sponsored ads

Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Web Online Shop

Posted By : Posted on - 3:16:00 AM with No comments

Cara meningkatkan omzet toko online - Online shop atau penjualan online via toko online saat ini merupakan jenis bisnis online yang sedang naik daun. Tentu saja karena penghasilan dari toko online lebih efisien dan umumnya bisa sampai 80%, tidak membutuhkan biaya modal tempat, siapa saja bisa melakukannya dan tidak membutuhkan modal besar (reseller). Apapun jenis bisnis online yang ada di Internet pasti membutuhkan user atau pengguna yang ramai atau besar untuk mendapatkan omset yang besar juga, termasuk toko online ini. Sama juga seperti berdagang atau menjual secara offline anda membutuhkan banyak pembeli agar anda mendapatkan keuntungan yang besar.

Toko online sangat membutuhkan faktor faktor tertentu yang berpengaruh terhadap omset penjualan karena toko online menawarkan barang tidak seperti toko offline, jika toko offline menawarkan barang secara langsung kelihatan, calon pembeli bisa mencobanya, memegangnya dan bisa membayarnya setelah terjadi kesepakatan secara cash atau tunai sedang toko online berbeda dari itu. Toko online harus benar benar "memberi layanan terbaik" untuk mendapatkan pengunjung, karena umumnya ada 4 masalah kenapa calon pembeli enggan menggunakan toko online:

  1. Calon pembeli belum memiliki kepercayaan tinggi (ragu kredibilitas) terhadap toko online
  2. Sulit menggunakan navigasi dalam toko online
  3. Kesulitan masalah pembayaran & penerimaan paket
  4. Belum mengetahui toko online karena kurangnya promosi
Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Web Online Shop

Sudah bukan rahasia lagi bahwa toko online yang survive dan bisa meningkatkan jumlah pengunjung tertarget dapat memperoleh omset hingga puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya. Nah kali ini saya akan berbagi tips dari sahabat saya yang berpengalaman dalam dunia toko online:

Tips Meningkatkan Omzet Penjualan Toko Online

Harga bersaing
Harga sangat menentukan dalam persaingan toko online sama seperti toko offline secara umum. Coba anda bayangkan tentu anda akan mencari toko lain jika anda mendapati barang suatu toko yang menawarkan harga yang terlalu mahal. Harga yang mahal bisanya disebabkan oleh masalah biaya pengiriman yang ditanggung oleh penjual. Jadi pastikan anda memberikan harga yang cukup bersaing dengan pesaing toko online yang serupa, namun anda tetap mendapatkan keuntungan, akan lebih baik mendapat keuntungan 1000 rupiah tapi terus menerus daripada untung 100ribu tapi 1 kali. Jika anda penjual yang menggunakan sistem reseller atau menjualkan barang kembali maka cari barang yang bagus dengan harga murah di suplier terpercaya, sehingga hal itu akan membangun brand toko online anda, mendapatkan margin keuntungan yang lumayan dari selisih harga asli reseller dan harga yang anda jual.

Toko online mudah digunakan
Keamanan toko online memang penting namun jangan sampai hal itu mempersulit konsumen untuk menggunakan toko online seperti mengisi formulir ini itu, harus memasukan capthca, harus melakukan verifikasi email, dll. Sudah dipastikan pembeli lari dan mencari toko online yang banyak terdapat di Internet yang lebih mudah digunakan. Sesuaikan juga halaman, template dan struktur web toko online mudah digunakkan oleh pengguna anda, jangan sampai navigasi di web toko online membuat calon pembeli anda bingung dan sulit menggunakannya.

Toko online terpercaya
Banyaknya toko online palsu dan menipu calon pembeli maka tak pelak lagi toko online yang jujur dan benar benar terpercaya juga kena imbasnya. Penurunan omzet penjualan dikarenakan banyak calon pembeli yang takut kena tipu. Namun jika anda bisa benar benar menjaga kejujuran, kredibilitas serta brand toko online anda dengan baik maka hal itu akan membangun pelanggan atau pembeli tetap di web toko online anda, dan jika mereka puas mereka akan mereferensikan toko online anda kepada sahabat, keluarga atau teman mereka untuk membeli di toko online anda.

Pelayanan Terbaik
Seperti yang saya jelasakan pada poin diatas, pelayanan dan keterpercayaan pembeli terhadap toko online anda merupakan peningkat omzet dan peningkat promosi gratis melalui testimoni pelanggan. Mereka yang mendapatkan pelayanan terbaik di toko online anda akan mnyebarkan berita baik tentang toko online anda kepada teman, sahabat atau keluarga mereka. Hal apa yang biasanya membuat orang menjadi nyaman berbelanja di sebuah toko online? Percaya atau tidak, faktor pelayanan menjadi pertimbangan sendiri bagi para pembeli. Customer service yang ramah, memiliki product knowledge, fast respon, tentu akan membuat calon pembeli menjadi mantap untuk berbelanja. Salah satu bentuk pelayanan toko online yang baik ialah juga memperhatikan pemilihan ekspedisi untuk pengiriman barang! Jangan pilih yang abal-abal ya... Pilih yang cepat, tepat waktu, packagenya rapi, dll.

Perluas pemasaran anda
Kita semua mengetahui bahwa meningkatkan omzet penjualan sama dengan memperluas area pemasaran, menarik jumlah pengunjung sebanyaknya dan berharap calon pembeli melakukan transaksi sebanyak mungkin. Nah salah satu cara untuk menciptakan kemungkinan lebih banyak transaksi adalah dengan meningkatkan jumlah pengunjung toko online dengan memperluas pasar Anda. Semakin banyak orang yang tau tentang toko online Anda, maka akan semakin besar kemungkinan omset toko online Anda meningkat.

Promosi
Coba anda lihat toko online besar dan dalam waktu yang relatif singkat toko online mereka berkembang pesat, hal itu tidak lepas dengan promosi yang mereka terapkan. Mereka tak akan segan membayar berapapun jumlah promosi namun yang tepat sasaran. Karena promosi yang tepat sasaran juga akan meningkatkan jumlah pengunjung tertarget. Apa itu pengunjung tertarget? Pengunjung tertarget adalah pengunjung yang memiliki ketertarikan terhadap promosi anda sehingga pengunjung ini berpeluang besar membeli atau menggunakan jasa anda melalui promosi yang anda lakukan. Promosi bisa anda lakukan secara gartasi, ya gratis....Manfaatkan jumlah pengguna situs media sosial seperti Facebook, twitter, instagram, BBM yang jumlahnya bejibun dengan mempromosikan toko online anda. Anda juga bisa merebncanakan secara matang untuk menggunakan promosi yang lebih efektif dalam menjaring pengunjung tertarget yaitu menggunakan promosi berbayar seperti iklan di media elektronik, media ceak atau media onlin seperti Google Adwords.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara