hunian yang nyaman - Rumahku adalah istanaku, ya kata kata tersebut memang benar adanya, sejauh apapun anda pergi anda tetap akan merindukan pulang kerumah ya kan? Rumah merupakan tempat dimana kita akan kembali setelah seharian beraktifitas, tempat dimana anda beristirahat dengan nyaman. Mungkin kali ini kita masih tinggal serumah dengan orang tua atau masih mengontrak rumah dan belum memiliki rumah atau hunian anda sendiri namun tentunya anda sudah berusaha memulai rencana untuk dapat membeli atau membangun rumah sendiri. Nah kali ini Tips & Cara akan berbagi sedikit tips bagaimana memilih hunian atau rumah yang baik dan nyaman untuk keluarga anda.

Kita semua pasti membutuhkan sebuah tempat tinggal untuk berlindung, beristirahat dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Dan tentunya kita semua menginginkan bahwa rumah sebagai tempat tinggal kita hendaknya dapat memberikan rasa aman, nyaman dan betah diam berlama-lama didalamnya. Rumah merupakan aset dan benda berharga bagi kita karena kita semua tentu menginginkan memiliki rumah bukan untuk waktu sementara saja kan? Kita membutuhkan rumah atau hunian yang cukup nyaman dan aman untuk ditinggali anda bersama keluarga atau orang-orang yang anda kasihi. Memiliki rumah tinggal sendiri adalah impian setiap orang, namun untuk memilikinya terkadang memerlukan waktu yang lama dan pertimbangan yang matang karena rumah yang Anda beli mungkin saja menjadi salah satu aset Anda yang paling berharga dan menguntungkan.

Memilih Hunian Atau Tempat Tinggal Baik & Nyaman

Memilih Hunian Atau Tempat Tinggal Baik & Nyaman

Berikut ini kami akan berbagi cara yang tepat untuk memilih rumah tinggal sendiri yang baik dan tentunya nyaman untuk anda tinggali:

Lokasi hunian atau tempat tinggal
Lokasi merupakan hal vital yang mutlak anda pikirkan secara matang sebelum anda membangun ataupun membeli sebuah rumah. Lokasi merupakan aset investasi bagi anda, jadi sangat penting untuk memilih lokasi yang tepat untuk hunian anda, nah berikut beberapa kriteria yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membeli atau memilih tempat tinggal:

  • Pastikan lokasi tempat tinggal yang akan anda pilih bebas dari kemungkinan bencana seperti longsor, banjir atau bencana alam lain (walaupun bencana bisa datang kapan saja) namun sangat penting untuk memilih tempat yang aman dan nyaman untuk hunian anda.
  • Pastikan lokasi hunian nyaman yang anda pilih dapat dijangkau oleh kendaraan atau lokasi dekat dengan fasilitas umum seperti jalan raya, sekolah untuk anak anda, rumah sakit, pasar swalayan dimana anda belanja, lokasi yang mudah sumber air bersih, dekat dengan tempat anda bekerja, terminal, tol atau fasilitas umum lainnya. nah lokasi tersebut tentu saja mahal dan mungkin anda keberatan dengan dana besar yang mungkin untuk membelinya maka anda bisa saja memilih hunian yang agak jauh dari lokasi atau fasilitas umum tersebut namun yang terpenting adalah memiliki akses yang mudah untuk mencapai fasilitas umum tersebut.
  • Hunian yang anda pilih pastikan lingkungannya nyaman dari tindak kriminal, aman secara psikologis baik bagi anggota keluarga anda untuk tinggal dan tentunya aman dari kebisingan atau sumber yang mengganggu yang terlalu seperti dekat pabrik, tempat pembuangan sampah, lokasi dekat kandang  atau sumber kebisingan lain. Anda ingin hunian yang nyaman dan membuat anda betah bukan?
  • Carilah daerah yang memiliki lingkungan asri, aman dan nyaman untuk ditinggali. Daerah yang baik dapat membuat suasana lingkungan rumah Anda menjadi baik pula. Fasilitas umum sangat penting untuk menunjang kehidupan Anda, baik itu tempat ibadah, tempat perbelanjaan, maupun institusi pendidikan. Jika tidak ada fasilitas umum yang memadai, maka Anda waktu yang seharusnya dapat Anda gunakan untuk menikmati rumah idaman Anda akan habis di jalan, karena jarak yang jauh untuk mencapai fasilitas umum yang Anda butuhkan.

Fasilitas
  • Fasilitas juga tentu menjadi pertimbangan anda untuk memilih hunian atau tempat tinggal yang nyaman, berikut beberapa fasilitas yang mungkin perlu anda pertimbangkan:
  • Sumber air yang mudah dan bersih (pengalaman saya air memang mudah tapi keruh)
  • Sanitasi yang baik.
  • Rumah yang memiliki ruang yang cukup lebar walaupun tidak besar
  • Lingkungan rumah yang tidak tercemar dll

Sesuaikan kemampuan financial/budgetRumah tinggal yang nyaman tidak selalu identik dengan harga yang mahal. Jika anda jeli dalam memilih dan melihat teliti lokasi maka tidak mungkin anda memiliki rumah yang nyaman dan cukup lengkap dari segi fasilitas dengan harga yang terjangkau. Maka dari itu Anda perlu memperhitungkan kembali kemampuan financial Anda dengan harga rumah yang Anda pilih. Jika Anda berniat untuk membeli rumah dengan cara KPR (Kredit Pemilikan Rumah), Anda perlu mencermati bunga dan besar cicilan per bulannya. Jangan sampai kredit yang harus anda bayarkan setiap periode mencekik anda dan anda melupakan kebutuhan lain untuk keluarga anda.

Sistem Pembayaran
Secara umum pembayaran kepimilakn hunian atau rumah ada 2 sistem yaitu sistem cash atau tunai dan kredit (KPR). Jika anda sudah menabung dan memiliki cukup uang untuk itu maka sangat baik untuk membeli secara cash. Namun jika anda ingin segera mendaptakan rumah dengan dana yang belum cukup maka anda bisa menggunakan cara yang kedua dengan cara kredit atau mengangsur yang anda butuhkan hanya uang muka. Namun pastikan anda mampu membayar tagihan kredit yang dibebankan dan tidak membuat anda terbelit hutang atau masalah yang mungkin timbul. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda secara financial.

Design Rumah
Design rumah juga perlu menjadi pertimbangan sebelum anda memilih hunian yang baik dan nyaman untuk anda tinggal. Jangan sampai anda kembali mengeluarkan biaya yang tidak perlu untuk memugar atau merenovasi rumah hanya gara gara anda tidak menyukai atau bosan dengan design rumah tersebut. Perhatikan design rumah yang akan Anda pilih. Rumah dengan design minimalis modern mempunyai nilai artistik dan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi setiap orang yang memilikinya. Biasanya rumah dengan desain minimalis modern harganya relatif lebih mahal. Namun tidak menutup kemungkinan Anda dapat memiliki rumah dengan desain minimalis modern dengan harga yang terjangkau.

Developer atau Pengembang
Perhatikan track record developer atau pengembang yang akan Anda pilih sebelum anda benar benar menentukan untuk memilih hunian atau rumah. Carilah yang memiliki track record yang baik agar tidak muncul masalah di kemudian hari, baik saat proses pembayaran, proses legal, sertifikat, proses pembangunan, ataupun saat Anda menempati rumah idaman Anda.

7 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara