Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Root & Belum Root)

Cara menghapus aplikasi bawaan android yang sudah di root maupun belum - Bagi beberapa pengguna android mungkin ada sebagian yang menginginkan menghapus aplikasi bawaan android yang dirasa mungkin kurang menarik ataupun kurang mengerti kegunaannya. Bahkan beberapa diantaranya ingin menghapus aplikasi bawaan android karena dirasa hanya memenuhi kapasitas ram saja sehingga dirasa memberatkan kinerja android. Beberapa diantaranya menganggap aplikasi tersebut mungkin dianggap sebagai bloatware dan menguras daya ponsel Anda. Game bawaan mungkin cukup besar menghabiskan storage Anda atau aplikasi yang membutuhkan internet yang terus menyedot data. Aplikasi tersebut merekam atau meng-upload otomatis gambar atau video padahal Anda tidak ingin meng-uploadnya. Dan kemungkinan itu juga menghabiskan baterai ponsel Anda. Nah pada kasus ini mungkin alasan anda tepat untuk menghapus aplikasi bawaan android.

Mungkin jika alasan anda ingin menghapus aplikasi bawaan android karena aplikasi tersebut membuat jelek tampilan di layar Anda. Kalau itu masalahnya mungkin Anda tinggal menghapusnya dengan cara drag ikon aplikasi tersebut ke kotak Remove di atas layar. Apapun alasan anda ingin menghapus sebagian atau beberapa aplikasi bawaan android pastikan anda mempertimbangkannya terlebih dahulu, dan kali ini saya akan sedikit share bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan produsen android bagi android anda yang sudah di root maupun yang belum diroot.

Menghapus aplikasi bawaan Android yang belum di root
Bagi ponsel Android anda yang belum diroot mungkin hal ini sangat sulit atau mustahil dilakukan anda hanya bisa menonaktifkan aplikasi bawaan android tersebut atau pada ponsel android versi lama menyembunyikan atau menghentikan aplikasi yang mungkin tidak anda inginkan. Sebagai contoh saja untuk menonaktifkan aplikasi bawaan android sebelum versi Kitkat Anda bisa membuka app drawer, tap menu kemudian pilih Hide Application, sebelumnya pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan kemudian tap Done.

Untuk perangkat ponsel dengan android sistem  KitkKat atau diatasnya, masuk ke Setting> Device> Apps dan cari aplikasi yang ingin Anda hapus. Pilih Force Stop kemudian Disable. Sekali lagi, ini tidak akan menghapus aplikasi bawaan Android, tetapi hanya berhenti bekerja pada ponsel Anda, dia tidak akan pernah terlihat lagi sampai Anda factory reset. Kelemahnnya adalah cara ini tidak bisa menonaktifkan semua aplikasi bawaan karena ada beberapa diantara aplikasi bawaan tersebut tidak bisa di nonaktifkan dengan cara ini. Kalau ini tidak memuaskan Anda, bisa menggunakan launcher yang berbeda. Setiap aplikasi bisa dihapus pada launchers, tetapi ingat aplikasi bawaan tersebut akan tetap ada di ponsel Anda dan berjalan di background.

Menghapus aplikasi bawaan Android yang sudah di root
Nah kelebihan penghapusan aplikasi bawaan android bagi ponsel yang sudah diroot adalah aplikasi bawaan akan benar benar terhapus dan tidak ada lagi di ponsel Android anda berbeda dengan ponsel android yang di root yang hanya bisa menyembunyikan atau menonaktifkan aplikasi bawaan saja dan aplikasi tersebut masih di dalam ponsel android. Nah untuk menghapus aplikasi bawaa dari android anda membutuhkan bantuan aplikasi yang bisa anda unduh di Playstore secara gratis maupun premium. Nah diantara beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan android saya akan berbagi cara menggunakan APP REMOVER untuk menghapus aplikasi bawaan android. Untuk menggunakan APP REMOVER ponsel anda harus:

Ponsel anda harus sudah dirootSisakan memory anda sebesar kira kira 10mb untuk install APP REMOVER cari saja di google play store kalian

Langkah langkah untuk menghapus aplikasi bawaan android menggunakan APK REMOVER adalah sebagai berikut :

 1   Download aplikasi APP REMOVER/APP REMOVER di android anda dengan cara cari di google play store. Setelah aplikasi terdownload dan terinstall silahkan buka aplikasinya dan jalankan. Bila mana ada perijinan root silahkan anda cepat cepat tekan yes/ijinkan root, soalnya root memiliki waktu ijin biasanya 15 detik

 2   Pilih aplikasi bawaan yang ingin anda hapus dengan cara ceklist aplikasi yang ingin anda hapus, saya sarankan aplikasi yang bertuliskan HARUS TETAP ADA dan aplikasi yang penting contoh wiffi, bluetooth dan lainnya jangan sekali sekali dihapus bilamana anda menghapusnya android kalian akan mengalami kegagalan system. Jika anda menjalankan aplikasi system app remover maka pada aplikasi tersebut sudah terdapat menu navigasi yang bisa di pilih sesuai keinginan, misalnya jika anda ingin menghapus aplikasi di system maka pilih menu "Aplikasi System" Lihat gambar dibawah ini:

menghapus aplikasi bawaan android

menghapus aplikasi bawaan android 1

 3   Klik hapus aplikasi atau cabut pemasangan dan tunggu hingga selesai. Selamat aplikasi bawaan android kalian bisa di delete
 4   Bilamana anda berubah pikiran anda bisa mengembalikan aplikasi anda dengan cara pergi ke menu apk remover dan pilih reycle bean dan ceklist apk yang ingin anda kembalikan. Bila mana belum kembali ulangi berulang ulang sampai apk kembali. Lihat gambar dibawah ini:

menghapus aplikasi bawaan android 2

Demikian tulisan saya kali ini mengenai cara menghapus aplikasi bawaan android. Sekali lagi untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum menghapus aplikasi bawaan android, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara